Tabungan Simpel BRI
Persyaratan Tabungan Simpel BRI

Syarat Dan Cara Membuat Tabungan Simpel BRI

Posted on

Tabungan Simpel BRI adalah produk tabungan yang dikeluarkan dan disegmentasikan bagi para pelajar yang masih bertatus sebagai siswa. Jadi, bagi Anda yang sudah menjadi Mahasiswa, jenis tabungan BRI yang digunakan bukan lagi tipe ini. Hal tersebut dikarenakan tujuan dari adanya simpanan pelajar ini adalah untuk memberi pelajaran serta melatih budaya menabung sejak dini. Oleh karena itu, disediakanlah suatu wadah dengan persyaratan yang mudah dan sederhana, namun tidak mengurangi fitur yang menarik.

Simpanan Pelajar (Simpel) sebenarnya sudah lama diperkenalkan ke masyarakat oleh Bank konvensional dan syariah. Bank Konvensional yang dimakud diantaranya ada Bank BRI, BCA, BNI, BTN, BTN, Bank Permata, Bank BJB serta Bank Jatim. Sedangkan yang berbadan hukum Syariah diantaranya ada Bank Muamalat, Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah dan Panin Syariah. Nah, dari berbagai macam nama Bank yang telah disebutkan ada beberapa pembeda antara tabungan simpel antara Konvensional dan Syariah.

Perbedaan tabungan simpel antara Konvensional dan Syariah

Fitur Bank konvensional Bank Syariah
Nama Tabungan Simpel Tabungan SimPel IB
Kesepakatan Sistem Mudharabah (bagi hasil) atau Wadi’ah (bonus)
Kepemilikan Nama nasabah (siswa) Nama nasabah (siswa)
Biaya Setoran awal Minimal Rp5.000 Minimal Rp1.000
Setoran berikutnya Minimal Rp1.000 Minimal Rp1.000
Biaya administrasi bulanan Gratis Gratis
Saldo mengendap di dalam rekening (Minimal) Rp5.000 Rp1.000
Suku Bunga Tidak ada suku bunga (hanya berbentuk reward) Sesuai dengan kebijakan masing-masing bank
Biaya untuk penutupan rekening Rp5.000 Rp1.000
Biaya ketika rekening dalam status Dormant Rp1.000 per bulan Rp1.000 per bulan
close by system Saldo rekening < Rp. 5.000 Saldo rekening < Rp. 1.000
Frekuensi Penarikan dana tunai Maksimal 2 kali per bulan. Apabila penarikan dilakukan sebanyak 2x tergantung kebijakan masing-masing bank Tidak ada batasannya
Limit tarik tunai Maksimal Rp250.000, kecuali saat melakukan penutupan rekening bisa di atas Rp250.000 sesuai dengan ketentuan bank Maksimal Rp500.000 per hari kecuali saat penutupan rekening

Catatan : Rekening akan berubah menjadi tidak aktif apabila nasabah tidak melakukan kegiatan transaksi selama kurun waktu 12 bulan berturut-turut.

Tabungan Simpel BRI

Sebagaimana yang dikatakan oleh orang bijak bahwa kebiasaan akan secara otomatis berubah menjadi sebuah karakter. Sedangkan karakter yang berkelanjutan bisa menjadi sebuah budaya yang melekat pada suatu daerah tersebut. Menyikapi situasi ini, Otoritas Jasa Keuangan telah sepakat membantu orang tua dalam membangun kebasaan dalam pengelolaan keuangan terhadap anaknya. Oleh sebab itu, selaku orang tua hendaknya mendaftarkan anaknya kepada pihak jasa keuangan supaya lebih rajin menabung. Dalam hal ini, pihak jasa keuangan yang banyak dijumpai higga pelosok pedesaan adalah Bank BRI.

Persyaratan Tabungan Simpel BRI

Adapun syarat-syarat yang harus di persiapkan oleh nasabah ketika akan membuka tabungan simpel BRI yang pertama adalah Kartu Identitas. Anda bisa menggunakan E-KTP (Bagi yang sudah ada), ataupun menggunakan Kartu Pelajar. Jika belum memiliki atau merasa kehilangan Kartu Pelajar, masih bisa kok menggunakan Surat Keterangan dari Sekolah yang mencantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) maupunNIS (Nomor Induk Siswa). Selanjutnya lampirkan Fotocopy Kartu Keluarga. Lampirkan pula Fotocopy Akta Lahir, dan Fotocopy KTP Orangtua/wali.

Hal yang tidak kalah penting agar Anda tidak disuruh balik ke rumah adalah surat pernyataan orang tua, serta melampirkan fotocopy rekening tabungan Britama orang tua. Jika belum ada yang memiliki, kami sarankan membuatnya terlebih dahulu. Sebenarnya perlengkapan persyaratan ini hampir sama persis seperti membuat rekening tabungan BRI Junio. Bedanya, biaya untuk setoran awal pembukaan rekening simpel BRI sebesar Rp. 5.000,-

Cara Membuat Tabungan Simpel BRI

Cara membuka rekening simpel BRI tidak berbeda dengan proses pembukaan jenis tabungan BRI pada umumnya. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat sambil membawa persyaratan yang sudah dipersiapkan. Tapi jangan lupa membawa uang yang nantinya dijadikan sebagai biaya setoran awal.

Sesampainya di kantor cabang,  segeralah ambil nomor antrian selagi belum ada yang mendahului. Karena, jika menunda proses pengambilan nomor antrian, tentu Anda akan dipanggil dibagian belakangan. Nah, pengambilan nomor kami sarankan yang menuju ke Customer service (CS). Apabila sedang lagi kosong, maka Anda akan segera dipanggil dan dilayani dengan sepenuh hati.

Setelah berada di depan petugas CS, sampaikan maksud tujuan Anda yaitu membuka rekening tabungan Simpel BRI. Berikan pula syarat-syarat yang Anda bawa sebelumnya. Nantinya, Anda akan disuruh mengisi formulir pendataran. Apabila sudah selesai, berikanlah pada CS kembali. Maka Anda akan dibuatkan Buku tabungan Simpel BRI beserta kartu ATM.

Selanjutnya, Anda akan disuruh ke bagian teller untuk melakukan setor tunai sebagai awalan sebesar Rp 5.000. Uang ini akan tetap menjadi milik Anda dan akan mengendap sebagai saldo minimum di dalam rekening. Jika sudah selesai, maka rekening yang Anda buat sudah bisa digunakan untuk keperluan Anda.

Jika Anda ingin melakukan cek tabungan SIMPEL BRI bisa Anda lakukan melalui ATM ataupun cetak koran melalui layanan e-banking. Alangkah baiknya jika belum bisa mengoperasikan layanan e-banking, sebaiknya datang ke cabang untuk meminta bantuan. Meskipun lewat ATM sudah mudah dan lebih praktis, tapi tidak menjadi jaminan ada yang membantu kendala yang dihadapi.

Kekurangan Dan Kelebihan Tabungan Simpel BRI

Segala sesuatu di dunia ini pasti terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing tidak terkecuali Tabungan Simpel BRI. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami daftarkan beberapa kekurangan dan kelebihan tabungan simpel di BRI.

Kelebihan:

  • Setoran awal murah meriah dan gratis biaya administrasi bulanan
  • Proses pembukaan rekening sudah bisa dilakukan secara online
  • Bisa menabung dilingkup Sekolahan tempat siswa belajar
  • Pembukaan rekening bisa dilakukan secara individu tanpa diwakilkan oleh orang tua/wali
  • Rekening diatasnamakan nasabah (siswa)

Kekurangan:

  • Rekening akan tertutup secara otomatis apabila saldo berada pada titik minimum senilai Rp 5.000. Kondisi ini sekaligus akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 setiap bulan.
  • Rekening akan tidak aktif apabila dalam jangka satu tahu tidk ada aktivitas transaksi.
  • Hanya bisa melakukan tarik tunai sebanya 2x dalam satu bulan.
  • Mata uang hanya berlaku dalam bentuk rupiah (IDR) saja
  • Tidak bisa diakses di luar negeri.

Walaupun sudah melakukan pendaftaran melalui sistem online, namun nasabah juga diharuskan datang ke kantor cabang. Kenapa?, tentu saja untuk melakukan pendaftaran secara offline dan verifikasi data diri nasabah. Sebab, jika tidak melakukan pendaftaran secara fisik, Anda tidak akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM.

Demikianlah penjelasan syarat dan cara membuat tabungan simpel BRI. Untuk menambah wawasan, kami juga sertakan berberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan pemilihan jenis tabungan Simpanan Pelajar. Sebab, bukan hanya Bank BRI saja yang menyediakan produk tabungan tipe seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *