tabungan rencana mandiri
tabungan rencana mandiri

Syarat, Cara, Dan Suku Bunga Tabungan Rencana Mandiri

Posted on

Tabungan Rencana Mandiri merupakan salah satu produk tabungan berjangka untuk mempersiapkan dan mewujudkan rencana masa depannya. Bentuk Tabungan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri ini menggunakan sistem setoran tiap bulan dengan jangka waktu sesuai kebutuhan nasabah. Sedangkan untuk mekanisme setor dana tunai sudah bisa dilakukan dengan fasilitas autodebet sehingga nasabah tidak perlu repot-repot datang ke kantor unit atau cabang. Bagaimana, menarik bukan?!.

Tabungan Rencana Mandiri

Sebagian orang berpendapat bahwa menabung memang sesuatu yang susah. Bagaimana tidak, dengan kebutuhan yang biasanya datang secara dadakan membuat Kita tidak bisa menabung. Apalagi untuk pekerja muda dan masih berstatus lajang yang biasanya lebih mementingkan gaya hidup. Kalau tidak terlatih sejak usia dini, memang akan terasa sulit. Namun jika ada niat kuat, siapapun pasti bisa menabung. Melalui Mandiri tabungan rencana (MTR), Anda bisa mewujudkan segala keinginan di masa mendatang.

Segmentasi marketing atau pemasaran tabungan rencana yang disediakan oleh Bank Mandiri bukan hanya diutamakan untuk nasabah yang sudah memiliki pekerjaan dengan rentan usia antara 18-35 tahun saja. Produk ini juga ditawarkan bagi Nasabah payroll Bank Mandiri, ibu rumah tangga (IRT) dan juga Mahasiswa. Jika Anda tertarik, disini Kami jelaskan beberapa syarat, suku bunga, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Syarat Membuka Rekening Tabungan Rencana Mandiri

Ada beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi antara lain:

Ketentuan Nasabah:

  • Memiliki rekening sumber berupa Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro. Jika belum, maka Anda bisa membuatnya bersamaan dengan proses pembuatan tabungan rencana.
  • Tabungan rencana tidak bisa dibuka dalam bentuk rekening Gabungan (joint account) atau rekening Qualitate Qua (QQ).

Syarat Administrasi dan Jenis Dokumen:

  • Nasabah termasuk Warga Negara Indonesia.
  • Pada saat pembukaan rekening, Usia nasabah berkisar antara 18 – 69 tahun.
  • Identitas diri berupa E-KTP dan Kartu Keluarga
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan serta pernyataan kesehatan dan surat kuasa pendebitan otomatis yang diberikan oleh pihak bank mandiri.
  • Saat mengisi surat pernyataan kesehatan tidak perlu melampirkan bukti medical check-up.
  • Membawa sejumlah uang setoran awal sebesar Rp 100.000,-

Biaya Dan Suku Bunga Tabungan Rencana Mandiri

Biaya-biaya yang ditetapkan bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini:

No Jenis Pembiayaan Jumlah Pembiayaan
1 Administrasi Bulanan Tidak Ada
2 Premi Asuransi Tidak Ada
3 Pembiayaan AFT Tidak Ada
4 Penutupan rekening Tidak Ada
5 Perpanjangan jangka waktu Non-ARO Tidak Ada
6 Perpanjangan jangka waktu ARO Tidak Ada
7 Penarikan sebagian sebelum jatuh tempo Minimal Rp 100.000 Atau 0,5% dari jumlah penarikan
8 Biaya permintaan rekening koran diluar masa triwulan Sebesar Rp 2.500/lembar

Tingkat suku bunga tabungan rencana mandiri yang diberikan berbanding lurus dengan jangka waktu yang Anda pilih, yaitu sebesar 2,50 % hingga 3,25 %. Sayangnya, bunga yang diberikan lebih kecil dibandingkan dengan bunga investasi pada Bank Mandiri (karena MRT memang buan bentuk inventasi). Meskipun begitu nasabah tidak perlu khawatir karena produk ini nyaris tanpa resiko. Dengan suku bunga tetap namun sudah dilindungi dan dijamin oleh LPS. Untuk pilihan jangka waktu mulai dari 12 bulan, 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun.

Apabila sudah memilihnya, Anda hanya perlu menabung dengan mekanisme sebagaimana yang sudah kami sebutkan di awal paragraf. Dengan membuka tabungan rencana ini, Anda akan memperoleh perlindungan asuransi. Lalu, bentuk asuransi apa yang dimaksud?. Supaya lebih jelas bisa Anda perhatikan di bawah ini.

Bentuk Asuransi

Asuransi mandiri tabungan rencana (MTR) akan diberikan apabila terjadi sesuatu pada Anda dikemudian hari. Misalnya, Anda mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Bentuk perlindungan yang akan Anda dapatkan ialah akan diteruskannya setoran setiap bulan oleh pihak asuransi. Jumlah yang disetorkan cukup besar, yaitu maksimal Rp 5.000.000,- atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung. Oleh sebab itu, ketika jatuh tempo, Anda akan tetap menerima hasil tabungan Anda beserta bunganya.

Baca Juga : Tabungan Rencana BRI, Simpanan Berjangka Untuk Masa Depan

Cara Membuka Rekening Tabungan Rencana Mandiri

Langkah-langkah membuka tabungan rencana yang disediakan oleh Bank BRI prosesnya mudah dan cepat. Bagi nasabah perorangan, Anda hanya perlu datang ke kantor unit atau cabang terdekat. Disamping itu, Anda juga bisa melakukan pembukaan rekening melalui sistem online yang ada disetiap kantor di daerah Anda berada.

Apabila Anda seorang pengusaha, Mandiri juga bersedia membuatkan tabungan rencana untuk karyawan. Namun jika Anda seorang pegawai, jenis yang sesuai dengan Anda ialah tipe pegawai. Hal yang mesti Anda lakukan tidak jauh berbeda dengan langkah di atas, yaitu memiliki rekening mandiri giro ataupun bentuk tabungan lainnya. Fungsi dari rekening yang Anda miliki ialah sebagai rekening sumber penyediaan setoran rutin bulanan untuk Tabungan Rencana Mandiri karyawan Anda.

Selain dari rekening sumber yang dimiliki oleh atasan, Karyawan juga diwajibkan memiliki tabungan mandiri sebagai tempat penampungan ketika Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo. Ketika dana sudah terkumpulkan dan sudah jatuh tempo, maka akan dipindahbukukan ke rekening MRT atas nama masing-masing karyawan atau pegawai. Dengan begitu, dana MRT sudah tidak lagi menjadi milik Anda ataupun perusahaan.

Cara cek saldo Tabungan Rencana yang disediakan oleh Bank Mandiri bisa diakukan melalui cetak rekening koran. Cara lainnya bisa dilakukan dengan mensinkronkan dengan layanan internet banking, sms bankin, atau mobile banking supaya mudah dalam pengontrolan. MRT atau Mandiri Tabungan Rencana bisa diambil sebelum jatuh tempo. Akan tetapi ada denda yang harus ditanggung oleh nasabah. Denda yang diberikan berupa penalti dan sejumlah suku bunga juga akan dihanguskan. Berbeda dengan nasabah yang lupa atau tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem secara otomatis akan menutup rekening MRT.

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri

Banyak resiko yang terdapat pada tabungan rencana yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Resiko yang Kami tampilkan disini berupa fasilitas yang diberikan, yang meliputi kelebihan (keunggulan) dan kekurangan. Sebagaimana yang telah Kita ketahui bersama bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk produk tabungan bank mandiri tipe rencana. Lebih jelasnya, silahkan Anda pahami pada uraian yang ada di bawah ini:

Kelebihan (keunggulan) Tabungan Rencana Mandiri
  • Gratis biaya administrasi, premi asuransi, AFT, penutupan rekening, serta perpanjangan jangka waktu ARO dan Non-ARO.
  • Proses pembayaran setoran sudah bisa dilakukan menggunakan fasilitas autodebet
  • Nasabah dapat dengan bebas menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,- per bulan.
  • Nasabah bisa menambahkan sejumlah dana ke dalam tabungan rencana selain dari setoran bulanan.
  • Jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Gratis perlindungan asuransi dari PT. AXA Mandiri Financial Services bagi nasabah yang sudah berhasil menabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan.
  • Konsultasi gratis dengan Customer Service professional kami.
  • Suku bunga di atas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan.
  • Tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar
Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri
  • Hanya tersedia dalam valuta Rupiah (IDR) dan US dolar (USD).
  • Jika penarikan dana dilakukan sebelum jatuh tempo, dikenakan denda sebesar Rp 155.000,- dengan rincian
    a. Denda pengambilan dana sebesar Rp 150.000,-
    b. Biaya administrasi penarikan dana tunai sebesar Rp 5.000,-
  • Penutupan rekening akan dilakukan sepihak secara otomatis jika nasabah tidak melakukan pembayaran setoran selama 3x berturut-turut.

Bagaimana, apakah Anda minat dengan Tabungan Rencana Mandiri yang bisa digunakan untuk mewujudkan impian masa depan Anda?. Jika tertarik, segera kunjungi kantor Bank mandiri terdekat dan jangan lupa sambil membawa semua pereyaratan yang dibutuhkan. Apabila sudah memiliki rekeningnya, terus tingkatkan saldo Anda untuk mendapatkan berbagai bonus, hadiah atau reward berupa suku bunga yang tinggi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan sejumlah dana ke dalam rekening tabungan tanpa potongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *