tabungan rencana bri
Bikin tabungan rencana bri untuk simpanan berjangka.

Tabungan Rencana BRI, Simpanan Berjangka Untuk Masa Depan

Posted on

Tabungan rencana bri merupakan produk simpanan yang dijadikan sebagai tempat investasi dengan setoran bulanan tetap. Salah satu jenis tabungan BRI ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menarik, yaitu diberikan perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah. Disamping itu, pencairan dana yang ditabung juga bisa dicairkan sewaktu-waktu kapanpun nasabah membutuhkannya. Setoran awal sedikit dan bebas menentukan setoran berikutnya, Anda sudah bisa memiliki rekening tanpa harus melakukan medical CheckUp.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih tabungan rencana atau berjangka ini, Anda harus tahu perbedaannya dengan Deposito. Meskipun kedua jenis simpanan tersebut sama-sama digunakan untuk masa depan, namun ada perbedaan yang sangat mencolok. Pada tabungan berjangka, nasabah bisa menentukan sampai kapan ia akan menabung. Jangka waktu menabungnya yaitu minimal 1 tahun sampai 20 tahun dengan besaran yang disimpan tergantung kebijakan masing-masing Bank. Sedangkan untuk Deposito, tenornya minimal hanya sampai 1 bulan dan besaran yang disimpan lebih besar.

Baik tabungan rencana BRI maupun deposito sebenarnya bisa membuat nasabah menjadi kaya. Hal ini dikarenakan tingkat suku bunga yang ditawarkan lebih besar dibandingkan jenis tabungan BRI pada umumnya. Selain Bank BRI, beberapa Bank di Indonesia yang melayani pembukaan rekening tabungan rencana diantaranya BNI, BCA, Bank Mandiri, dll. Walaupun tidak sedikit bank konvensional dan syariah yang menyediakan layanan simpanan berjangka, Bank BRI mampu memberikan seperti bebas administrasi. Oleh karena itu pemilihan produk tabungan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari tabungan untuk merencanakan tujuan di masa yang akan datang.

Tabungan rencana bri

Di Bank BRI ada 2 jenis tabungan rencana yang ditawarkan, pertama BritAma Rencana dan yang kedua Simpedes Rencana. Keduanya memang cukup banyak peminatnya, tapi kreditour akan memberikan penjelasan mengenai BritAma Rencana. Alasannya ialah seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu nasabah diberi asuransi kecelakaan diri senilai Rp 1 Milyar. Nah, bagi yang ingin memiliki tabungan ini Anda hanya perlu memperhatikan beberapa ketentuan di bawah ini.

Syarat Membuka Tabungan Rencana BRI

Adapun beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat membuat rekening tabungan rencana di bank BRI ialah sebagai berikut:

  • Identitas diri asli berupa e-ktp untuk WNI, sedangkan WNA bisa menggunakan Paspor dan KIMS, KITAP, dan KITAS.
  • Melampirkan bukti kepemilikan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes/Giro.
  • Membawa uang sebagai setoran awal minimal sebesar Rp 100.000

Ketentuan:

  • Batas usia nasabah minimum 17 tahun dan maksimum 64 tahun
  • Nasabah harus sudah memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes/Giro. Jika belum memilikinya, Anda bisa membuatnya secara bersamaan dengan tabungan berjangka.
  • Mengisi formulir pendaftaran baik secara online maupun offline yang sudah disediakan di kantor cabang unit kerja bank bri.

Jika persyaratan lengkap dan ketentuan sudah terpenuhi, cara membuat tabungan rencana BRI hanya dengan datang ke kantor cabang. Disarankan bagi calon nasabah yang akan membuka rekening simpanan berjangka harus dilakukan pada kantor cabang yang sesuai dengan domisili KTP. Sebab jika dilakukan di luar wilayah, Anda harus menyertakan surat keterangan domisili yang ditandatangani oleh kepala kelurahan.

Nah, sewaktu Anda mengisi formulir pembukaan rekening, tentukanlah tanggal auto debit, tenor, serta besar setoran tiap bulan. Jika sudah selesai mendaftar dan melakukan penyetoran tiap bulan ke depan, Anda akan mendapatkan notifikasi mutasi setiap 3 bulan. Dengan begitu Anda bisa memantau aktivitas saldo yang sudah diakumulasi dengan suku bunga. Cara mengetahui saldo di BritAma rencana cukup dengan mengecek dan melihat notifikasi yang ada di rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes/Giro.

Fasilitas Tabungan Rencana BRI

Sebenarnya sudah kami sampaikan beberapa fasilitasnya di atas. Namun untuk lebih transparan informasi yang kami sampaikan, berikut ini kami berikan daftarnya, antara lain:

  1. Gratis biaya administrasi tiap bulan.
  2. Laporan mutasi rekening koran setiap 3 bulan sekali.
  3. Mendapatkan santunan asuransi kecelakaan diri hingga Rp 1 milyar.

Bentuk santunan apabila nasabah meninggal dunia biasa (tanpa kecelakaan) misalnya karena sakit faktor usia akan diberi sebesar 100 kali santunan tetap. Sedangkan meninggal dunia yang diakibatkan karena kecelakaan akan mendapatkan santunan sebesar 200 kali santunan tetap.

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan Rencana BRI

Apabila kalian menuju pada website resmi milik BRI, disana hanya dipaparkan keunggulannya saja. Namun tidak hanya itu, setiap keunggulan tentu ada kekurangannya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada tabungan berjangka bri.

Kelebihan
  1. Suku bunga lebih besar dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya.
  2. Bebas dalam menentukan setoran tetap bulanan. Tersedia antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 5.000.000,-. Anda bisa mengubah setoran tetap bulanan sewaktu-waktu dengan kelipatan Rp 50.000,-.
  3. Bebas memilih jangka waktu atau tenor tabungan antara 1 tahun hingga 20 tahun.
  4. Nasabah Mendapatkan asuransi jiwa hingga mencapai Rp 1 Milyar.
  5. Bagi nasabah yang meninggal dunia, setoran tetap bisa diteruskan oleh perusahaan asuransi.
  6. Proses kepemilikan rekening tanpa harus melakukan medical check-up.
  7. Tabungan rencana bisa dicairkan sewaktu-waktu.
Kekurangan
  1. Hanya tersedia minimal tenor 1 tahun.
  2. Jika penarikan dana dilakukan sebelum masa tenor habis akan dikenakan sanksi
  3. Nasabah harus memiliki double saldo, karena rekening sudah terdaftar dalam sistem pembayaran auto-debet.

Hal yang perlu diketahui bagi calon nasabah yaitu mekanisme perhitungan simulasi tabungan rencana. Dalam hal ini, ada beberapa syarat dan ketentuannya antara lain ketika dilakukan perhitungan belum termasuk pajak bunga. Selain itu juga Suku bunga yang ditawarkan bisa berubah-ubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika Anda mencari simulasi (ilustrasi) perhitungan Tahapan Berjangka yang sebenarnya, Anda hanya bisa melakukannya pada sistem BRI. Sebagai contoh Kami tampilkan perhitungan dengan tenor minimal 1 tahun, setoran awal Rp 1.000.000 dan bunga rata-rata sebesar 3,25% ialah sebagai berikut:

Bunga + saldo britAma berjangka Rp 12.213.362
Saldo tanpa bunga Rp 12.000.000
Suku bunga yang didapatkan Rp 213.362
Rp 12.213.362
Demikian penjelasan mengenai tabungan rencana BRI yang dijadikan sebagai simpanan berjangka untuk masa depan. Manfaat yang bisa Anda peroleh, di masa yang akan bisa dijadikan sebagai tabungan pendidikan bank bri. Semoga informasi yang kami sampaikan sedikit memberi pengetahuan bagi Anda serta bisa bermanfaat bagi calon nasabah BRI. Salam sukses dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *