tabungan haji
Produk Bank BRI berupa tabungan haji

Syarat Membuka Tabungan Haji BRI Dan BRI Syariah

Posted on

Tabungan Haji BRI adalah suatu program yang dirancang khusus bagi masyarakat (perorangan/pribadi/individu) yang ingin berangkat ke tanah suci. Dengan adanya tabungan ini, diharapkan niat Anda untuk menunaikan ibadah haji atau umroh akan terwujud. Sebab, dengan didukung niat yang suci, kebutuhan persiapan seperti Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan dipermudah. Tidak hanya itu, pelayanan yang diberikan juga akan dilayani dengan cepat

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis bank dapat melayani setoran haji. Di Indonesia hanya ada beberapa bank saja yang ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran haji. Dari beberapa bank yang dimaksud ada yang berasal dari BUMN, dan ada juga yang berasal dari Syariah atau swasta. Golongan Bank BUMN yang menerima Tabungan untuk Haji diantaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan Bank Jateng. Sedangkan dari golongan bank Syariah diantaranya ada BRI Syariah, Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank CIMB dan Bank Mega Syariah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan beberapa hal mengenai tabungan haji yang dikeluarkan oleh Bank BRI maupun BRI Syariah (swasta). Sebab, dari kedua jenis bank tersebut masih menjadi pertanyaan apakah ada perbedaan apa tidak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini. Namun sebelum melangkah lebih jauh, perlu diperhatikan terkait keuntungan menabung untuk program haji ini. Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas atau fitur diantaranya yaitu:

  1. Biaya administrasi bulanan akan dibebaskan alias gratis.
  2. Bebas perlindungan asuransi jiwa.
  3. Asuransi jiwa dan kecelakaan diri sebesar 120% dari saldo rekening Tabungan Haji.
  4. Sudah terintegrasi secara online dengan Siskohat Departemen Agama
  5. Jumlah penarikan dana tidak dibatasi, namun syaratnya saldo minimum yang harus terpenuhi
  6. Mendapatkan perlengkapan haji secara kumplit
  7. Bisa menabung melalui menu transfer di e-banking BRI maupun Kantor Unit kerja BRI diseluruh Indonesia.

Tabungan Haji BRI

Untuk berangkat haji tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Bank BRI kini sudah mengeluarkan layanan yang cukup menyenangkan bagi nasabahnya. Akan tetapi perlu dipahami bahwa Bank BRI dibedakan menjadi dua. Pertama Bank BRI yang memang merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN), dan yang satunya lagi milik swasta (Syariah). Baik itu Bank BRI pemerintah maupun BRI Swasta tidak ada bedanya dalam memberikan layanan tabungan ini.

Syarat membuka rekening Tabungan haji Bank BRI dan BRI Syariah

Jika Anda mau membuka rekening tabungan ini, ada beberapa dokumen yang wajib harus dilengkapi, diantaranya:

  1. Mengisi formulir online yang disediakan oleh BRI Online.
  2. Photocopy identitas diri berupa KTP yang masih berlaku
  3. Photocopy NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak (jika ada)
  4. Bagi WNA wajib melampirkan Paspor dan KIMS, KITAP, atau KITAS
  5. Membawa uang sebesar Rp 50.000 sebagai setoran awal pembukaan rekening.

Apakah tabungan haji BRI bisa diambil?, tentu saja tidak. Karena tabungan ini memang khusus untuk membantu Anda dalam menunaikan ibadah haji atau umroh dimasa mendatang.

Cara Mendaftar Tabungan Haji BRI Dengan Mudah

Setelah menyiapkan dokumen yang diwajibkan, Anda hanya perlu datang ke kantor unit kerja Bank BRI. Meskipun Anda sudah mendaftar secara online, namun tetap diharuskan datang ke kantor untuk melakukan verifikasi data. Apabila sudah sampai di kantor BRI, silahkan masuk dan ambil nomor antrian pada bagian Customer service (CS). Jika masih belum mengerti, bisa meminta bantuan pada satpam atau security yang sedang bertugas. Sampaikan bahwa Anda mau bikin rekening.

Jika sudah mendapatkan nomor antrian, tunggulah sampai Anda dipanggil oleh CS yang sedang bekerja. Ketika sudah dipanggil dan berada di depan CS, sampaikan maksud tujuan Anda :membuat tabungan haji. Biasanya CS akan menjelaskan beberapa syarat, bunga, dan fasilitas lain mengenai tabungan yang anda inginkan. Jika sudah selesai Anda akan diberi formulir (bagi yang belum mengisi formulir online). Isilah kolom yang sekiranya dianggap penting dan berikan kembali jika sudah selesai.

Selanjutnya, CS akan membuatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Silahkan tunggu sambil bermain handphone biar tidak merasa bosan. Customer service akan memberikan buku tabungaan dan menyuruh Anda memberikan biaya setoran awal dibagian teller untuk tabungan BRI untuk haji Anda sebesar Rp 50.000. Nilai tersebut merupakan nilai minimum yang disyaratkan dan masih menjadi uang milik Anda.

Nah, karena layanan tabungan ini sudah terintegrasi dengan SISKOHAT DEPAG, dokumen wajib yang harus  dipersiapkan ialah:

  1. Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar.
  2. KTP dan Kartu Keluarga
  3. Nomor Validasi dari Bank BRI
  4. Buku Tabungan Haji dengan saldo minimal Rp 25.000.000
  5. Surat pernyataan (keterangan domisili) dari kepada desa yang ditandatangani oleh camat setempat diatas metrai 6000
  6. Paspor (bagi yang sudah memiliki)
  7. Bagi yang belum memiliki paspor, bisa menggunakan buku nikah, Akta lahir, ataupun ijazah terakhir.
  8. Point 2 s.d 7 di photocopy sebanyak 2 (dua) rangkap.
  9. Selanjutnya, setelah dari bank, Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) yang diperoleh dari Kementrian Agama di photocopy sebanyak 2 (dua) rangkap
cara daftar haji
cara daftar haji

Ketentuan Lain

Tidak ada suku bunga dan biaya administrasi bulanan di dalam jenis tabungan ini. Akan tetapi, Anda akan dikenakan biaya penutupan rekening sebesar Rp 50.000. Rekening tidak akan ditutup hingga Anda pulang dari ibadah haji. Namun rekening bisa tutup secara otomatis apabila tidak melakukan setoran selama 24 bulan. Dan Anda juga akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 jika saldo rekening pasif yang ditutup otomatis. Saldo minimal rekening tabungan tipe haji sebesar Rp 50.000. Setoran awal Rp 50.000, sedangkan setoran selanjutnya bisa mencapai Rp 25.000.

Demikianlah penjelasan mengenai syarat membuka tabungan haji bri dan bri syariah yang wajib diketahui oleh nasabah calon haji. Semoga uraian ini bisa menambah wawasan dan membantu Anda yang ingin mendaftarkan diri. Terimakasih sudah mengunjungi Kami dan jangan lupa beritahu saudara, teman, dan kerabat dekat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *