Tabungan haji bri

Syarat Membuka Tabungan Haji BRI Online Dan Offline

Posted on

Tabungan haji BRI adalah produk simpanan yang disediakan bagi nasabah (perorangan) untuk membantu dalam pembiayaan keberangkatan haji. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa melaksanakan rukun islam yang ke 5, yaitu ibadah haji hukumnya wajib. Terlepas dari hukum tersebut, Anda harus memerlukan biaya yang banyak serta kondisi fisik yang baik. Namun dari kebanyakan masyarakat khususnya di Indonesia yang menjadi kendala utamanya adalah soal biaya. Nah, Dengan menyisihkan pendapatan setiap bulan, diharapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tersebut bisa mewujudkan angan-angan Anda agar bisa beribadah haji.

Salah satu alasan Anda harus menabung sebelum berangkat haji ialah karena biaya perjalanan haji memang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Kami rekomendasikan untuk membuka rekening tabungan haji di BRI baik Syariah maupun milik Pemerintah. Jika memang memiliki niat kuat, Insya Allah ibadah haji akan terlaksana. Dengan demikian Anda tidak mengalami kendala terkait dengan mahalnya biaya haji ke tanah suci, Mekkah.

Sebelum membuka rekening tabungan haji di BRI, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mulai dari fasilitas, syarat, dan pembiayaannya. Sebagai tambahan, simak juga kelebihan dan kekurangan tabungan haji di Bank BRI. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda perhatikan pada penjelasan di bawah ini. Tujuaannya tentu saja agar tidak mengalami keluhan dan sebagainya dikemudian hari.

Tabungan Haji BRI

Menjadi  salah satu Bank terbesar di Indonesia sekaligus Bank milik pemerintah dengan legalitas BUMN, BRI menyediakan produk untuk nasabah yang ingin pergi haji. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa produk simpanan yang cocok bagi nasabah untuk bisa berangkat haji adalah tabungan haji BRI. Dibandingkan dengan tabungan lainnya seperti tabunganku BRI, Britama bisnis, serta yang lainnya sangat jauh berbeda. Perbedaan yang paling menonjol ialah terletak pada fasiitas yang diberikan, meliputi:

Fasilitas Tabungan Haji BRI:
  1. Gratis biaya administrasi.
  2. Diberikan asuransi jiwa dan kecelakaan diri secara gratis, dan/ atau peranggungan sebesar 120% dari jumlah maksimal saldo tabungan haji yang dimiliki oleh nasabah sebesar Rp. 50.000.000,-.
  3. Sudah terhubung langsung secara online dengan SISKOHAT Kementrian Agama setempat sesuai dengan domisili nasabah.
  4. Bisa melakukan setor tunai tabungan haji melalui e-Banking BRI maupun di Kantor BRI seluruh Indonesia.

Dari berbagai fasilitas di atas, tabungan haji yang ada di Bank BRI memberikan berbagai manfaat, antara lain bisa meringankan persiapan dana untuk menunaikan ibadah haji. Selain itu, semua perencanaan dana kebutuhan ibadah haji akan dipermudah, misalnya dalam hal perlengkapan haji. Yang tidak kalah hebatnya, Anda akan mendapatkan berbagai souvenir haji. Jika Anda tertarik, Ada beberapa persyaratan membuka tabungan haji BRI yang bisa Anda cermati pada uraian di bawah ini.

Syarat Membuka Tabungan Haji BRI, Online Dan Offline

Sebenarnya tabungan haji tidak jauh berbeda dengan tabungan BRI lainnya seperti Britama Rencana. Artinya, Anda akan mendapatkan denda penutupan rekening atas permintaan sendiri. Tapi jangan khawatir karena pada produk simpanan untuk haji ini Anda tidak akan mendapatkan sejumlah bunga dan biaya Administrasi per bulan. Bagaimana?, menarik bukan?.

Syarat yang diperlukan untuk membuka tabungan haji BRI diataranya adalah

  1. Mengisi formulir pembukaan rekening
  2. Identitas diri berupa KTP Elektronik, Paport, ataupun Kitas.
  3. Uang sebagai setoran awal sebesar Rp Rp 50.000,- atau USD 50

Cara pendaftaran Tabungan Haji BRI, Online Dan Offline

Cara membuka rekening tabungan haji bisa dilakukan melalui sistem online ataupun secara offline. Jika Anda ingin mendaftar secara online, terlebih dahulu Anda harus mengscan syarat-syarat yang diperlukan di atas. Jika sudah, Anda bisa langsung mengunjungi halaman https://eform.bri.co.id/home/detail/haji. Setelah membuka alamat tersebut, klik registrasi dan Anda akan diarahkan pada halaman syarat dan ketentuan. Jika Anda setuju, kemudian Anda hanya perlu memberi tanda ceklist pada pilihan persetujuan, lalu klik buka rekening. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah saat buka rekening tabungan haji BRI

Berbeda dengan cara membuka tabungan haji secara offline dimana Anda harus datang ke kantor cabang BRI terdekat sambil membawa persyaratan yang dibutuhkan. Sesampainya di lokasi, langsung saja masuk dan mengambil nomor antrian yang sudah disediakan pada bagian Customer Service (CS). Jika sudah dipanggil dan berada di depan CS yang sedang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda yaitu mau membuka tabungan Haji. Nah, biasanya CS tersebut akan memberikan arahan kepada Anda terlebih dahulu.

Setelah selesai memberikan berbagai arahan, Anda akan diberi formulir pendaftaran pembukaan rekening tabungan haji. Isilah formulir tersebut sesuai dengan kolom yang tersedia. Jika sudah selesai, serahkan kembali pada CS yang ada di depan Anda bersamaan dengan syarat yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Tunggulah beberapa saat kemudian hingga pendataan selesai. Jika sudah, langsung saja ke bagian Teller untuk menyerahkan setran awal sebesar Rp 50.000,- lalu kembalilah ke bagian CS untuk menyerahkan bukti setoran awal. Jika sudah selesai semuanya, selanjutnya Anda hanya perlu menyetorkan setoran bulanan.

Apakah Tabungan Haji BRI Bisa Diambil?

Tentu Bisa. Jawaban yang tepat bagi Anda yang bertanya apakah tabungan haji bisa dicairkan, tentu saja bisa. Dana tabungan haji Bank BRI bisa diambil, ditarik, atau dicairkan apabila saldo tabungan sudah mencapai jumlah tertentu. Jumlah yang dibutuhkan agar bisa diambil ialah sesuai dengan ketentuan pemerintah mengenai biaya minimal pendafaran haji melalui SISKOHAT.

Pendaftaran haji melalui tabungan haji yang terhubung dengan SISKOHAT dilakukan di kantor Kementrian Agama setempat untuk mendapatkan nomor antrian. Akan tetapi  sebelum berangkat haji, hal yang harus digarisbawahi disini adalah Anda harus melunasi biaya haji sebelum batas yang ditentukan oleh Kementrian Agama. Biaya untuk haji minimal yang harus Anda bayarkan sejumlah Rp. 25.000.000,-.

Beberapa ketentuan lain yang wajib Anda sermati bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Jumlah Setoran Awal Minimal Rp 50.000,-
Jumlah Setoran Selanjutnya Minimal Rp 25.000,-
Biaya pengelolaan rekening
Saldo rekening Minimal Rp. 50.000,-
Denda Per bulan Di Bawah Saldo Minimum
Bunga tabungan
Penutupan Rekening atas keinginan sendiri Rp. 50.000,-
Saldo Rekekning akan ditutup otomatis Rp. 25.000,-

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BRI Haji?

Apabila Anda mencari kelebihan dan kekurangan Tabungan Haji yang disediakan oleh Bank BRI, maka Anda akan lebih banyak menemukan kelebihan atau keunggulan daripada kekurangannya. Jika tidak percaya, di bawah ini kami berikan daftarnya.

Kelebihan Tabungan Haji BRI:
  • Bebas resiko karena jenis tabungan haji ini dilindungi oleh pihak Bank  yang sudah bekerjasama dengan Lembaga Penjamin simpanan (LPS).
  • Trintegrasi secara online dengan SISKOHAT Kementerian Agama. Dengan begitu, Nasabah bisa mendaftar atau mencalonkan diri sebagai calon jemaah haji.
  • Nasabah akan diberi perlindungan suransi jiwa dan kecelakaan diri secara GRATIS.
  • Gratis biaya administrasi dan provisi setiap bulan
Kekurangan Tabungan Haji BRI:
  • Rekening yang berstatus pasif akan ditutu secara otomatis apabila jumlah saldo minimum sebesar Rp 25.000,-.
  • Penutupan rekening atas keinginan sendiri dikenakan denda sebesar Rp 50.000,-.
  • Nasabah tidak akan mendapatkan bunga tabungan.

Kesimpulan

Perlu Anda ketahui bahwasanya saat ini sudah tersedia tabungan haji BRI anak-anak. Nah, Bagi Anda yang memiliki penghasilan lebih dari cukup bisa menabung dan membangun sebuah rencana berangkat haji bersama keluarga. Cara pendaftarannya pun hampir sama seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu secara online maupun offline. Oleh karena itu, segeralah buka tabungan Haji BRI sekarang juga karena daftar lama tunggu berangkat haji memerlukan waktu yang lama. Apabila merasa kurang paham,Anda bisa menghubungi call centre BRI 14017 / 1500017. Semoga niat Anda bisa terlaksana dan menjadi haji mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *