tabungan haji bni syariah
tabungan haji iB Baitullah Hasanah BNI Syariah

Syarat Membuka Tabungan Haji Reguler & Plus BNI Syariah

Posted on

Tabungan Haji BNI Syariah disebut juga dengan sebutan BNI Baitullah iB Hasanah. Produk tabungan ini disediakan sebagai perantara dalam memperoleh kepastian porsi keberangkatan Haji reguler maupun khusus (plus). Dengan demikian Anda bisa merencanakan ibadah Haji dan Umrah sesuai dengan keinginan. Uniknya ialah Anda bisa menggunakan sistem setoran bebas atau bulanan menggunakan mata uang Rupiah dan USD.

Perlu Anda ketahui bahwa BNI Baitullah iB Hasanah menggunakan prinsip akad Mudharabah atau Wadiah. Artinya, nasabah  selaku pemilik modal (shohibul amal) mempercayakan sejumlah dana kepada pengelola. Akan tetapi diantara kedua belah pihak sudah ada sebuah perjanjian di awal terlebih dahulu. Oleh karena itu, bentuk kerjasama ini sama halnya dengan mempercayakan sejumlah modal untuk dikelola sesuai dengan keahlian dari pengelola.

Tabungan Haji BNI Syariah

Sebelum masuk ke pembahasan lebih jauh, Kami akan mengajak Anda mengenal sejarah singkat mengenai jenis tabungan haji BNI Syariah ini.

Dulu pada tahun 2010 Bank BNI Syariah dinamakan dengan Unit Usaha Syariah BNI. Unit tersebut merupakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN), PT BNI Persero, Tbk. Pergantian nama tersebut disebabkan karena mereka ingin melayani rakyat Indonesia (khususnya) melalui sistem Syariah. Terlepas dari visi misi yang ditawarkan yaitu memberi solusi kebutuhan jasa perbankan syariah, tabungan iB Baitullah Hasanah pun diluncurkan. Melalui tabungan tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas dan manfaat sebagaimana yang Kami sajikan di bawah ini.

Fasilitas tabungan iB Baitullah Hasanah
  • Kepemilikan kartu haji dan umroh berkewarganegaraan Negara Indonesia.
  • Diberikan buku tabungan haji atas nama perorangan.
  • Bisa melakukan setoran bulanan secara Autokredit dari rekening Tabungan iB Hasanah, Bisnis Hasanah, serta Prima Hasanah.
  • Bisa mendaftar ke dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT).
  • Nasabah bebas memilih Kurs rupiah atau dollar.
Manfaat Tabungan iB Baitullah Hasanah
  • Mempermudah nasabah yang ingin dan akan menunaikan ibadah haji dan umrah.
  • Membantu nasabah memperoleh porsi keberangkatan haji sesuai dengan SISKOHAT.
  • Gratis biaya administrasi rekening bulanan.
  • Khusus tabungan dengan mata uang Rupiah, gratis biaya penutupan rekening.
  • Bagi nasabah yang menggunakan mata uang Rupiah dengan saldo lebih dari Rp 5 Juta akan memperoleh asuransi kecelakaan diri

Dengan membuka tabungan haji iB Baitullah Hasanah, maka Anda sudah berniat menunaikan ibadah haji. Sebab, apabila sudah enunaikan ibadah haji maka semua rukun islam Insya Allah sudah terlaksana semuanya.

Apa Saja Syarat Membuka Tabungan Haji BNI Syariah?

Dibandingkan dengan tabungan haji Mandiri Syariah, persyaratan untuk membuka tabungan haji di Bank BNI Syariah tanpa NPWP. Sebab syarat yang diperlukan hanyalah cukup dengan Fotokopi identitas diri saja berupa E-KTP ataupun Pasport. Tidak hanya sampai disitu, Anda juga harus menunjukkan identitas asli tersebut dan membawa uang untuk setoran awal sebesar Rp 500 Ribu. Jika sudah lengkap, selanjutnya Anda hanya perlu mengajukan permohonan pembuatan rekening tabungan haji reguler atau plus sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Cara membuat rekening tabungan haji BNI Syariah ialah dengan mendatangi langsung Cabang BNI sesuai domisili Nasabah sambil membawa syarat yang sudah disiapkan sebelumnya. Ketika sudah sampai di lokasi, ambillah nomor antrian dibagian Customer service (CS). Jika sedang sepi, biasanya Anda langsung dipanggil oleh CS yang sedang bertugas. Sampaikan pada CS tersebut bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan haji reguler ataupun plus sesuai dengan keinginan. Sebelum menyerahkan syarat-syaratnya, biasanya Anda akan diberi tahu mengenau berbagai ketentuan tabungan haji yang Anda pilih. Jika sudah selesai, Anda akan disuruh mengisi formulir yang disediakan. Setelah semuanya selesai, serahkan setoran awal sebesar Rp 500 Ribu dibagian teller.

Selain cara di atas, pembukaan tabungan haji pada BNI syariah juga bisa dilakukan melalui online. Gunakanlah jaringan internet yang lancar supaya tidak terjadi kendala ketika melakukan pendaftaran. Nah, karena pendaftaran dilakukan secara online, maka syarat yang dibutuhkan harus di scan terlebih dahulu dan disimpan ke dalam format gambar (.jpg/.jpeg). Pendaftaran sistem online ini bisa Anda lakukan melalui website resmi Bank BNI Syariah, yaitu https://bro.bnisyariah.co.id.

Berapa Setoran Bulanan Tabungan Haji BNI Syariah?

Simulasi setoran tetap bulanan tabungan BNI syariah sampai bisa mendapatkan nomor porsi sebesar Rp 25 Juta adalah sebagai berikut:

Tenor  (Jangka waktu) Tabungan
(Tahun)
Besar setoran tetap setiap bulan (Rp)
1 2.100.000
2 1.050.000
3 700.000
4 525.000
5 420.000
6 350.000
7 300.000
8 265.000
9 235.000
10 210.000

Perlu Anda garisbawahi bahwa nominal setoran di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari Kantor Kementerian Agama. Oleh karena itu, sebelum Anda membuka rekening tabungan haji, sebaiknya Anda meminta brosur tabungan haji BNI Syariah.

Pembayaran tabungan BNI Haji bisa dilakukan melalui fasilitas autodebet dari rekening afiliasi BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Giro Rupiah Perorangan. Jika Anda ingin melakukan pembayaran sendiri, Bank BNI juga menyediakan pembayaran melalui mesin ATM, SMS Banking, serta Internet Banking tabungan BNI Haji.

Apakah Tabungan Haji BNI Syariah Bisa Diambil?

Pengambilan atau penarikan saldo rekening tabungan haji iB Baitullah Hasanah BNI Syariah bisa Anda lakukan di Kantor cabang tempat Anda melakukan pembukaan. Akan tetapi, frekuensi penarikan saldo tabungan haji tersebut boleh diambil sebanyak 1 kali dalam setahun. Untuk jumlah saldo yang harus diendapkan di dalam rekening tabungan Anda sebesar Rp 500 ribu. Karena jumlah tersebut merupakan saldo minimum tabungan BNI Haji.

Adakah Kekurangan Dan Kelebihan Tabungan Haji BNI Syariah ?

Dari berbagai jenis tabungan haji, kelebihan atau keuntungan yang diberikan oleh Bank BNI Syariah sangat Banyak. Anda akan mendapatkan asuransi jiwa sebesar nilai BPIH secara gratis dan akan mendapatkan beasiswa bagi ahli waris sebesar Rp 30 Juta. Premi perlindungan asuransi jiwa tersebut berlaku apabila Anda mengalami kecelakaan dan atau meninggal dunia. Disamping itu, Anda juga akan digratiskan dari biaya pengelolaan, biaya pembukaan serta biaya penutupan rekening.

Kekurangan tabungan haji BNI Syariah ialah Anda hanya bisa membuka di kantor cabang sesuai dengan domisili Anda berada. Hal ini disebabkan karena kementrian agama RI melalui SISKOHAT sudah bekerjasama dengan Bank BNI untuk menentukan jumlah porsi jamaah haji. Apabila tidak seperti itu, kemugkinan yang akan terjadi adalah terlalu banyak jamaah yang menunaikan ibadah haji. Dengan demikian, maka tempat ibadah haji yang Ada di anah suci tidak akan membludak karena bukan hanya dari Indonesia saja.

Sekian dulu penjelasan dari kami mengenai tabungan haji BNI Syariah. Semoga bisa menambah pengetahuan dan memantapkan niat Anda dalam melaksanakan rukun islam yang ke 5, yaitu menunaikan haji. Apabila kurang jelas, Anda bisa datang atau menanyakan langsung ke call centre Bank BNI Syariah melalui 1500046. Semoga niat dan haji Anda selalu diberkahi oleh Tuhan YME dan menjadi haji yang mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *