tabungan emas pegadaian

Syarat, Cara, Dan Manfaat Tabungan Emas Pegadaian

Posted on

Tabungan Emas Pegadaian saat ini sudah ramai menjadi perburuan mansyarakat di Indonesia. Diantara dari mereka mengatakan bahwa investasi emas di pegadaian menjadi pilihan yang tepat untuk jangka panjang. Bahkan dibandingkan dengan menabung di bank, mereka lebih memilih berinvestasi dalam bentuk barang, yaitu emas. Hal tersebut dikarenakan nilai uang sekarang tidak akan sama dengan sepuluh tahun yang akan datang. Salah satu penyebabnya ialah mahalnya biaya administrasi, pajak, dan bunga yang tadinya dirasa untung, malah menjadi buntung.

Jenis tabungan emas yang bisa Anda ajukan salah satunya ialah emas murni atau yang biasa disebut dengan logam mulia, misalnya yang bersertifikat dari PT ANTAM. Alasan mengunakan emas murni, Anda akan memperoleh nilai jual kepemilikan emas yang tinggi. Namun, hal yang perlu diketahui adalah jika Anda melakukan investasi dalam bentuk Emas, sifatnya adalah pasif. Artinya, peningkatan nilai tambah yang diberikan cenderung lambat (sedikit). Berbeda dengan tanah atau pekarangan yang cenderung selalu meningkat. Jika Anda menginginkan investasi yang bersifat aktif, pilihan yang bisa Kami rekomendasikan adalah dalam bentuk saham.

Disamping proses pengajuan tabungan emas pegadaian yang sangat mudah dan terbilang cukup cepat, harga emas dari tahun ke tahun memang cenderung selalu mengalami peningkatan. Kondisi itulah yang membuat logam kuning tersebut bisa dijadikan sebagai tabungan investasi yang menguntungkan dimasa mendatang. Meskipun begitu, banyak yang berfikir dua kali untuk membeli ataupun menabung emas. Tapi jangan khawatir, karena sekarang Anda sudah bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau, bersertifikat, dan bisa dicairkan

Tabungan Emas Pegadaian

Bagi yang ingin investasi emas, sebenarnya tidak harus memiliki emas di tangan. Investasi dalam bentuk kepemilikan tabungan emas juga bisa Anda terapkan. Salah satu tempat yang menyediakan layanan tabungan emas tersebut ialah Pegadaian. Karena, sebagaimana dilansir dari website resmi pegadaian yang menyatakan bahwa tabungan emas adalah layanan jual beli emas dengan sistem titipan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau sehingga bisa  dengan mudah dimiliki oleh masyarakat yang ingin berinvestasi emas. Terbukti pada tahun lalu, tabungan emas di pegadaian meningkat hingga 30% dengan perolehan berat emas 3 ton, sedangkan jumlah nasabah mencapai 1.477.000 orang.

Bagaimana Cara Menabung Emas Di Pegadaian?

Tabungan Emas Pegadaian memang sudah tersebar luas hingga kaum milenial tidak terkecuali bagi pelajar. Lalu, seperti apa cara menabung emas di pegadaian?. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak pada uraian yang Sudah kami jelaskan di bawah ini:

  • Nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang atau Agen Pegadaian. Sesampainya di lokasi, langsung saja mengisi formulir pendaftaran keikutsertaan menjadi salah satu nasabah di pegadaian.
  • Lampirkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku. Jika memang merasa tidak memiliki banyak waktu, proses pendaftaran bisa dilakukan secara online. Caranya dengan mendownload aplikasi Pegadaian Digital Service yang ada pada Playstore/Appstore.
  • Siapkan uang sebesar Rp 10.000,- untuk biaya administrasi, serta Rp 30.000,- per tahun yang digunakan untuk biaya fasilitas titipan emas.
  • Cara menabung emas dipegadaian bisa dilakukan melalui kantor cabang Pegadaian. Berat emas yang bisa dibeli mulai dari 0,01 gram hingga 100 gram per CIF (Customer Information File) per hari.
  • Saldo minimal yang harus ada di dalam rekening untuk dapat melakukan transaksi jual kembali dan transfer sebesar 0,1 gram. Apabila transaksi dilakukan dengan aplikasi pegadaian digital akan dikenakan biaya admnistrasi Bank Rp. 2.500,-
  • Nasabah akan memperoleh emas fisik logam mulia dari tabungan emas jika sudah melakukan cetak order. Pilihan keping emas batangan yang bisa Anda dipilih adalah 5, 10, 25, 50, dan 100 gram.
  • Tabungan emas akan hilang atau tutup secara otomatis apabila saldo di dalam rekening menyentuh angka 0,01 gram. Bagi nasabah yang ingin melakukan penutupan rekening akan dikenakan biaya denda sebesar Rp 30.000,-

Baca Juga: Syarat, Cara, Dan Suku Bunga Tabungan Rencana Mandiri

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian

Berikut ini adalah tabel simulasi tabungan emas yang bisa Anda pahami. Data yang Kami peroleh bersumber pada website resmi Perusahaan pegadaian milik pemerintah. Supaya lebih jelas, Anda bisa datang ke outlet atau kantor cabang tedekat karena dikhawatirkan ada perbedaan.

Biaya pencetakan emas logam mulia
Pecahan atau keping emas Biaya Percetakan
Produksi Oleh PT Antam Produksi Oleh PT UBS
0,5 gram  −  −
1 gram Rp. 85.000,- Rp. 40.000,-
2 gram Rp. 86.000,- Rp. 66.000,-
2,5 gram
3 gram
4 gram
4,25 gram
5 gram Rp. 127.000,- Rp. 83,000,-
10 gram Rp. 177.000,- Rp. 111.000,-
25 gram Rp. 245.000- Rp. 178.000,-
50 gram Rp. 516.000,- Rp. 301.000,-
100 gram Rp. 632.000,- Rp. 507.000,-
250 gram
500 gram
1000 gram

Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian

Mengetahui sisa saldo yang ada di dalam rekening sudah menjadi hal yang wajar bagi setiap pemiliknya. Mengetahui jumlah saldo sangat penting, supaya bisa tepat waktu dalam proses transaksi dengan rekening lainnya. Nah, di bawah ini ada 2 cara cek saldo tabungan emas di pegadaian yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Melalui situs resmi Pegadaian

Pada langkah pertama ini, nasabah bisa cek saldo rekening Tabungan emas pegadaian melalui situs resmi perusahaan pegadaian milik pemerintah. Anda bisa menemukannya dengan cara mencari di mesin pencarian google dengan mengetik nama “situs resmi pegadaian”. Dengan begitu, maka Anda akan menemukannya langsung karena biasanya berada pada posisi paling atas.

Apabila sudah Anda merasa sudah menemukannya, klik situs tersebut. Kemudian Anda tinggal mencari tombol menu yang tertera di dalamnya. Pada menu tersebut, Ada bisa langsung mengecek saldo tabungan emas dengan cara memasukkan beberapa data yang dibutuhkan. Tapi ingat, jangan sampai salah karena Anda tidak akan bisa melihat saldo secara nyata.

2. Melalui Aplikasi Pegadaian di HP

Langkah yang kedua ini sedikit agak ribet karena nasabah diharuskan memasang aplikasi pegadaian di Hp yang sudah mendukung. Cara memasangnya Anda tinggal membuka layanan Playstore atau Appstore, kemudian cari “pegadaian”. Jangan lupa, aplikasi resmi memiliki logo pegadaian. Nah, jika sudah ketemu maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mendownload dan menginstal hingga aplikasi terpasang pada smartphone Anda. Untuk nasabah yang baru pertama kali mengguakan aplikasi pegadaian biasanya akan dimintai untuk mengisi data terlebih dahulu.

Baca Juga: 12 Jenis Tabungan BRI 2018 yang Punya Banyak Keuntungan Berlipat

Bagaimana Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian?

Kebutuhan memang bisa saja datang secara mendadak sehingga memaksakan untuk segera mendapatkan dana tunai langsung cair. Lalu, bagaimana bagi mereka yang sudah telanjur menabung emas di pegadaian?. Sebenarnya, proses mencairkan tabungan emas di pegadaian bisa dilakukan tanpa syarat. Artinya, Nasabah tidak diharuskan membutuhkan surat pernyataan atau surat perjanjian yang ditandatangani di atas materai. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan situasi dan kondisi yang mengharuskan tersedia uang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berikut ini ada2 cara mencairkan tabungan emas agar bisa menjadi dana tunai langsung cair, antara lain:

1. Buyback Emas ke pegadaian

Istilah buyback merupakan teknik menjual kembali emas yang sudah diperoleh ke pegadaian secara langsung. Cara ini bisa Anda gunakan ketika membutuhkan dana singkat langsung cair. Hal yang perlu dipahami disini ialah saat Anda menjualnya, Anda akan mendapatkan harga sesuai dengan pasaran pada hari itu juga. Selain itu, perhatikan saldo minimal yang harus tersedia di dalam rekening tabungan emas. Untuk bisa dicairkan, pastikan bahwa saldo mengendap minimal senilai 1 gram emas.

2. Mengkonversi Tabungan emas menjadi emas fisik

Langkah yang kedua ialah dengan cara meminta pihak Pegadaian agar mencetak rekening tabungan emas menjadi emas fisik. Pilihan pecahan yang bisa Anda pilih mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram. Pengajuan pencetakan tabungan emas menjadi emas fisik bisa Anda lakukan menggunakan layanan pegadaian digital. Namun supaya lebih aman Kami sarankan datang langsung ke outlet pegadaian saat pertama kali Anda membuka tabungan emas. Perlu diketahui bahwa emas yang berhasil di cetak, akan dikirim ke outlet pegadaian selama 1 bulan ke depan.

Tabungan Emas Pegadaian Rugi atau Untung?.

Berbicara mengenai untung atau rugi sebenarnya bukan pembahasan yang perlu dibahas secara mendalam. Sebagaimana yang sudah Kami sebutkan di atas bahwa ketika sudah melakukan investasi, pasti banyak keuntunan yang bisa Anda dapatkan. Jika ada yang bilang bahwa tabungan emas untung atau rugi, Anda bisa membandingkannya dengan kredit emas yang diberikan lembaga keuangan seperti perbankan. Sebab, pada dasarnya konsep investasi emas di pegadaian berbeda dengan tabungan emas di bank mandiri, BRI, maupun BCA.

Apa Saja Manfaat Tabungan Emas Pegadaian?

Salah satu manfaat tabungan emas, bagi yang masih berstatus sebagai pelajar bisa mengajukan diri membuka rekening tabungan emas. Manfaat lainnya bisa Anda peroleh dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh lembaga penyedia, dalam hal ini pegadaian. Selebihnya, simak pada daftar di bawah ini:

Kelebihan:

  1. Bisa mendapatkan emas dengan harga terjangkau.
  2. Tidak ada jangka waktu tertentu dan bunga sehingga tidak ada resiko gagal bayar atau pajak yang berlaku.
  3. Proses transaksi lebih mudah dan aman.
  4. Bisa dicairkan saat sedang membutuhkan dana tunai.
  5. Emas yang Anda peroleh merupakan emas bersertifikat PT Antam dan atau UBS.

Kekurangan:

  1. Tabungan emas di pegadaian tidak bisa dicairkan berdasarkan kemauan Nasabah. Akan tetapi sisa saldo minimal tabungan emas sebesar 0,1 gram, sedangkan untuk emas batangan minimal 5 gram.
  2. Terdapat biaya administrasi dan titip emas
  3. Jika ingin melakukan penutupan rekening, dikenakan denda sebesar Rp 30.000,-

Jika tertarik dengan tabungan emas pegadaian, Anda bisa mendaftarkan diri dengan cara datang langsung ke outlet atau agen pegadaian. Jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa mendaftarkan diri secara online sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Sekian penjelasan yang bisa Kami sampaikan. Jika merasa kurang paham, Anda bisa menghubungi call centre pegadaian melalui 1500569, 0213155550 atau 02180635162. Selamat berinvestasi demi masa depan Anda dan keluarga Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *