Tabungan Emas BRI
Syarat Membuka Tabungan Emas BRI, Mudah Dan Cepat.

Syarat Membuka Tabungan Emas BRI, Mudah Dan Cepat.

Posted on

Tabungan Emas BRI merupakan bentuk simpanan yang juga diluncurkan oleh BNI, BCA, serta Pegadaian. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini emas sudah bisa dijadikan sebagai wujud investasi jangka panjang. Alasan pemilihan emas yaitu karna harga emas yang memang relatif stabil bahkan dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Kondisi seperti itulah yang membuat masyarakat khususnya dengan gaji pas-pasan tidak mampu memilikinya. Tapi jangan cemas, sebab kini sudah ada lembaga keuangan baik itu konvensional maupun syariah. Dengan adanya lembaga tersebut, tentu akan sangat membantu bagi Anda yang ingin memiliki emas murni bersertifikat.

Survey mengatakan bahwa sejauh ini menabung emas hanya diketahui bisa dilakukan di pegadaian saja. Tapi wajar saja sih karena yang pertama kali mengadakan tabungan emas memang lembaga tersebut. Namun yang perlu Anda garis bawahi disini bahwa menabung emas juga bisa dilakukan di Bank BRI. Mengenai ketentuan sistem, syarat, dan caranya akan kami sampaikan di dalam artikel yang sedang Anda baca ini.

Sebelum lebih jauh membahasnya, ada hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama perbedaan antara menabung emas di pegadaian dan BRI. Meski kerap dianggap sama, namun ada perbedaan yang sangat menonjol. Kalau menabung emas di pegadaian, masyarakat yang ingin memiliki emas bisa mulai menabung senilai Rp 6.000. Sedangkan bentuk yang ditawarkan oleh Bank BRI bukan sebuah produk simpanan atau tabungan, melainkan kredit. Nah kredit yang dimaksud tersebut ialah kredit kepemilikan logam mulia (KLM).

Apa itu Kepemilikan Logam Mulia (KLM) Dalam Tabungan Emas BRI?

Kepemilikan logam mulia (KLM) adalah suatu sistem yang diberikan kepada nasabah yang ingin memiliki emas dengan hukum akad jual-beli. Dengan demikian, bisa disama artikan dengan kasus dimana Anda kredit motor melalui multifinance. Sistem yang diterapkan ialah nasabah menentukan kadar emas yang diinginkan lalu memberikan uang muka yang telah ditentukan. Sisanya dapat diangsur hingga emas tersebut menjadi milik Anda sepenuhnya dalam tenor 1 tahun sampai 3 tahun. Jika sudah dimiliki, Anda misa mengunakannya sebagai investasi emas yang menguntungkan.

Kadar emas yang ditawarkan di dalam tabungan emas bri baik  konvensional maupun syariah dengan sistem KLM adalah emas murni 24 karat. Pilihannya ada emas bersertifikat PT. ANTAM ataupun yang lainnya (non-antam). Pecahan yang bisa Anda ambil antara lain 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram. Dari masing-masing pecahan tersebut pembiayaan dikelompokkan berdasarkan tenor sesuai tingkat pafon yang diambil. Besar pembiayaan emas BRI Syariah menyediakan fasilitas sebesar Rp 3.500.000,- hingga yang paling besar senilai Rp 150.000.000

Tabungan Emas BRI

Salah satu bank terbaik untuk investasi emas adalah BRI syariah maupun konvensional. Adapun syarat dan ketentuan yang berlaku ialah sebagai berikut:

Syarat tabungan emas bri:

  1. Identitas diri yang difotocopy berupa e-KTP. Apabila sudah menikah, lampirkan keduanya.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. NPWP (jika pemilihan pinjaman di atas Rp 100 juta)
  4. Surat Keterangan profesi (pegawai/karyawan/wiraswasta)
  5. Slip gaji/surat keterangan gaji
  6. Fotocopy Tabungan mutasi koran selama 3 bulan terakhir

Ketentuan:

  1. Pemohon merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Calon nasabah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Sedangkan pada saat waktu pelunasan maksimal usia 65 tahun.
  3. Masa kerja di tempat pekerjaan nasabah minimal 2 tahun.
  4. Tidak pernah tercatat di dalam BI Checking
  5. Calon nasabah sudah memiliki rekening tabungan BRI. Apabila belm memilikinya, maka harus membuatnya terlebih dahulu.

Cara menabung emas di BRI yang sudah terintegrasi dengan Pegadaian bisa dengan membayar pembiayaan melalui ATM BRI maupun layanan Internet Banking. Jumlah pembelian yang harus disetorkan minimal Rp. 50.000 hingga junlah maksimal sebesar Rp. 10 Juta per hari.

Untung Rugi Tabungan Emas BRI Syariah Maupun Konvensional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis pembiayaan yang dilakukan bukanlah sebuah tabungan emas bri baik syariah maupun konvensional. Akan tetapi bentuk pembiayaannya berupa kredit. Apabila masih merasa ragu, carilah informasi secara detail khususnya keuntungan dan kerugian yang nantinya Anda peroleh. Anda bisa menanyakan langsung kepada pihak bank bri ataupun BNI, BCA, Mandiri syariah dan Mandiri konvensional.

Adapun keuntungan dan kerugian atau kelebihan dan kekurangan menabung emas di bank bri diantaranya bisa mendapatkan emas sesuai keinginan. Meskipun dana terbatas, namun Anda bisa menyimpan emas ditempat yang aman. Jika merasa butuh uang dadakan, Anda bisa menggadaikan emas yang sudah tercicil lunas. Sedangkan kekurangannya adalah Anda harus mengeluarkan uang muka atau DP sebesar 15 % dari total pembiayaan. Nasabah akan dibebani oleh berbagai biaya administrasi seperti suku bunga dan biaya lainnya. Dan yang lebih parahnya lagi, Anda akan mendapatkan sanksi kehilangan emas jika gagal melunasinya.

Demikianlah informasi syarat membuka tabungan emas BRI yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Semoga bisa menambah informasi serta menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Jika Anda sudah emiliki pengalaman menabung emas di pegadaian, tentu hal tersebut akan sangat membantu Anda sendiri. Silahkan bandinkan dengan yang sudah pernah Anda lakukan. Selamat mencobanya dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *