Langkah Membuka Rekening Tabungan BRI Simpedes Dengan Mudah

Posted on
Tabunan BRI Simpedes
Kartu ATM dan Buku Tabungan BRI Simpedes

Tabungan BRI Simpedes adalah bentuk tabungan atau simpanan bagi masyarakat dengan menggunakan mata uang Rupiah. Jumlah penyetoran dan penarikan simpanan ini tidak ada batasannya serta dapat dilakukan kapanpun selagi membutuhkannya. Bagi Anda yang menginginkan layanan simpanan ini, Anda akan mendapatkannya di Kantor Cabang Khusus BRI, Kanca BRI, KCP BRI, BRI Unit, ataupun Teras BRI.

Saat ini membuka rekening tabungan BRI tipe Simpedes sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui cara biasa dan online. Meskipun sudah dipermudah dengan cara online, nasabah harus tetap datang ke kantor cabang BRI untuk melakukan verifikasi data. Selanjutnya nasabah harus menyerahkan setoran awal dan memperoleh buku rekening serta kartu  ATM. Oleh karenanya, banyak yang memilih untuk mendaftarkan diri dengan cara datang langsung ke kantor cabang BRI.

Tabungan BRI Simpedes

Membuka rekening tabungan BRI tipe Simpedes dengan cara biasa maupun dengan cara online tidak jauh berbeda. Artinya, calon nasabah diwajibkan membawa persyaratan yang diperlukan. Salah satu syarat yang harus dibawa ialah data diri calon nasabah berupa E-KTP ataupun NPWP (jika ada). Agar tidak bolak balik ke rumah, sebaiknya bawa semua saja termasuk Kartu Keluarga biar Customer service tidak menyuruh Anda pulang. Nah, biar lebih jelas, akan kami sampaikan beberapa uraian mengenai langkah langkah membuka tabungan BRI Simpedes dengan mudah.

Syarat  Membuka Rekening BRI Simpedes

Rekening BRI Simpedes bisa dibikin untuk perorangan (Pribadi/ Individu) maupun Non-perorangan misalnya badan usaha seperti UMKM. Tentu syarat yang harus dilengkapi dari keduanya terdapat perbedaan yang menonjol. Perbedaan syarat bikin tabungan BRI Simpedes perorangan dan badan usaha adalah sebagai berikut:

Syarat pembukaan Rekening BRI Simpedes bagi perorangan (Pribadi/Individu):
  1. Melengkapi formulir yang diberikan oleh Customer Service
  2. Bagi WNI siapkanlah dokumen berupa KTP atau NPWP (jika ada). Sedangkan bagi WNA menggunakan Paspor dan KIMS, KITAP, atau KITAS.
  3. Calon nasabah sudah berusia lebih dari 17 tahun.
  4. Membawa uang Minimal Rp. 100.000,- sebagai setoran awal. Setoran selanjutnya akan lebih kecil, yaitu sebesar Rp. 10.000,-.

Setelah semua persyaratan lengkap, maka dihadapan Customer Service biasanya akan disuruh mengisi formulir (bagi yang belum mendaftar secara online). Jumlah uang yang dijadikan setoran awal tetap menjadi milik Anda sebagai saldo rekening tabungan. Jika hendak mengambilnya kembali tentu boleh-boleh saja. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa saldo minimum dalam rekening tabungan BRI tipe Simpedes sebanyak Rp.50.000,-.

Syarat pembukaan Rekening BRI Simpedes bagi Non-perorangan:

Pembuatan Tabungan BRI Simpedes Non-perorangan misalnya untuk badan usaha, syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi identitas perusahaan yang diberikan oleh Customer service.
  2. Menyertakan AD-ART
  3. Akta Pendirian (SIUP, SITU, dsb)
  4. Akta Perubahan Terakhir
  5. Fotocopy NPWP
  6. Fotocopy KTP, SIM, atau Identitas lainnya yang dimiliki oleh pengurus.
  7. Uang sebesar Rp. 100.000 sebagai setoran awal

Langkah Membuka Rekening BRI Simpedes

Berdasarkan pengalaman pribadi, langkah membuka Tabungan BRI Simpedes sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat yang menyediakan layanan pembukaan Tabungan BRI tipe Simpedes. Sesampainya di kantor tersebut, silahkan ambil nomor antrian dengan tujuan mau ke customer service (CS). Kemudian mengantrilah dengan sabar dibelakang nasabah BRI lainnya sesuai dengan urutan.

Sesaat setelah giliran Anda dipanggil oleh CS, silahkan sebutkan maksud dan tujuan Anda yaitu membuka rekening tabungan BRI tipe Simpedes. Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, biasanya CS akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan Simpedes. Contohnya seperti syarat-syarat yang dibutuhkan pembuatan BRI Simpedes, fasilitas yang didapat, dan sebagainya. Setelah selesai, kemudian Anda akan disuruh mengisi formulir pendaftaran.

Jika merasa sudah cukup dan selesai mengisi formulir pendaftaran, serahkan kembali kepada CS. Tunggulah beberapa menit sambil bermain gadget karena CS sedang membuatkan buku tabungan BRI Simpedes beserta kartu ATM untuk Anda. Saat diberi kartu ATM, Anda akan disuruh tandatangan di atasnya. Jika sudah selesai, Anda akan disuruh ke teller untuk menyerahkan setoran awal yang sekaligus adalah saldo rekening BRI Simpedes Anda. Apabila saldo sudah masuk, tabungan BRI tipe Simpedes sudah bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas Tabungan BRI Simpedes

Sebagai nasabah Bank BRI,  Fasilitas ketika Anda sudah membuka tabungan BRI tipe simpedes, maka akan memperoleh:

  1. Buku rekening tabungan BRI.
  2. Kartu ATM.
  3. BRI Simpedes internet banking (E-Banking)  seperti SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.
  4. Transaksi Otomatis, meliputi :
    a. Fasilitas Automatic Fund Transfer (AFT), merupakan fitur yang digunakan untuk mentransfer uang dari nomor rekening Simpedes ke rekening tabungan lainnya di Bank BRI. Fitur ini sangat cocok untuk unit kerja sendiri maupun unit Kerja lain. Karena bisa mengirim secara rutin dengan nominal tertentu dan sifatnya tetap.
    b. Fasilitas Account Sweep, sebenarnya hampir sama seperti AFT. Perbedaannya, fasilitas Account Sweep hanya untuk keperluan mem-back up giro secara otomatis.
    c. Fasilitas Automatic Grab Fund (AGF), merupakan fitur untuk menarik dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk pembayaran angsuran pinjaman.
  5. Pengaksesan kartu BRI mudah dilakukan.
  6. Jaringan kartu BRI yang luas.

Hal yang perlu Anda ketahui disini ialah layanan internet banking tidak langsung aktif jika Anda tidak meminta CS untuk mengakifkannya. Caranya cukup mudah yakni dengan meminta bantuan pada CS lalu Anda disuruh membuat User Name dan pasword. Oleh karena itu, jangan sampai lupa meminta CS untuk mengaktifkan layanan E-banking untuk mempermudah transfer ke nomor rekening lain tanpa harus pergi mencari mesin ATM.

Biaya Administrasi Bank BRI Simpedes

Sama seperti bank di Indonesia pada umumnya, Bank BRI juga menerapkan beberapa biaya administrasi yang berlaku, seperti:

  • Potongan bulanan bank BRI Simpedes sebesar Rp. 5.500 yang biasa disebut dengan Biaya Administrasi Bulanan.
  • Suku bunga tabungan BRI Simpedes dengan rincian sebagai berikut:
    a. Saldo rekening kurang dari Rp. 1.000.000 bunga yang ditetapkan sebesar 0 % per tahun
    b. Saldo rekening antara Rp. 1.000.000 sampai kurang dari Rp. 50.000.000 bunga yang ditetapkan sebesar 0.70 % per tahun.
    c. Saldo rekening antara Rp. 50.000.000, sampai kurang dari Rp. 500.000.000 bunga yang ditetapkan sebesar 0.85 % per tahun.
    d. Saldo rekening antara Rp. 500.000.000 sampai kurang dari Rp. 1.000.000.000 bunga yang ditetapkan sebesar 1.10 % per tahun
    e. Saldo rekening lebih dari Rp. 1.000.000.000 bunga yang ditetapkan sebesar 1.75 % per tahun
  • Biaya penarikan yang dilakukan Di Teller. Jika melakukan penarikan sebesar ≤ Rp. 2.500.000 maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Sedangkan penarikan pada nilai antara > Rp. 2.500.000 sampai dengan Rp. 5.000.000, maka biayanya adalah Rp. 10.000.
  • Sisa saldo minimal kartu ATM dan di Buku rekening BRI Simpedes senilai Rp. 50.000
  • Bagi nasabah yang akan melakukan penutupan rekening akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000
  • Pergantian buku tabungan BRI simpedes dengan alasan rusak dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000. Namun jika alasannya karena sudah penuh maka biayanya gratis.

Itulah uraian yang bisa kami jelaskan mengenai Langkah membuka rekening tabungan BRI Simpedes dengan mudah. Tingkatkan terus saldo rekening Anda karena tabungan BRI simpedes berhadiah langsung dengan mengikuti undian BRI Simpedes. Dari Kami cukup sekian dan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Selamat menabung karena langkah tersebut merupakan langkah utama menjadi kaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *