Tabungan BRI Junio
Daftar Tabungan BRI Junio

Syarat Dan Suku Bunga Tabungan BRI Britama Junio

Posted on

Tabungan BRI Junio adalah produk simpanan yang dikeluarkan oleh Bank BRI dan dikhususkan bagi anak-anak sebelum dewasa. Tabungan ini memiliki fasilitas dan fitur yang menarik. Salah satunya ialah dengan setoran awal yang sangat sedikit, namun bisa mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan diri. Selain itu, pembuatannya pun sangat mudah karena tanpa menggunakan NPWP.

Walaupun segmentasinya dikhususkan untuk anak-anak, akan tetapi fasilitas yang diberikan tidak kalah dengan jenis tabungan BRI yang lainnya. Beberapa fasilitas yang diberikan oleh Bank BRI bagi nasabah yang memiliki simpanan tipe Junio ini diantaranya yaitu:

  • Diberi kemudahan dalam melakukan transaksi yang bisa dilakukan pada ribuan Kantor Unit Kerja dan Mesin ATM di seluruh Indonesia.
  • Kartu ATM bisa diakses di seluruh jaringan BRI seperti ATM Bersama, Link, dan Prima.
  • Nasabah akan mendapatkan layanan e-banking (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dll.) secara gratis.
  • Saldo minimal Rp 500.000 akan diberi gratis asuransi kecelakaan diri sebesar 250 % dari saldo terakhir, atau maksimum senilai Rp 150.000.000,-

Selain fasilitas yang disebutkan di atas, juga diberikan fasilitas lain yaitu suatu bentuk rekening perencanaan. Rekening perencanaan ini disebut dengan Tabungan BRI Junio Rencana. Bentuk simpanan yang direncanakan tersebut memiliki periode program tertentu. Hal ini disebabkan karena tabungan junio rencana merupakan sebuah wadah untuk merencanakan suatu cita-cita. Hebatnya lagi, simpanan (tabungan) yang direncanakan ini juga bisa mendapatkan hadiah BRI Junio.

Tabungan BRI Junio

Ada beberapa syarat dan ketentuan membuka tabungan BRI Junio yang harus diperhatikan oleh calon nasabah yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Syarat Membuka Tabungan BRI Junio

Syarat yang harus disiapkan untuk membuka rekening tabungan tipe Junio dibedakan berdasarkan umur nasabah. Nah, ada 2 golongan umur nasabah, pertama umur atau usia di bawah 12 tahun dan yang kedua usia diantara 12 – 17 tahun. Berikut ini syarat membuka rekening Junio berdasarkan umurnya:

Umur di bawah 12 tahun

Kita tahu bahwa calon nasabah usia kurang dari 12 tahun kebanyakan belum memiliki identitas diri berupa KTP maupun Kartu Pelajar. Karenanya ketika akan membuat tabungan BRI tipe junio harus didampingi orang tua yang memiliki rekening BRI BritAma minimal tipe Simpedes. Akan tetapi bagi orang tua yang belum memilikinya, diharapkan agar membuka tabungan BRI Simpedes terlebih dahulu. Apabila sudah, barulah orang tua bisa menjadi wakil atau wali dalam proses membuka tabungan BRI tipe Junio bagi anaknya.

Dokumen yang harus dipersiapkan oleh orang tua atau wali calon nasabah berupa:

  • WNI : E-KTP dan NPWP (jika ada)
  • WNA : Paspor dan Surat KIMS, KITAS, ataupun KITAP
  • Fotocopy Kartu Keluarga atau Surat kelahiran anak (Akta Kelahiran)

Bagi orang tua yang baru akan membuka rekening, biaya setoran awal sebesar Rp 250.000,-.Sedangkan setoran awal pembuatan rekening BRI Junio bagi si Anak sebesar Rp 100.000. Jumlah tersebut adalah nilai minimum, sedangkan maksimalnya tidak dibatasi.

Umur 12 tahun hingga kurang dari 17 tahun

Calon nasabah dengan rentan usia diantara 12 tahun hingga < 17 tahun sudah bisa membuat rekening tanpa harus didampingi orang tua. Sebab pada usia tersebut para calon nasabah telah memiliki identitas diri berupa Kartu Pelajar. Akan tetapi, calon nasabah yang diperbolehkan hanya untuk pelajar tingkat SMP dan SMA (sederajat) saja. Meskipun agak ribet, berikut jenis dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon nasabah:

  • Membawa fotocopy Kartu pelajar dan juga membawa dokumen aslinya.
  • Melampirkan fotocopy E-KTP salah satu orang tua.
  • Melampirkan Surat Pernyataan orang tua yang menyatakan bahwa telah menyetujui permohonan pembukaan rekening dan bertransaksi di BRI.

Biaya setoran awal pembukan rekening bagi calon nasabah dengan usia di atas 12 tahun yaitu sebesar Rp. 150.000,-. Mekipun berbeda dan lebih besar dibandingkan nasabah yang usianya di bawah 12 tahun, namun uang tersebut tetap menjadi milik Anda dan mengendap sebagai saldo rekening. Nah untuk setoran selanjutnya baik itu usia dibawah atau di atas 12 tahun yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu Rp 10.000,-.

Cara Membuka Rekening Tabungan BRI Junio

Seperti halnya membuka rekening BRI yang lainnya, caranya tidaklah jauh berbeda. Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu datang ke kantor unit kerja BRI. Namun kami sarankan untuk memilih cabang BRI yang sesuai dengan alamat yang ada pada KTP dan Kartu pelajar. Tujuannya agar tidak diminta surat tambahan seperti surat keterangan domisili.

Saat pergi ke Kantor cabang BRI, jangan lupa membawa syarat-syarat yang sudah disiapkan sebelumnya. Apabila sudah sampai, segera ambil nomor antrian sebelum didahului oleh nasabah lain. Nomor antian yang diambil ialah nomor yang ada dibagian Customer service (CS). Jangan sampe salah yaa, karena meskipun terlihat sepele namun banyak calon nasabah yang keliru mengambilnya. Sebab jika keliru, nomor yang Anda pegang tidak akan dipanggil oleh CS, melainkan dipanggil oleh teller.

Jika nomor antrian yang diambil sudah benar, tunggulah hingga petugas CS memanggil Anda. Jika kebetulan sedang kosong pasti Anda akan langsung dipanggil. Saat dilayani oleh CS yang bertugas, sampaikan maksud dan tujuan Anda yaitu membuka rekening tabungan BRI Junio. Jangan lupa juga serahkan syarat yang Anda bawa sebelumnya. Selanjutnya Anda akan diberi formulir pendaftaran. Biasanya sih diisi oleh petugas yang ada di depan Anda, jika tidak ya terpaksa diisi sendiri dan isilah yang sekiranya penting saja.

Setelah selesai mengisi formulir dan menyerahkan kepada CS, selanjutnya Anda akan dibuatkan buku rekening beserta kartu debit (ATM). Apabila sudah jadi, Kemudian Anda akan disuruh ke bagian teller untuk memberikan setoran awal. Nah jika sudah tercatat, berarti rekening tabungan BRI Junio Anda sudah siap dipakai sesuai dengan keperluan Anda. Oh iya, jangan lupa minta diaktifkan layanan e-banking di bagian customer service.

Suku Bunga Tabungan BRI Junio

Tingkat suku bunga yang ditanggung oleh nasabah yang memiliki rekening BRI Junio Sama dengan suku bunga BritAma. Bedanya disini adalah biaya administrasi bulanan. Meskipun pembuatannya gratis, bukan berarti tidak semuanya digratiskan. Berikut biaya administrasi bulanan yang dibebankan untuk nasabah.

Minimal Setoran berikutnya Rp 10.000,-
Saldo Minimal yang mengendap Rp 50.000,-
Biaya Administrasi setiap bulan – Bagi usia di bawah 12 tahun = GRATIS
– Bagi usia di atas 12 tahun hingga kurang dari 17 tahun dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-
Biaya Pembuatan Kartu Debit (ATM) – Usia di bawah 12 tahun sebesar Rp 500,-
– Usia di atas 12 tahun hingga kurang dari 17 tahun sebesar Rp 500,-
Biaya Saldo Di Bawah Minimum Rp 10.000,-
Tingkat Suku Bunga Sama seperti suku bunga BritAma
Biaya Penarikan yang dilakukan di Teller Rp 5.000.000 ke bawah dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000
Saldo Minimum di dalam rekening Rp 50.000,
Transfer Antar Cabang Maksimal Rp 300.000.000,- per hari

Sumber : bri.co.id

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BRI Junio

Kesempurnaan hanya milik Tuhan YME. Tapi tidak bagi tabungan BRI Junio yang memiliki banyak sekali kekurangannya dibandingkan dengan kelebihannya. Lebih jelasnya, dibawah ini kami uraikan secara garis besarnya saja.

Kelebihan Tabungan BRI Junio

  1. Nasabah akan diberi buku tabungan dan kartu ATM yang disertai dengan fasilitas layanan e-banking.
  2. Maksimal transaksi antar cabang senilai Rp 300 juta per hari.
  3. Limit tarik tunai sebesar Rp 5.000.000 per hari.
  4. Nasabah diberi asuransi kecelakaan disi sebesar Rp 150.000.000 jika saldo di dalam rekening minimal Rp 500.000,-
  5. Kepemilikan rekening atas nama sendiri (bukan orangtua/wali), meskipun saat proses pembuatannya diwakilkan oleh orangtua/wali.

Kekurangan Tabungan BRI Junio

  1. Kartu ATM yang didapatkan berjenis Private Label, sehingga hanya bisa melakukan transaksi di EDC Milik BRI.
  2. Jika status rekening sedang berada pada kondisi dorman akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,-
  3. Nasabah akan kehilangan rekeningnya jika memasuki status dorman dan tidak ada transaksi selama 542 hari. Kondisi ini disebabkan karena rekening yang Anda miliki sudah close by system secara otomatis.

Demikianlah penjelasan terkait dengan Syarat Dan Suku Bunga Tabungan BRI Britama Junio. Tentu kami tidak lupa juga menyertakan berbagai fasilitas, biaya administrasi, kelebihan, serta kekurangannya. Tujuannya supaya tidak salah pilih memilih jenis tabungan yang sesuai untuk anak Anda. Meskipun banyak masih ada sisi kekurangannya, namun jenis tabungan BRI Junio ini memiliki fitur yang sangat lengkap terutama bagi pelajar. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan bisa menambah wawasan. Jangan lupa sampaikan informasi Kami kepada teman, kerabat, dan saudara disekitar Anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *