Tabel Angsuran KUR BRI
Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI

Tabel Angsuran Pinjaman Dana KUR BRI Terbaru

Posted on

Tabel Angsuran KUR BRI terbaru saat ini sedang banyak dicari oleh sebagian besar usahawan. Hal ini dikarenakan pinjaman dana cepat melalui kredit usaha rakyat sudah menjadi primadona bagi mereka. Bagaimana tidak, dengan persyaratan yang mudah, Anda bisa mendapatkan sejumlah dana tunai. Hebatnya lagi, Pemerintah sudah berhasil menurunkan suku bunga yang tadinya 9 % menjadi maksimal 7 %. Dengan tersebarnya BRI hingga ke pelosok desa, menjadikan Bank tersebut menjadi tempat yang paling banyak diminati.

Pinjaman Dana KUR BRI

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Tabel angsuran KUR BRI, Saya ingin sedikit bercerita terlebih dahulu. Kejadian ini terjadi ketika Saya sedang duduk bersama teman-teman yang ingin mengembangkan usahanya. Mereka membahas mengenai berbagai bentuk pinjaman yang disediakan oleh beberapa lembaga keuangan khususnya Bank. Nah, menanggapi obrolan mereka, Saya pun langsung memberi saran untuk memilih KUR BRI. Meskipun banyak kredit usaha rakyat lainnya seperti KUR Mandiri, BNI, Permata Bank Namun BRI lebih mudah karena lokasinya sudah berada pada setiap kecamatan. Sebelum Saya lanjut bercerita, Apakah Anda tahu definisi KUR BRI?. Jika belum, silahkan Baca di bawah ini.

Apa itu KUR BRI?

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kredit usaha rakyat atau KUR merupakan pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI dan dikhususkan bagi pelaku UMKMK untuk modal usaha maupun kredit investasi. Batas kredit yang bisa diajukan maksimal mencapai Rp 500 Juta. Dengan program yang dibuat oleh Pemerintah tersebut, diharapkan sektor usaha yang dijalani oleh wirausahawan mampu bersaing. Dan yang lebih penting ialah mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Namun bukan berhenti sampai disitu, sebab pinjaman KUR saat ini juga diberikan oleh Bank BRI Syariah selaku anak cabang dari Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN).

Berdasakan pengertian di atas, Saya pun menyarankan pinjaman KUR BRI. Kemudian timbullah pertanyaan mengenai jumlah cicilan yang biasanya terdapat di tabel angsuran KUR BRI yang harus dibayar setiap bulannya. Mau tidak mau Saya memberi jawaban secara rinci. Akan tetapi, sebelum menjawab pertanyaan mereka, Saya memberi tahu bahwa jenis KUR Bank BRI ada 3 macam. Jika Anda belum paham mengenai jenis-jenisnya, saat ini juga bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Jenis – jenis KUR BRI

Ada beberapa jenis KUR BRI yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan usaha yang Anda miliki, yaitu:

1). KUR Mikro

Merupakan produk Kredit Modal Kerja dan/ atau Investasi yang diberikan oleh Bank BRI dengan plafond mulai dari Rp 1 – 25 juta per debitur. Untuk mendapatkan pinjaman KUR Mikro ini, Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan dan juga ketentuan yang dibutuhkan. Syarat dan ketentuan bisa Anda lihat melalui daftar berikut:

Syarat debitur:

  • Nasabah atau perorangan yang memiliki usaha yang produktif dan dinyatakan layak oleh pihak Bank BRI.
  • Usaha yang sedang dijalani sudah beroperasi minimal selama 6 bulan.
  • Nasabah tidak memiliki pinjaman dari Bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.
  • Jenis dokumen yang diperlukan meliputi: Identitas diri asli berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

Syarat Kredit:

  • Jumlah pinjaman yang bisa diajukan maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur.
  • Untuk jenis kredit modal kerja (KMK), tenor pinjaman yang diberikan maksimal 3 tahun, namun berbeda untuk biaya krediy investasi yang diberi tenor maksimal selama 5 tahun.
  • Bunga efektif yang diberikan kepada setiap nasabah sebesar 7% per tahun atau setara dengan 0,41% flat per bulan.
  • Gratis biaya provisi dan administrasi.
2). KUR Ritel

Merupakan yang diberikan oleh Bank BRI untuk modal usaha (kerja) dan/ atau Investasi. Syaratnya tidak berbeda dengan KUR kecil, yaitu calon debitur wajib memiliki usaha produktif dan layak. Untuk jumlah dana yang disediakan > Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur. Anda bisa mengajukan pinjaman KUR Ritel Bank BRI ini dengan melengkapi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Syarat debitur:

  • Nasabah memiliki usaha produktif dan layak seperti halnya nasabah yang mengajukan KUR Mikro.
  • Tidak ada tanggungan kredit dari perbankan kecuali untuk yang sifatnya konsumtif, misalnya KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.
  • Memiliki usaha yang sudah dijalani secara aktif minimal selama 6 bulan.
  • Melampirkan dokumen berupa Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan. Anda bisa mendapatkannya melalui persetujuan kepala desa setempat.

Syarat Kredit:

  • Jumlah kredit yang bisa diajukan mulai dari > Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta.
  • Apabila Anda memilih jenis kredit ntuk modal kerja (KMK), akan diberi tenor pelunasan selama 4 tahun. Namun jika kredit digunakan sebagai investasi (KI), maka tenor pelunasan yang diberikan kepada nasabah selama 5 tahun.
  • Tingkat suku bunga yang diberikan kepada setiap nasabah sama seperti KUR Mikro Bank BRI, yaitu sebesar 7% efektif per tahun
  • Gratis biaya provisi dan administrasi
  • Adanya Agunan untuk dijadikan sebagai jaminan sesuai dengan ketentuan bank
3). KUR TKI

Merupakan pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI guna membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan mencapai Rp 25 juta. Karena mirip seperti KUR Mikro, maka syarat dan ketentuannya pun sama. Hanya saja, yang menjadikan perbedaan disini adalah sebagai berkut:

Syarat Debitur:

  • Nasabah adalah calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Persyaratan dokumen yang wajib untuk dilengkapi, meliputi:
    a. Fotokopi E-KTP Asli yang masih berlaku, serta melampirkan Kartu Keluarga
    b. Fotokopi kontrak kerja dengan pengguna jasa
    c. Surat Perjanjian penempatan
    d. Fotokopi Passpor
    e. Fotokopi Visa

Syarat Kredit:

  • Tenor pelunasan maksimal 3 (tiga) tahun atau disesuaikan dengan kontrak kerja
  • Penempatan TKI yang mengajukan pinjaman yaitu ditempatkan di Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Setelah Saya memberikan penjelasan mengenai jenis KUR BRI di atas, teman-teman saya pun hanya bisa mengangguk seolah memberi respon bahwa mereka tertarik pada salah satu jenis yang disebutkan. Disela-sela keheningan, kami nyruput kopi bersama-sama. Tidak lama kemudian, ada salah satu yang bertanya kembali Bagaimana caranya supaya mengetahui jumlah cicilan perbulan?. Supaya lebih jelas, Saya berikan brosur yang kebetulan Saya dapat dari unit terdekat. Di dalam brosur tersebut terdapat rincian secara detail mulai dari Tabel KUR BRI, suku bunga hingga lainnya. Berikut penampakan tabel yang ada di dalam brosur tersebut.

Tabel Angsuran KUR BRI

Informasi mengenai tabel angsuran kur bri terbaru tahun ini Saya ambil dari kantor BRI unit Suppa cabang Pare-pare. Pinjaman KUR BRI yang disediakan pada kantor unit tersebut menyediakan plafon mulai dari Rp 1 Juta, Rp 25 Juta, Rp 50 Juta, Rp 100 Juta, hingga Rp 500 Juta. Sedangkan untuk suku bunga yang ditawarkan ada 2 jenis, diantaranya 0,3%/ bulan untuk pengajuan maksimal Rp 25 Juta, dan 4 % untuk pinjaman Rp 100 Juta ke atas. Pembagian tersebut disebabkan karena untuk pinjaman di atas Rp 100 Juta termasuk ke dalam KUR Ritel yang proses pengajuannya memerlukan jaminan.

Tabel Angsuran KUR BRI
Contoh Tabel Angsuran KUR Mikro dan TKI BRI
Tabel Angsuran KUR BRI
Contoh Tabel Angsuran KUR Ritel BRI

Untuk mengetahui tabel angsuran KUR BRI terbaru tahun ini, Anda bisa mengunjungi kantor unit yang berada di daerah Anda masing-masing. Sebab, jumlah cicilan bergantung pada suku bunga yang ditetapkan. Sedangkan suku bunga ditentukan berdasarkan pendapatan atau UMK/R pada masing-masing daerah. oleh sebab itu, ada kemungkinan ada perbedaan pada setiap daerah yang berada di Indonesia.

Bagaimana Cara Mengajukan KUR BRI?

Tanpa ditanya oleh teman-teman yang sedang asik ngobrol bareng, Saya berniat memberikan pertanyaan untuk mereka yang kemudian terpaksa saya jawab sendiri. Memang terlihat aneh, namun Saya membritahu Anda juga mengenai proses mengajukan KUR BRI. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Nasabah datang ke kantor unit atau cabang terdekat
  2. Sesampainya di lokasi, Anda bisa langsung mengambil nomor antrian pada bagian Customer service (CS).
  3. Jika Anda dipanggil oleh CS, serahkan persyaratan yang sudah dibawa sesuai dengan jenis KUR yang Anda pilih.
  4. Apabila Anda memilih jenis KUR BRI dengan jaminan BPKB, Sertifikat rumah atau tanah sertakan bersamaan dengan syarat persyaratan tersebut.
  5. Setelah menyerahkan berbagai syarat yang dibutuhkan, Anda akan diminta untuk melengkapi formulir pengajuan. Isilah selengkap mungkin.
  6. Biasanya pihak Bank akan melakukan survey ke tempat usaha Anda. Untuk itu, diperlukan selama 14 hari kerja sebelum pencairan.
  7. Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan proses pengajuan menjadi lama. Pertama karena memang ditolak, yang kedua karena banyak debitur yang mengajukan pinjaman yang sama dengan Anda. Untuk itu, bersabarlah dalam mengantri dengan nasabah lain.
  8. Jika pengajuan pinjaman KUR BRI diterima, Anda akan diminta datang ke kantor BRI untuk melakukan penandatanganan perjanjian kredit.
  9. Proses pencairan dana KUR BRI cepat dalam 30 menit melalui rekening debitur.

Apa Saja Keunggulan KUR BRI Dibandingkan Dengan Produk pinjaman Bank BRI Lainnya?

Dengan memilih KUR melalui BRI, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas atau keunggulan yang terdapat di dalamnya. Secara umum, Keunggulan KUR BRI yang dimaksud meliputi:

  • Gratis biaya provisi dan administrasi.
  • Tingkat suku bunga maksimal yang diberikan hanya berkisar 7% per tahun.
  • Syarat mengajukan sangat mudah.
  • Proses dan pencairan pinjaman dana cepat cair

Untuk memperoleh informasi mengenai tabel angsuran KUR BRI terbaru tahun ini secara detail memang hanya bisa melalui kantor unit atau cabang terdekat. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk sekedar datang untu menanyakan kepada pegawai yang sedang bertugas. Disamping itu, Anda juga bisa mengambil brosur yang memang disediakan secara gratis bagi para pengunjung. Itu saja yang bisa Kami sampaikan dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *