Tabungan Haji Mandiri Syariah

Syarat Membuka Tabungan Haji Dan Umroh Mandiri Syariah

Posted on

Tabungan Haji Mandiri Syariah atau sering disebut dengan tabungan mabrur merupakan fasilitas yang disediakan untuk membantu nasabah maupun calon nasabah yang hendak melaksanakan ibadah haji dan/atau umroh. Melalui tabungan ini, Anda tidak perlu khawatir karena sistemnya sudah terjaga secara aman dan terjamin. Hal ini menjadi hal yang sangat penting karena untuk bisa manunaikan syarat rukum Islam yang ke 5 memerlukan waktu Lama. Setidaknya, Anda harus menunggu selama 15 tahun baru bisa berangkat ke tanah suci.

Tabungan Mabrur memberikan berbagai fasilitas dan manfaat yang menguntungkan bagi Anda. Misalnya, Anda bisa membuka rekening tabungan haji ini diseluruh outlet BSM baik secara online maupun offline, serta melalui jaringan LSB bank Mandiri. Uniknya, Pendaftaran tabungan haji mabrur mandiri syariah yang dilakukan secara online sudah terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT). Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh porsi haji sesuai dengan peraturan Kementrian Agama.

Tabungan Haji Mandiri Syariah

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan fasilitas atau fitur serta manfaat dari tabungan haji Mandiri Syariah. Lebih jelasnya bisa Anda simak pada daftar di bawah ini:

Fasilitas atau fitur tabungan Mabrur Mandiri Syariah:

  • Ikatan perjanjian antara lembaga (Bank Mandiri) dengan nasabah menggunakan akad mudharabah muthlaqah.
  • Tabungan haji bank mandiri syariah bisa dicairkan hanya untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH).
  • Setoran awal pembukaan rekening haji minimal sebesar Rp. 100.000,- dan untuk setoran selanjutnya ditetapkan minimal sebesar Rp. 100.000,-.
  • Saldo minimal pendaftaran ke dalam SISKOHAT adalah Rp. 25.100.000, atau disesuaikan berdasarkan ketentuan dari Kementerian Agama.
  • Nasabah yang menutup dengan alasan pembatalan tabungan haji dikenakan biaya denda senilai Rp. 25.000.

Manfaat dari tabungan mabrur mandiri syariah:

  • Sistem tabungan haji yang ditawarkan oleh Bank Mandiri syariah terbilang Aman dan terjamin.
  • Pendaftaran secara online dan sudah langsung terhubung dengan SISKOHAT Kementerian Agama.

Ingat!, dengan adanya tabungan haji ini, menunaikkan ibadah haji atau umroh bukan lagi sebatas impian saja. Aebab Anda bisa mewujudkan angan-angan pergi haji dengan cara menyisihkan pendapatan dari hasil usaha atau kerja. Jika tidak direncanakan sejak dini dengan cara menabung, mungkin Anda tidak akan pernah bisa berkunjung ke tanah suci.

Berapa Lama Daftar Tunggu Haji Reguler Dan ONH Plus?

Sebagai calon jamaah haji atau umroh, ada baiknya untuk mengetahui lama tunggu keberangkatan haji atau umroh. Tujunya supaya ketika Anda membuka tabungan haji mandiri syariah Anda tidak terlalu bosan karna saking lama menunggu, apalagi bagi Anda yang sudah dalam masa usia lanjut. Jika merasa masih sehat, tapi siapa tahu di masa yang akan datang?. Sebab, ada 3 hal yang tidak bisa diprediksi oleh manusia, yaitu kematian, kelahiran, dan rejeki seseorang.

Lama daftar tunggu haji reguler

Lama daftar tunggu haji reguler diatur ketat oleh kementrian agama yang ada pada masing-masing daerah setempat. Sebagai contoh di daerah Jawa Timur memiliki aturan yang memberlakukan porsi haji per tahun diberikan untuk Kabupaten masing-masing. Bukan berdasarkan kuota provinsi loh ya. Misalnya, Anda mendaftar di Kota Surabaya, disaat yang bersamaan ada teman Anda yang daftar di kota Banyuwangi. Maka waktu pemberangkatannya akan berbeda, dan berlaku untuk seluruh Indonesia. Menurut informasi yang Kamiperoleh, saat ini di daerah Bekasi memerlukan waktu paling sedikit yaitu 17 tahun baru diberangkatkan ke tanah suci.

Nah, pada massing-masing daftar calon jamaah haji atau umroh setiap daerah biasanya dibentuk kelompok yang terdiri dari 11 orang. Tiap kelompok memiliki ketua yang bertugas mengkoordinir setiap nasabah yang ada di dalamnya. Jika Anda masih merasa kurang paham apa saja yang diperlukan, Anda bisa menanyakan langsung pada ketua Anda sendiri. Ibadah haji semakin mudah dan gampang, bukan?.

Lama daftar tunggu haji ONH Plus

Bagi Anda yang mendaftar Haji ONH Plus sekarang, akan diberi waktu lama daftar tunggu sekitar 7 tahun. Akan tetapi keputusan tersebut bisa berubah-ubah yang disebabkan beberapa faktor. Terkadang, faktor yang mempengaruhi berasal dari internal maupun eksternak. Contohnya terdapat regulasi kemenag maupun dari kemenrian Arab Saudi. Mengatasi hal seperti ini tidak mudah. Anda harus jeli terhadap semua bentuk penawaran promo yang mengatasnakaman travel ONH Haji Plus dengan waktu antrian 3 tahun, padahal mereka penipuan. Nah, perlu diketahui bahwa saat ini calon jamaah yang mendaftar sekarang paling tidak harus menunggu selama >6 tahun.

Baca Juga: 12 Jenis Tabungan BRI 2018 yang Punya Banyak Keuntungan Berlipat

Syarat Membuka Tabungan Haji Mandiri Syariah

Ada 2 Syarat buka tabungan haji mandiri syariah atau tabungan mabrur yang wajib Anda penuhi, yaitu:

1). Identitas Calon Jamaah

Persyaratan membuka tabungan haji atau umroh di bank mandiri syariah yang paling penting adalah identitas diri. Dengan identitas tersebut ini, maka tabungan yang sudah berhasil Anda kumpulkan tidak akan bisa tertukar. Selain tepat sasaran, alasan lainnya agar Anda cepat memperoleh tabungan haji yang Anda ajukan. Identitas yang mesti Anda persiapkan meliputi E-KTP, Pasport, atau bisa dengan menggunakan SIM.

2). Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Syarat yang ke dua yaitu Anda wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Namun berbeda apabila Anda membuka jenis tabungan yang lain misalnya tabunganku mandiri, yang tidak harus memerlukan NPWP.

Selain dari kedua syarat tersebut di atas, sebenernya ada syarat yang sangat dibutuhkan. Seperti halnya produk tabungan pada umumnya bahwa harus ada saldo minimal mengendap dalam rekening tabungan haji. Mengenai hal ini, Anda cukup membawa uang sebagai setoran awal pembukaan rekening tabungan haji sebesar Rp 100 ribu saja.

Nah, jangan lupa juga membawa materai untuk jaga-jaga jika dibutuhkan setiap saat. Sebab pihak Bank tidak menyediakan materai. Jika sudah siap semuanya, Anda hanya perlu datang ke Bank mandiri syariah terdekat utuk keperluan membuka rekening tabungan haji mabrur.

Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan Haji Mandiri Syariah

Setiap produk yang dikeluarkan Bank tentu ada sisi kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali tabungan mabrur yang ditawarkan oleh Mandiri Syariah. Terlebih sistem simulasi tabungan haji mandiri syariah ini menggunakan prinsip Mudharabah Mutlaqah. Supaya lebih jelas, langsung saja Anda cermati pada uraian yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Kelebihan Tabungan Mabrur
  • Tersedia dalam Kurs Rupiah
  • Tersedia bagi umat Islam (perorangan) dengan batas usia minimal/di atas 17 tahun dan berminat menunaikan ibadah Haji dan Umrah.
  • Tabungan ibadah haji dan umroh bisa dicetak diseluruh cabang BSM
  • Tabungan haji bisa diserahkan kepada ahli waris yang sah menurut hukum atau kepada pihak lain yang ditunjuk sesuai hukum.
  • Nasabah yang membatalkan diri sebelum terdaftar di dalam SISKOHAT akan diatur sesuai dengan ketentuan Bank.
  • Gratis biaya pemberitahuan melalui sms secara singkat jika saldo sudah mencapai Rp 25.100.000,-
  • Penarikan dana tabungan haji mabrur bisa dilakukan di seluruh cabang Bank atau cabang LSB Bank Mandiri dimana Nasabah membuka rekening yabungan haji.
  • Jika saldo melebihi batas yang sudah ditetapkan, nasabah dapat meneruskan atau menutup atau memindahbukukan tabungan mabrur.
Kekurangan Tabungan Mabrur
  • Tidak memperoleh ATM dan Autodebet
  • Jika terdapat perbedaan saldo antara buku tabungan haji mandiri syariah yang dimiliki oleh nasabah dengan yang ada di dalam pembukuan Bank, maka yang digunakan adalah saldo yang ada di dalam pembukuan Bank.
  • Nasabah baru bisa mendaftarkan diri ke dalam SISKOHAT apabila saldo rekening sudah cukup, yaitu minimal Rp 25.100.000,-
  • Saldo tabungan haji tidak bisa ditarik atau dicairkan kecuali dalam kondisi darurat dengan cara menunjukkan slip penarikan tabungan disertai dengan surat pernyataan penarikan tunai tabungan hani mandiri syariah.
  • Penarikan ataupun pemindahbukuan hanya bisa dilakukan dengan melampirkan surat kuasa dari nasabah. Selain itu juga harus disertai bukti pemilik dan penerima kuasa serta harus membawa nuku tabungan haji mabrur.
  • Dikenakan biaya administrasi penutupan rekening sebesar Rp 25.000 atau sesuai dengan ketentuan Bank

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tabungan haji mandiri syariah yang bisa Kami sampaikan. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Anda yang akan dan sudah siap menunaikan ibadah haji atau umroh. Mengingat lama tunggu keberangkatan ibadah haji sangat lama, Kami sarankan agar segera membuka rekening tabungan haji segera mungkin. Jika bisa dilakukan mulai dari sekarang, kenapa tidak?. Mudah-mudahan apa yang menjadi niat bisa menjadikan ibadah haji Anda menjadi Mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *