Syarat Dan Tabel Pinjaman Bank BRI Untuk PNS Dan Karyawan

Posted on

Tabel pinjaman bank BRI untuk PNS – Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian dari sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi bagi mereka yang hidup di pedesaan serta lulusan baru dari perguruan tinggi. Mengapa tidak?, dengan gaji yang aman serta tunjangan yang berlimpah menjadikan PNS mudah mendapatkan kredit pinjaman Bank. Salah satu yang menjadikan tingginya tingkat kepercayaan kepada PNS ialah mereka (lembaga keuangan) bersedia memberikan Pinjaman Bank BRI dengan jaminan SK pengangkatan PNS. Karena SK pengangkatan tersebut memiliki nilai setara dengan surat berharga seperti sertifikat tanah/bangunan maupun BPKB kendaraan bermotor. Akan tetapi menjadi seorang PNS memerlukan proses yang sangat sulit. Berdasarkan pengalaman pribadi, untuk menjadi seorang PNS harus melalui pengabdian yang panjang. Disamping itu juga harus mengikuti ujian seleksi yang begitu ketat bersaing dengan jutaan orang. Oleh sebab itulah SK PNS memiliki taksiran nilai yang sangat penting.

Ada berbagai jenis pinjaman BRI yang ditawarkan mulai dari BRIGuna hingga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kedua jenis pinjaman tersebut tentu memiliki perbedaan yakni untuk Dana KUR BRI diberi subsidi suku bunga dari pemerintah. Sedangkan untuk persamaannya adalah sama saja bisa digunakan untuk keperluan produktif maupun konsumtif, misalnya renovasi rumah, biaya pendidikan dan pengobatan, modal usaha, dan sebagainya.

Pinjaman Bank BRI Untuk PNS Dan Karyawan

Mencari pinjaman Bank BRI untuk PNS pilihan yang paling tepat adalah BRIGuna. Sebab pada produk pinjaman atau kredit BRIGuna terbagi menjadi 2, yairu BRIGuna Karya dan BRIGuna Purna. BRIGuna Karya diberikan kepada PNS yang masih aktif, sedangkan BRIGuna Purna diberikan untuk yang sudah pensiun. Namun Anda tak perlu khawatir karena khusus BRIGuna tidak semerta-merta diberikan kepada PNS saja. Sebab bagi yang berstatus sebagai karyawan swasta pun bisa mendapatkan pinjaman Bank BRI melalui produk BRIGuna. Nah, karyawan swasta bisa mendapatkan pinjaman dengan jaminan SK pengangkatan sebagai pegawai tetap perusahaan disertai dengan slip gaji perbulan.

Khusus BRIguna, tidak hanya dari PNS, karyawan swasta pun bisa mengajukan pinjaman lewat BRIguna. Karyawan swasta bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan SK pengangkatan pegawai tetap perusahaan dengan slip gaji yang didapatkan perbulan. Kendati demikian, agar bisa menikmati kemudahan pinjaman harus ada persyaratan berupa MOU dari instansi terkait. Nah, produk pinjaman ini biasanya disebut dengan KTA BRI Payroll.

Syarat Dan Tabel Pinjaman Bank BRI Untuk PNS dan Karyawan

Jumlah pinjaman yang ditawarkan dan yang bisa dicairkan oleh Bank BRI akan disesuaikan dengan besar gaji perbulan. Biasanya, besaran plafond maksimal sebesar 60% dari Gaji dengan kalkulasi waktu selama 10 tahun. Misalnya seorang PNS memiliki gaji sebanyak 4 juta. Maka orang tersebut akan mendapakan pinjaman sebesar Rp 288 Juta menggunakan perhitungan 60% x (4 juta x 12 x 10). Nah bagi Anda yang tertarik mengajukan kredit, ada baiknya untuk mengetahui syarat dan tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS maupun karyawan swasta.

Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk PNS dan Karyawan

Proses mengajukan pinjaman di Bank BRI selain menyertakan SK baik PNS maupun karyawan, juga harus melengkapi berbagai persyaratan berikut ini:
  • PhotoCopy identitas diri berupa SIM, KTP atau Paspor.
  • PhotoCopy Kartu Keluarga.
  • Memiliki batas usia antara 21 – 65 tahun.
  • Melampirkan PhotoCopy NPWP.
  • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan.
  • PhotoCopy Rekening Tabungan / giro selama 3 bulan terakhir.

Jika semua persyaratan di atas sudah lengkap, Anda tinggal mencari tempat pinjaman di Bank BRI guna melakukan permohonan pinjaman. Nah bagi yang berprofesi sebagai PNS dan atau karyawan swasta, biasanya akan mudah dan cepat. Namun tidak sedikit yang membutuhkan waktu lama karena pinjaman ini cukup diminati. Oleh karena itu harap bersabar.

Tabel Pinjaman Bank BRI Untuk PNS dan Karyawan

Membahas mengenai tabel pinjaman BRI, terlebih dahulu Anda harus menentukan jenis pinjaman atau kredit yang ditawarkan. Sebab selain BRIGuna, ada juga Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI. Oleh karena yang sedang kita gali adalah informasi tabel pinjaman bank BRI untuk PNS dan karyawan, maka berikut adalah tabel pinjaman BRIGuna sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya:

Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS Dan Karyawan Swasta

Tabel di atas hanyalah sebuah simulasi perhitungan angsuran atau cicilan bulanan BRIGuna pinjaman BRI. Untuk mendapatkan perhitungan asli, silahkan kunjungi kantor cabang BRI terdekat atau melalui brosur pinjaman BRI yang disediakan oleh pihak marketing. Sebagaimana yang terlihat di dalam tabel bahwa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 5 Juta hingga Rp 25 Juta. Akan tetapi tidak menutup kemugkinan Anda bisa memohon hingga Rp 500 Juta. Karena bagi debitur atau pinjaman pertama memang belum bisa dipercaya sepenuhnya. Untuk tenor atau jangka waktu pelunasan bervariasi, yaitu dari 1 tahun, 3 tahun,bahkan 5 tahun tergantung peraturan pinjaman BRI terbaru.

Demikianlah pembahasan mengenai syarat dan tabel pinjaman Bank BRI untuk PNS dan karyawan swasta yang bisa Kmi sampaikan. Semoga informasi yang Kami berikan ini bisa membantu dan menambah wawasan sebelum mengajukan sebuah kredit. Apabila bermanfaat, silahkan beritahukan kepada orang yang ada disekitar Anda. Terimakasih atas waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *