kpr bri

Syarat, Tabel Angsuran, Dan Suku Bunga Pinjaman KPR BRI

Posted on

Bank BRI didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Sejak awal keberadaan Bank tersebut ternyata memberikan respon positif dikalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena mereka mengeluarkan produk keuangan baik berupa simpanan maupun pinjaman. Salah satu yang paling diinginkan dan diminati sebagian besar masyarakat hingga sekarang ialah kredit Pemilikan rumah atau disebut dengan KPR BRI.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan manusia melingkupi 3 aspek penting untuk menunjang keberlangsungan hidup, yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tenpat tinggal). Nah, dari ketiga aspek tersebut, jika dilihat secara jangka pendek yang paling memakan banyak biaya tentu adalah aspek papan (tempat tinggal). Namun demikian penggunaannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun. Disamping itu harga sewa maupun jualnya juga semakin naik seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena keterbatasan lahan yang semakin habis digunakan sebagai lahan pembangunan properti.

KPR bank BRI merupakan pinjaman yang digunakan untuk membeli rumah maupun kebutuhan konsumtif lainnya dengan menggunakan jaminan/ agunan rumah. Tapi, meskipun penggunaannya hampir sama, KPR memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan kredit konstruksi dan renovasi. Secara garis besar, di Bank BRI terdapat 2 jenis Kredit Pemilikan Rumah, yaitu KPR BRI dan KPRS BRI. Perbedaannya jika Anda memilih KPR, Anda bisa memiliki rumah sesuai dengan keinginan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan KPRS pun bisa memilih tipe rumah idaman, hanya saja sudah di subsidi oleh pemerintah. Sebab, segmentasi daripada KPRS ialah bagi nasabah dan/atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan gaji pokok/penghasilan rata-rata ≤ Rp 4 juta

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) BRI

Sebelum Anda berkeinginan mengajukan pinjaman KPR BRI, Kreditour akan memberikan sedikit penjelasan kepada Anda agar tidak menyesal dikemudian hari. Penting diketahui karena pinjaman ini memakan waktu yang cukup lama hingga mencapai 15 tahun bahkan 20 tahun lamanya. Sementara itu suku bunga yang ditetapkan pun sangat bervariasi tergantung tenor yang diambil. Nah, supaya lebih jelas, langsung saja simak uraiannya di bawah ini mengenai mulai dari syarat, hingga tabel pinjaman KPR bank BRI. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada berbagai kelebihan Pinjaman KPR BRI yang bisa Anda rasakan antara lain:

  • Pengajuan pinjaman diproses secara mudah dan cepat.
  • Biaya pengajuan yang ringan dengan berbagai pilihan tingkat suku bunga pinjaman KPR.
  • Jangka waktu/ tenor pinjaman yag sangat lama, yaitu mencapai 20 tahun.
  • Down Payment (DP) atau uang muka minimal 10%.
  • Berlaku untuk pembiayaan rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan.
  • Dapat digunakan untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/ take over top up dari bank lain.
  • Pembayaran angsuran dapat dilakukan dengan Automatic Fund Transfer (AFT)/Automatic Grab Fund (AGF).
  • Nasabah akan diberi sebuah Asuransi jiwa Kredit serta asuransi kerugian/ kebakaran.
  • Untuk KPR bersubsidi, harga jual rumah sesuai dengan yang disyaratkan oleh Kemenpupera dan kondisi rumah siap huni (dilengkapi dengan PDAM, Listrik, Jalan, Drainase).

Syarat KPR BRI

Anda bisa mendapatkan pinjaman kepemilikan Rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan dengan cara melengkapi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Pinjaman ini berlaku untuk pembelian dalam bentuk yang masih baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain. Apabila Anda lebih memilih jenis KPR di Bank BRI yang bersubsidi, maka yang harus menjadi catatan ialah diperuntukkan bagi yang menginginkan rumah pertama/belum memiliki rumah, Belum pernah menerima subsidi perumahan. Jika sudah memperolehnya, rumah tersebut harus dihuni oleh pemohon pinjaman, Tidak boleh disewakan/dikontrakan/dijual selama 5 tahun pertama. Baiklah langsung saja ini dia syarat mengajukan KPR BRI yang harus Anda siapkan.

  1. Nasabah diwajibkan memiliki rekening Britama BRI terlebih dahulu
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Menyertakan beberapa dokumen, antara lain: Fotocopy KTP, KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji, dll.
  4. Mengajukan permohonan sesuai dengan domisili/ lokasi bekerja/ usaha/ praktek pemohon di kota dimana Kantor Cabang berada.
  5. Mengisi formulir aplikasi pinjaman KPR BRI

Jika sudah merasa lengkap, cara mengajukan pinjaman KPR BRI cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI dengan membawa persyaratan di atas. Sesampainya di tempat tujuan, Anda bisa langsung mengantri di bagian Customer Service (CS) yang sedang bertugas. Ketika sudah dipanggil, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa akan membuka pinjaman KPR BRI. Nantinya, CS akan memberikan beberapa hal penting terkait mengenai pinjaman tersebut. Yang penting pada saat disini ialah nasabah diharuskan memberi sebuah DP KPR BRI (Down Payment) Minimal sebesal 10%.

Tabel Angsuran pinjaman KPR BRI

Agar lebih mudah, Informasi mengenai simulasi biaya bulanan yang ditanggung oleh setiap nasabah dalam melakukan pembayaran pinjaman KPR BRI dapat diihat pada tabel angsuran. KPR BRI memiliki besaran cicilan yang berbeda tergantung dari jumlah yang diambil dan jangka waktu pembayaran angsuran yang sudah dipilih. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui besaran jumlah angsuran bulanan yang harus dibayarkan.

tabel angsuran pinjaman KPR BRI
tabel simulasi angsuran pinjaman KPR BRI Terbaru

Tabel angsuran di atas tidak jauh berbeda dengan Simulasi KPR BRI Syariah. Sebab jika dilihat dari struktur berdirinya, BRI merupakan Bank milik pemerintah atau BUMN dan BRI itu sendiri telah membentuk anak cabang dengan nama Syariah dengan sistem yang lebih mengandung unsur religius.

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa plafon Rp 50 juta dengan masa pinjaman 15 tahun, Anda diharuskan membayar angsuran bulanan sebesar Rp 501.202. Berbeda dengan plafon mencapai Rp 100 Juta, Anda diharuskan membayar angsuran bulanan lebih dari 1 juta rupiah.

Catatan: Tabel di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Bank BRI selaku pemberi pinjaman KPR. Oleh karena itu, Simulasi ini bisa Anda jadikan sebagai referensi, namun tetap harus mencari tahu informasi tabel angsuran KPR terbaru di kantor cabang BRI. Jika memang sudah mantap, alangkah baiknya sambil melakukan permohoan sekaligus supaya tidak mondarmandir.

Suku Bunga Pinjaman KPR BRI

Berdasarkan data besaran angka minimal suku bunga yang sudah ditetapkan oleh Otoritas jasa keuangan (OJK), Bank BRI dalam bentuk pinjaman KPR sebesar 9,98%, sedangkan non KPR sebesar 12,50%. Akan tetapi angka tersebut masih bisa diubah sesuai keadaan masyarakat khususnya di Indonesia. Tujuannya, tentu agar tidak memberatkan nasabah yang ingin memiliki rumah impian, namun pihak pengelola pun tidak mengalami kerugian. Berikut adalah suku bunga yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan finansial bulanan Anda.

Jenis Pinjaman KPR Suku Bunga
Tenor / Jangka Waktu
1 th 2 th 3 th 4 th 5 th 10 th
Reguler 8.00 % 8.45 % 8.75 % 8.75 % 9.25 %
Payroll 7.90 % 8.25 % 8.50 % 8.50 % 8.75 % 11.99 %

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang dikeluarkan oleh OJK digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan oleh bank untuk nasabahnya. Tapi perlu diketahui bahwa SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko terhadap masing-masing debitur atau kelompok debitur.

Penting untuk dipahami bahwa setelah jangka waktu fixed rate berakhir, suku bunga yang Anda pilih merupakan suku bunga floating rate. Untuk perincian bunga kredit di atas hanya sebuah simulasi/ estimasi biaya karena perhitungan tersebut masih belum termasuk biaya lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai syarat, tabel angsuran, dan suku bunga pinjaman KPR BRI. Semoga bisa menambah wawasan dan dapat dijadikan referensi bagi Anda. Kami ekomendasikan untuk informasi terbaru, Anda bisa langsung mengunjungi kantor cabang BRI atau bisa juga melalui brosur KPR bank BRI. Namun jika sedang berhalangan atau belum ada waktu, bisa juga menghubungi call centre BRI di 14017 / 1500017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *