Tabel Angsuran KUR BRI
Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Posted on

KUR BRI menjadi salah satu produk pinjaman yang ditunggu-tuggu oleh sebagian banyak wiraswasta dalam memenuhi kebutuhan modal usahanya. Karena produk ini merupakan program pemerintah, maka fasilitas suku bunga yang diberikan lebih rendah dibandingkan yang lainnya. Disamping bunganya yang kecil, syarat pengajuannya pun bisa dilakukan tanpa menggunakan jaminan atau agunan (tergantung jumlah yang diajukan).

Banyak sekali lembaga keuangan yang menyediakan produk KUR khususnya perbankan, misalnya Bank BNI, Mandiri, BCA, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi, KUR yang diperkenalkan oleh BRI-lah yang sudah sangat menjamur ditelinga masyarakat. Hal ini dikarenakan penyebaran kantor cabang BRI yang sangat merata mulai dari desa maupun ditengah kota. Sebab itulah proses pengajuan pinjaman KUR bank BRI sangat mudah dan cepat.

Apa Yang Dimaksud Kredit Usaha Rakyat?

Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disebut dengan KUR merupakan pinjaman yang dijadikan sebagai modal kerja maupun investasi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). Kategori UMKMK  yang berhak memperoleh KUR ialah jenis usaha yang dinyatakan layak dan produktif.

KUR BRI

Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI yang akan Kami bahas kali ini merupakan Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan batas atas kredit hingga Rp 500 juta. Oleh sebab itu, dengan batas kredit tersebut, Anda bisa mengajukan KUR BRI 50 Juta, 100 Juta, namun harus disesuaikan dengan kemampuan kredit Anda. Manfaat pinjaman uang ini bisa untuk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi. Akan tetapi usaha yang Anda miliki termasuk bisnis yang produktif, yang akan mendapat jaminan dari Perusahaan Penjamin.

Jenis-jenis KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh Bank BRI meliputi 3 Jenis, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. Masing-masing jenis tersebut dibedakan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan keuangan Nasabah. Supaya lebih jelas silahkan Anda simak penjelasan di bawah ini:

1. KUR Mikro Bank BRI

Jenis Kredit Usaha Rakyat yang satu ini adalah pinjaman yang diberikan kepada perorangan tanpa harus menggunakan jaminan. Pinjaman ditujukan kepada nasabah perorangan yang memiliki usaha yang layak dan bisa dibilang produktif. Sedangkan untuk lama usaha yang sedang dijalani sudah beroperasi minimal selama 6 bulan. Jadi untuk Anda yang belum memenuhi kriteria tersebut, belum bisa menerima pinjaman KUR Mikro Bank BRI.

Dikalangan masyarakat, pinjaman ini lebih dikenal dengan sebutan KUR BRI Tanpa agunan. Anda bisa mendapatkan pinjaman ini untuk Modal Kerja dan/atau Investasi. Jumlah kredit yang ditawarkan mencapai Rp 25 juta per debitur. Sedangkan jangka waktu atau tenor yang diberikan dapat disesuaikan dengan jenis kredit yang diajukan. Apabila  nasabah memilih kredit modal kerja (KMK), maksimal tenor yang diberikan selama 3 tahun. Namun jika yang dipilih adalah kredit investasi (KI), maka tenor yang diberikan maksimal selama 5 tahun.

2. KUR Ritel Bank BRI

KUR Ritel Bank BRI hampir sama seperti KUR Mikro. Anda bisa memperoleh pinjaman ini selama 4-5 tahun tergantung jenis kredit yang dipilih. Disamping itu, nasabrah juga memiliki tempat usaha yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan dan dinyatakan layak serta produktif. Namun jika dibandingkan dengan jenis KUR di atas, tipe Ritel memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Artinya, nasabah harus mempunyai Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya.

Disamping harus memiliki surat ijin usaha, jumlah pinjaman yang bisa dibawa pulang oleh nasabah sebesar > Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur. Dari jumlah pinjaman tersebut, nasabah wajib menyertakan jaminan atau agunan sesuai dengan ketentuan pihak Bank. Sedangkan untuk suku bunga efektif per tahun sebesar 7% atau setara dengan 0.41% flat per bulan.

3. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI Bank BRI ditujukan bagi nasabah perorangan guna membiayai keberangkatan calon TKI dengan tujuan ke negara penempatan meliputi Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Jumlah pinjaman yang ditawarkan maksimal mencapai Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan untuk tingkat suku bunga efektif mencapai 7% per tahun, dan tenor pinjaman maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja.

Apabila sudah memahami beberapa Jenis KUR yang ditawarkan oleh Bank BRI, selanjutnya Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jika sudah memilih dan merasa yakin dengan keputusan yang duambil, selanjutnya Anda bisa mengajukan pinjaman melalui KUR BRI. Akan tetapi sebelum melakukan proses pinjam uang di Bank BRI melalui KUR, pahamilah beberapa persyaratan yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Persyaratan yang harus dilengkapi saat proses pengajuan pinjaman disesuaikan dengan jenis kredit yang Anda pilih. Berikut ini beberapa syarat KUR Bank BRI yang wajib Anda ketahui, antara lain:

Syarat KUR Mikro

Ada 2 persyaratan yang harus Anda perhatikan sebagai pemohon. Pertama syarat sebagai debitur, dan yang kedua persyaratan jenis kredit sesuai dengan yang diajukan. Lebih jelasnya, silahkan Anda simak pada daftar persyaratan KUR BRI di bawah ini:

Persyaratan Bagi Calon Debitur:

  1. Pemohon (Calon Nasabah) merupakan pelaku usaha yang layak serta produktif (berkelanjutan).
  2. Usaha yang sedang dijalani oleh pemohon sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  3. Tidak ada tanggungan kredit lain kecuali untuk keperluan konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  4. Melengkapi persyaratan administrasi, meliputi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

Persyaratan Pinjaman (Kredit):

  1. Jumlah pinjaman yang dapat diajukan maksimal sebesar Rp 25 juta.
  2. Jenis pinjaman disesuaikan dengan keperluan nasabah. Pilihan yang tersedia ialah:
    a. Pinjaman atau Kredit untuk Modal Kerja (KMK), jangka waktu yang diberikan maksimal selama 3 (tiga) tahun.
    b. Pinjaman Kredit untuk Investasi (KI), jangka waktu yang diberikan maksimal selama 5 (lima) tahun.
  3. Tingkat Suku bunga efektif per tahun sebesar 7% atau setara dengan 0.41% flat per bulan.
  4. Gratis biaya provisi dan administrasi

Syarat KUR Ritel

Jenis KUR Tipe Ritel yang disediakan oleh Bank BRI memiliki persyaratan yang sama dengan jenis KUR di atas. Berikut ini persyaratan KUR Ritel yang wajib Anda ketahui:

Persyaratan Bagi Calon Debitur:

  1. Usaha yang sedang dijalani oleh debitur (pemohon) dinyatakan layak dan produktif.
  2. Pemohon tidak memiliki bentuk pinjaman apapun kecuali untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.
  3. Usaha berjalan aktif minimal selama 6 bulan.
  4. Mempunyai Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya.

Persyaratan Pinjaman (Kredit):

  1. Jumlah pinjaman mencapai > Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.
  2. Jenis kredit sama seperti KUR tipe mikro, yaitu jika yang diajukan merupakan Kredit Modal Kerja (KMK), tenor yang diberikan maksimal 4 (empat) tahun. Sedangkan jika Anda memilih Kredit Investasi (KI), maka jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun.
  3. Tingkat Suku bunga yang diberikan sebesar 7% efektif per tahun.
  4. Gratis biaya provisi dan administrasi
  5. Menggunakan aset untuk dijadikan sebagai Jaminan / Agunan sesuai dengan ketentuan bank.

Syarat KUR TKI

Dibawah ini syarat KUR TKI Bank BRI yang harus Anda perhatikan, diantaranya meliputi:

Persyaratan Bagi Calon Debitur:

  1. Pemohon merupakan calon TKI yang akan berangkat bekerja.
  2. Melengkapi berbagai persyaratan administrasi, meliputi:
    a. Fotokopi Indentitas diri Asli berupa E-KTP dan Kartu Keluarga
    b. Surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa
    c. Surat perjanjian penempatan
    d. Fotokopi Passpor
    e. Fotokopi Visa
    f. Persyaratan lainnya sesuai ketentuan yang diperlukan oleh pihak Bank.

Persyaratan Pinjaman (Kredit):

  1. Pemohon hanya dapat mengajukan pinjaman dengan jumlah  maksimal Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah.
  2. Tingkat Suku bunga efektif yang diberikan sebesar 7% per tahun atau setara dengan 0.41% flat per bulan
  3. Gratis biaya provisi dan administrasi
  4. Tenor pinjaman maksimal 3 (tiga) tahun (sesuai kontrak kerja menjadi TKI)
  5. Negara penempatan TKI, meliputi: Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Cara Mengajukan KUR BRI

Setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, Prosedur pengajuan KUR BRI dapat dilakukan dengan cara online maupun offline. Namun secara garis besar, mekanisme pinjaman kredit usaha rakyat bisa diperoleh melalui tahapan berikut ini:

  • Pemohon datang ke kantor unit maupun cabang terdekat sambil membawa berkas yang dibutuhkan.
  • Sesampainya di lokasi, pemohon langsung mengambil nomor antrian pada bagian Customer service (CS).
  • Apabila sudah dipanggil dan berada di depan petugas CS, selanjutnya Anda akan dimintai untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman KUR.
  • Berikan jaminan atau agunan berupa BPKB Motor / mobil, sertifikat rumah, dan sebagainya (Jika diperlukan)
  • Selanjutnya pihak Bank akan memproses formulir aplikasi, kemudian akan dilakukan survey usaha terlebih dahulu.
  • Apabila dinyatakan layak, permohonan KUR Anda akan diproses lebih lanjut dan melakukan penandatanganan perjanjian kredit.
  • Setelah melakukan perjanjian, proses pencairan dana akan masuk ke dalam buku rekening debitur.
  • Terakhir, debitur wajib membayar sejumlah angsuran hingga pelunasan pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang diambil.

Tabel Angsuran KUR BRI

Banyak calon debitur yang menanyakan berapa jumlah cicilan yang harus dibayar. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak rincian tabel angsuran KUR BRI tipe Mikro, Ritel, maupun TKI dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR BRI
Tabel Angsuran KUR BRI

Perhitungan angsuran di atas merupakan estimasi saja. Untuk mendapatkan yang terbaru, silahkan Anda update informasi yang sudah tersedia pada unit Bank BRI terdekat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman KUR BRI. Jika  masih ragu, silahkan hubungi call centre Bank BRI melalui 14017 / 1500017 atau dengan cara mengunjungi kantor terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada perubahan kebijakan sesuai dengan kondisi perekonomian Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *