Suku Bunga BRI Terbaru
Suku Bunga BRI Terbaru

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Per Bulan Terbaru

Posted on

Suku bunga pinjaman bank BRI per bulan terbaru berapa %?. Jika ada pertanyaan seperti itu, jawabannya adalah tergantung dari kontrak antara Anda dengan pihak Bank terkait. Artinya adalah apakah Anda menabung atau justru pinjam uang di Bank BRI. Suku bunga merupakan suatu harga dari penggunaan uang. Dengan kata lain, bunga Bank adalah kompensasi yang diberikan dari peminjam kepada pemberi pinjaman atas ketersediaannya memberikan sebuah pinjaman. Oleh sebab itu, semakin besar penggunaan uang pinjaman maka semakin besar pula suku bunganya.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa suku bunga didasarkan kepada kontrak peminjam dengan pemberi pinjaman, baik itu untuk kredit (pinjaman) maupun tabungan. Yang perlu digarisbawahi disini bahwa setiap jenis pinjaman dan tabungan memiliki besar suku bunga yang berbeda. Kendati demikian besaran yang ditetapkan antara pinjaman dan tabungan BRI memiliki nilai yang sama. Sebab, tabungan adalah sebuah pinjaman yang berasal dari nasabah kepada pihak Bank. Maka tak heran jika nasabah mendapatkan imbalan berupa bunga tabungan yang dapat dinikmati setiap bulan.

Suku bunga tabungan merupakan dana yang dikeluarkan oleh Bank untuk nasabahnya, sedangkan suku bunga pinjaman di Bank BRI adalah dana dari nasabah ke pihak Bank. Oleh sebab itulah bank memberikan suku bunga kredit jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga tabungan. Lantas berapakah suku bunga bank BRI baik pinjaman maupun tabungan?

Suku Bunga Pinjaman (Kredit) Dan Tabungan Bank BRI Terbaru

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada 2 jenis pinjaman, pertama pinjaman kredit dan tabungan. Produk pinjaman (kredit) di Bank BRI diantaranya ada Kupedes, Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang terdiri atas BRIguna Purna, Karya dan Umum, KUR BRI, dan Kredit Progam BRI (KPR). Dari produk  pinjaman tersebut memiliki suku bunga yang berbeda beda. Loh kok bisa?, karena produk pinjaman di Bank BRI berdasarkan kepada Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) BRI.

Suku bunga pinjaman Bank BRI per bulan

Kredit Kupedes Kredit Tanpa Agunan
Briguna Purna Karya dan Umum KUR KPR
0,9-1% / bln 1,08%/ bln 1,54%/ bln 0,41%/ bln 9.98 %/ bln

Suku bunga tabungan atau simpanan bank BRI memiliki besaran yang berbeda, tergantung pada setiap jenisnya. Sebagai contoh suku bunga deposito jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan lainnya. Hal tersebut dikarenakan tabungan  deposito merupakan simpanan berjangka, dimana Anda baru bisa menggunakan uang Anda dalam jangka tertentu. Sedangkan jenis tabungan yang lain bersifat fleksible, dimana Anda bisa menggunakan uang tabungan kapanpun dan dimanapun saat Anda butuh dana cepat.

Jenis tabungan yang ada di Bank BRI, antara lain: simpedes, Britama, Junio, deposito (rupiah dan valutas asing atau valas). Anda bisa melihat tabel suku bunga tabungan BRI terbaru di bawah ini:

Jenis Tabungan Jumlah Tabungan Besaran Suku Bunga
BritAma Rp 0 sampai < Rp 500.000 0%
Rp 500.000 – Rp 5.000.000 1%
> Rp 5.000.000 – Rp 50.000.000 1%
> Rp 50.000.000 – Rp 100.000.000 1.25 %
> Rp 100.000.000 – Rp 1.000.000.000 1.50 %
> Rp 1.000.000.000 2.25 %
Simpedes Rp 0 sampai < Rp 500.000 0%
Rp 500.000 – Rp 5.000.000 1%
Rp 5.000.000 – Rp 50.000.000 1%
Rp 50.000.000 – Rp 100.000.000 1.25 %
Rp100.000.000 1.75 %
BRI Junio Rp 0 sampai < Rp. 500.000 0%
Rp 500.000 – Rp 5.000.000 1%
> Rp 5.000.000 – Rp 50.000.000 1%
> Rp 50.000.000 – Rp 100.000.000 1.25 %
> Rp 100.000.000 – Rp 1.000.000.000 1.50 %
> Rp 1.000.000.000 2.25 %
Deposito 1 Bulan 4.25%
3 Bulan 6%
6 Bulan 5.75%
12 Bulan (1 tahun) 5%
24 Bulan (2 tahun) 4.75%
36 Bulan (3 tahun) 6.25%

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank BRI

Ketika Anda hendak mengajukan sebuah kredit ataupun membuka tabungan di Bank BRI, sebisa mungkin jangan menjadikan suku bunga sebagai pertimbangan utama. Akan tetapi ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, meskipun suku bunga pinjaman Bank BRI dan tabungan juga terbilang penting. Faktor lain yang dapat dijadikan landasan ketika akan mengajukan pinjaman diantaranya berupa syarat dan ketentuan, plafond, dan tenor kredit. Sedangkan untuk membuka tabungan BRI diantaranya ada fitur dan layanan, biaya administrasi dan limit transaksi.

Pinjaman dana tunai di Bank BRI agar cepat langsung cair cukup mudah. Jika Anda memiliki aset berharga seperti sertifikat tanah atau BPKB Motor/ mobil, bisa dijadikan sebagai jaminan. Kendati demikian secepat apapun pencairan dana pinjaman tetap harus bisa menggunakan sebijak mungkin. Kalau tidak maka sejumlah dana yang dipinjam akan habis alias boros, tapi aset masih dipegang pihak bank karena angsuran pinjaman belum terselesaikan. Oleh karena itu, Kami sarankan untuk digunakan guna keperluan produktif saja, bukan berarti tidak boleh dialihfungsikan untuk keperluan lainnya.

Sebuah pinjaman atau kredit dapat diajukan berdasarkan jenis dan persyaratannya. Anda bisa melihat uraian tersebut di bawah ini:

1). Syarat Pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR adalah produk pinjaman bagi nasabah yang ingin memiliki rumah namun belum mempunyai dana cukup untuk pembangunan rumah. Hadirnya produk ini diharapkan bisa membantu nasabah melalui syarat dan ketentuan yang berlaku. Mekanismenya, sertifikat rumah yang di dapatkan oleh nasabah dijadikan sebagai agunan hingga angsuran KPR terselesaikan. Syarat mengajukan pinjaman KPR diantaranya:

  • Naabah merupakan WNI dengan usia minimal 21 tahun.
  • Berpenghasilan tetap yang dibuktikan dengan surat slip gaji.
  • Melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), dan akta nikah (bagi yang sudah menikah).
  • Melampirkan fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Fotokopi buku tabungan BRI, seperti simpedes, BritAma, dan sebagainya.
  • Fotokopi slip gaji (untuk  karyawan) atau SIUP (untuk wiraswasta)

Supaya lebih jelas, silahkan baca mengenai Syarat, Tabel Angsuran, Dan Suku Bunga Pinjaman KPR BRI

2). Syarat Pinjaman Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI disediakan bagi para pelaku UMKM untuk mendukung modal usaha. Pinjaman ini disertai dengan suku bunga paling rendah dibandingkan jenis lainnya. KUR BRI memiliki 3 jenis, yaitu Mikro, Ritel, dan TKI. Dari ketiga jenis tersebut memiliki syarat dan ketentuan masing-masing, antara lain:

Kur Mikro

  • Dikhususkan bagi pelaku usaha perorangan (individu).
  • Memiliki usaha yang berjalan secara aktif dan layak minimal selama 6 bulan.
  • Tidak memiliki kredit dari perbankan, kecuali KPR, KKB, dan, kartu kredit
  • Melampirkan fotokopi KTP, KK (Kartu Keluarga) dan pass foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Melampirkan fotokopi Surat Izin Usaha (minimal dari kelurahan setempat)

Kur Ritel

  • Pinjaman diberikan kepada Individu atau lembaga
  • Calon nasabah wajib mempunyai usaha produktif dan layak minimal 6 bulan
  • Tidak memiliki kredit dari perbankan, kecuali KPR, KKB, dan, kartu kredit
  • Melampirkan fotokopi Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya

Kur TKI

  • Calon nasabah merupakan individu yang berstatus calon TKI, yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Melampirkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  • Melampirkan fotokopi kontrak Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  • Fotokopi dokumen Perjanjian penempatan
  • Fotokopi Passpor dan Visa

Selengkapnya silahkan kunjungi Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Baca Juga : Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI

3). Syarat Pinjaman Kupedes

Kupedes adalah pinjaman yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi. Sebab itulah mengharuskan jaminan berupa aset berharga. Suku bunga pinjaman Bank BRI tipe Kupedes sangat bersaing, yaitu 0,9-1,2% per bulan. Kendati demikian, pinjaman yang Anda ajukan akan diproses secara cepat selama 3-7 hari kerja. Syarat mengajukannya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki usaha produktif minimal 1 tahun
  • Melampirkan fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Melampirkan identitas diri, berupa e-KTP / SIM
  • Fotokopi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), atau surat keterangan usaha lainnya (minimal dari kepala desa/ lurah/ pasar).
  • Menyertakan fotokopi janinan atau agunan berupa sertifikat tanah, akta jual beli (AJB) + PBB tahun terakhir, ataupun BPKB

Selengkapnya baca di Syarat dan cara pengajuan pinjaman KUPEDES BRI

4). Syarat Pinjaman KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) Bank BRI

Pinjaman KKB hampir sama dengan KPR. Perbedaannya ialah kegunaan dari pinjaman tersebut. Jika KPR untuk bisa memiliki rumah, berbeda halnya dengan KKB untuk sebuah kendaraan mobil ataupun motor. Persyaratan pinjaman KKB yang harus Anda persiapkan, yaitu:

  • Fotokopi identitas e-KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dibuktikan dengan Slip gaji
  • Melampirkan fotokopi Rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Surat Izin Usaha (bagi pengusaha)
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
5) Kredit Multiguna BRI

Jenis pinjaman di Bank BRI yang satu ini adalah kredit yang hampir sama dengan Kupedes, dimana  Anda harus menyertakan jaminan atau agunan. Namun perbedaannya ialah dana pinjaman Kredit Multiguna BRI yang dicairkan biasanya sebesar 80%, alias terdapat potongan kredit. Syaratnya cukup mudah, Anda hanya perlu melengkapi persyaratan di bawah ini:

  • Fotokopi identitas e-KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dibuktikan dengan Slip gaji
  • Melampirkan fotokopi Rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Fotokopi Dokumen aset yang diagunkan (khusus untuk agunan kendaraan bermotor, usia kendaraan tidak lebih dari 10 tahun)
6). Kredit Briguna

Kredit Briguna biasa disebut dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Plafond yang bisa Anda ajukan sebanyak 1 milyar dengan jangka waktu (tenor) pelunasan selama 15 tahun. Ada 3 jenis KTA, yaitu BRIGuna Karya, Purna, dan Umum. Syarat mengajukan pinjaman KTA adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi e-KTP, NPWP, dan Kartu Keluarga 
  • Surat slip gaji yang sudah difotokopi
  • Memiliki rekening tabungan BRI

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami sampaikan mengenai suku bunga pinjaman Bank BRI. semoga bisa membantu atau paling tidak menambah wawasan Anda. Jika berkeinginan mengajukan kredit, Kami sarankan langsung datang ke kantor cabang terdekat. Sebab, lembaga keuangan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Dan yang terpenting adalah Anda bisa tahu informasi terbaru mengenai produk yang hendak dipilih. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *