pinjaman uang untuk mahasiswa

Cara Dapat Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa Tanpa Jaminan

Posted on

Pinjaman uang untuk mahasiswa sebagai upaya bayar biaya hidup selama menempuh pendidikan kuliah sangatlah dibutuhkan. Meski terlihat bersih dengan pakaian yang kesannya mahal, namun menjadi mahasiswa sangat penuh dengan dinamika kehidupan. Apalagi kalau sedang banyak tugas baik di dalam maupun di luar kampus. Demi itu semua, mereka rela makan seadanya karena harus dituntut membayar kost yang terbilang cukup tinggi.

Jatah uang bulanan yang diberikan secara tunai dari orang tua pun kadang tidak mencukupi untuk melengkapi pengeluaran, bahkan kadang-kadang sempat kekurangan. Terpaksanya, mereka banyak yang tertunda lulus karena harus mencari pekerjaan sampingan. Tapi, bagi mahasiswa yang ingin fokus dengan kuliahnya, mengajukan pinjaman tanpa jaminan (KTA) melalui lembaga keuangan ataupun Bank merupakan pilihan yang tepat. Pertanyaannya, apakah ada tempat pinjaman uang tanpa bunga yang bisa langsung cair?. Sedangkan mereka masih harus belajar dan belum punya penghasilan?.

Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa

Mengatasi situasi dan kondisi seperti yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya bagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa harus menanggapiya dengan kepala dingin. Tetaplah fokus dengan apa yang sedang Anda jalani, yaitu menyelesaikan studi hingga menjadi seorang sarjana. Segala bentuk pembiayaan bisa Anda konsultasikan dan diskusikan lagi dengan orang tua. Jika diperbolehkan pinjam uang, untuk mahasiswa yang terbaik Kami sarankan yang tidak menggunakan jaminan. Bukan hanya sampai disitu, tingkat suku bunga pun harus Anda pahami supaya tidak memberatkan diri sendiri dikemudin hari.

Berdasarkan peraturan Pemerintah dalam UU Pendidikan tinggi No 12 Pasal 76 Tahun 2012, disebutkan bahwa pemerintah akan bantuan pendidikan seperti beasiswa, bebas biaya pendidikan, dan pinjaman non bunga untuk Mahasiswa agar bisa menyelesaikan kuliahnya sampai lulus. Dengan adanya peraturan tersebut, tentu sangat membantu Mahasiswa yang kekurangan dana kuliah. Bahkan, bisa dibebaskan dari segala bentuk biaya selama Mahasiswa tersebut memenuhi syarat dan ketentuan (tidak mampu), dan atau berprestasi. Apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan, atau tidak memliki prestasi akademik, Anda bisa mengajukan Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa tanpa jaminan.

Baca Juga : Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Cara Dapat Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa Tanpa Jaminan

Untuk mendapatkan pinjaman dana kuliah, Anda bisa mengajukan melalui Lembaga keuangan dalam bentuk Bank milik pemerintah (BUMN) yang menyediakan pinjaman tanpa agunan bagi mahasiswa. Bank yang Kami rekomendasikan diantaranya ialah BRI, BNI, dan Mandiri. Kredit tanpa agunan untuk mahasiswa yang ada pada bank tersebut untuk keperluan dana kuliah dengan suku bunga rendah. Suku bunga yang berlaku yaitu sebesar 4 %. Angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan KTA reguler yang biasa diajukan oleh non mahasiswa.

Target utama yang diperbolehkan mengajukan KTA adalah Mahasiswa tingkat akhir. Sebab, mereka lebih membutuhkan banyak biaya untuk melakukan KKN, penelitian, menyelesaikan skripsi, dan tugas akhir lainnya. Namun bukan berarti bagi mahasiswa muda belum diperbolehkan mengajukan pinjaman. Hanya saja, mereka biasanya terkendala karena faktor umur. Secara umum, untuk mendapatkan pinjaman uang untuk Mahasiswa, Anda harus melengkapi persyaratan di bawah ini.

  • Nasabah merupakan Mahasiswa tigkat akhir dan termasuk WNI dan berdomisili di negara Indonesia.
  • Batas usia nasabah sekitar 20 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat waktu pelunasan.
  • Melampirkan e-KTP dan KK.
  • Sertakan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi Kart Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai bukti bahwa nasabah merupakan mahasiswa pada salah satu universitas atau institusi tertentu.
Pinjaman online terpercaya

Disamping mengajukan pinjaman tanpa jaminan melalui Bank milik pemerintah yang disebutkan di atas, Anda bisa juga mendapatkan pinjaman uang untuk mahasiswa secara Online. Tempat yang cocok untuk mengajukan pinjaman dana online agar agar langsung cair bisa menggunakan TunaiKu atau yang biasa disebut dengan TunaiKita. Selain itu, bisa juga melalui DanaCepat. Dari kedua tempat tersebut, Anda hanya perlu mendownload aplikasinya melalui smartphone atau Hp kemudian di Instal. Setelah terpasang, Anda bisa langsung melakukan pengajuan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pinjaman Dana Online untuk mahasiswa tidak membutuhkan jaminan, akan tetapi biasanya diharuskan melampirkan slip gaji bulanan. Lalu, bagaimana proses mengajukan pinjaman bagi mahasiswa yang belum bekerja?. Anda bisa melakukan pengajuan pada Bank BNI, BRI, BCA, CimbNiaga, ataupun Mandiri sesuai dengan kepercayaan Anda.

Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa Tanpa Bunga Terbaik

Selain pinjaman tanpa agunan di Bank dan perusahaan fintech yang sudah terdaftar Otorites Jasa Keuangan (OJK), Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Berikut ini solusi yang bisa Kami sampaikan dan tentunya bisa Anda coba.

1. Pinjam uang kepada Saudara

Kebanyakan Bank konvensional maupun syariah, jika berkaitan dengan pinjaman pasti wajib memerlukan suatu jaminan berupa surat atau aset berharga. Oleh sebab itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman di bank, Kami sarankan agar pinjam uang kepada saudara terlebih dahulu. Misalnya, Anda hutang ke kakak, adik, atau sepupu yang sedang memiliki banyak rejeki. Jangan malu atau merasa minder, sebab jika Anda meminjam kepada mereka tentu akan diberi pinjaman dana tanpa jaminan dan tanpa bunga.

Supaya proses pengajuan dipermudah, biasanya sih ada yang memberikan jaminan entah itu Hp atau Laptop. Bukan berarti nyogok loh ya. Daripada mengadaikan ke pegadaian lalu Anda tidak bisa membayar kemudian barang yang dijadikan agunan akan hangus, lebih baik ke saudara saja. Selain itu, pinjaman dana yang akan diberikan biasanya langsung cair sedangkan proses pembayarannya bisa dicicil.

2. Pinjam uang kepada sahabat terpercaya

Pertimbangan pinjaman uang untuk Mahasiswa yang selanjutnya ialah Anda bisa mengajukan pada sahabat yang paling terpercaya. Metode ini tidak jauh berbeda dengan pinjam dana pada Saudara sendiri seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Kenapa kepada sahabat yang dipercaya, sebab berdasarkan pengalaman bahwa baru 1 hari pinjam sudah ditagih terus menerus. Hal tersebut bisa membuat emosi peminjam. Bayangkan saja, kemarin pinjam dan hari ini ditagih, kan belum ada uang untuk membayarnya. Nah, oleh karena itu maka disarankan supaya Anda meminjam kepada sahabat terpercaya. Tapi jangan lupa, kan supaya proses pinjaman diperlancar harus ada jaminan khusus dengan sahabat. hehehe

Baca Juga: Daftar Tempat Pinjaman Dana Jaminan KTP Dan KK Di Indonesia

3. Pinjam uang kepada tetangga dekat rumah

Dari pinjaman dana yang bisa diberikan secara tunai dan proses pelunasannya bisa dicicil seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa pinjam uang kepada tetangga dekat rumah. Karena bagaimanapun juga, yang membantu kita saat kesusahan tidak lain dan tidak bukan adalah tetangga sendiri. Namun untuk mendapatkan pinjaman kepada tetangga tidak semudah seperti metode sebelumnya. Anda harus suka membantu tetangga yang sedang kesusahan juga. Sebagaimana yang orang bijak katakan bahwa siapa menanam (kebaikan), pasti akan memanen.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa

Meminjam uang memang rasanya malu dan rasanya tidak bisa merdeka karena terus-terusan dihatui oleh sejumlah hutang. Akan tetapi, ada sisi positifnya juga ketika Anda mengajukan pinjaman tanpa ataupun dengan agunan. Berikut ini Kami sampaikan kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda rasakan berdasarkan pengalaman pribadi.

Kelebihan

Kelebihan mengajukan pinjaman tanpa ataupun dengan agunan serta tanpa bunga seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa lebih bersemangat lagi dalam menempuh pendidikan. Anda akan lebih termotivasi dalam menimba ilmu dibangku kuliah. Dengan begitu, Anda akan merasa ingin segera lulus lalu segera mencari dan mendapatkan pekerjaan supaya bisa melunasi pinjaman dana pendidikan.

Kekurangan

Kekurangan yang mungkin terjadi adalah Anda akan terus kepikiran dengan pinjaman yang sudah terlanjur diajukan. Untuk menutup hutang itu semua, mau tidak mau Anda mencari pekerjaan paruh waktu. Jika sudah demikian, biasanya waktu yang seharusnya sudah lulus akan mundur menjadi sekian tahun ke depan. Untuk mengatasi hal tersebut, teruslah memotivasi diri karena pendidikan memiliki derajat paling tinggi dan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Apabila Anda memiliki keinginan mengajukan pinjaman tanpa agunan, Kami sarankan agar Anda hidup lebih sederhana. Fous menyelesaikan kuliah, dan segera cari pekerjaan yang pantas. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan pinjaman uang untuk mahasiswa sudah Anda terima jauh -jauh hari kebelakang. Demikianlah pembahasan yang bisa Kami sampaikan dan semoga bisa bermanfaat Bagi Anda khususnya yang masih berstatus sebagai Mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *