pinjaman uang tunai

Pinjaman Uang Tunai Terpercaya Tanpa Jaminan Cepat Cair

Posted on

Pinjaman uang tunai merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank dan atau lembaga keuangan secara langsung dalam bentuk uang, baik dengan maupun tanpa jaminan. Produk ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memerlukan dana cepat guna memenuhi berbagai keperluan. Anda bisa menggunakan dana pinjaman ini untuk biaya renovasi rumah, biaya pengobatan atau pendidikan, liburan, atau kebutuhan mendesak lainnya. Namun Anda harus selektif dalam memilih tempat pinjaman uang terpercaya baik secara online maupun offline agar tidak tertipu pihak yang tidak bertanggungjawab. Disamping itu, perhatikan juga plafond atau jumlah pinjaman dan suku bunga yang ditawarkan. Semakin kecil suku bunga tentu akan meringankan beban hidup dibandingkan suku bunga yang besar atau tinggi.

Sebenarnya untuk mendapatkan pinjaman banyak sekali pilihannya. Apalagi di Indonesia saat ini sudah sangat menjamur Bank atau lembaga keuangan yang dengan sukarela memberikan sebuah pinjaman. Anda bisa mengajukan permohonan melalui teman, saudara, kantor, koperasi, pegadaian, bank, hingga perusahaan fintech. Karena itulah pinjaman dana tunai ini begitu sangat digemari, sebab akan langsung cair ke rekening Anda hanya dalam waktu 24 jam tergantung peraturan yang berlaku. Pilihan plafon yang bisa dipilih mulai dari 5 juta hingga batas maksimal yang ditetapkan pada masing-masing instansi.

Pinjaman Uang Tunai

Secara umum, jenis pinjaman dana tunai ada 2 macam, yaitu pinjaman mikro (mini) dan pinjaman makro (jumbo). Perbedaan dari kedua jenis tersebut terletak pada jumlah (plafond) yang diambil. Artinya, jika plafond yang dipilih kecil, berarti Anda memilih pinjaman mikro dan jumlahnya mencapai 500 ribu hingga Rp 1 Juta. Namun jika plafondnya besar (Rp 100 juta s.d Rp 500 Juta), maka pinjaman disebut dengan makro.

Adakah Pinjaman Uang Tunai Terpercaya Tanpa Jaminan?

Dari berbagai uraian di atas, Apabila Anda tertarik ingin mengajukan permohonan pinjaman sebaiknya dilakukan ke tempat yang memang sudah terpercaya. Mengutip dari berbagai sumber bahwa pinjaman uang tunai pribadi saat ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi pinjam uang. Tetapi jika terkendala karena keterbatasan internet, bisa mengajukan pinjaman yang bisa dicicil. Sebab tanpa jaminan dan hanya menggunaan KTP, Anda sudah bisa mengantongi sejumlah uang pribadi. Nah, berikut jenis-jenis pinjaman uang tunai paling populer di indonesia yang Kami rekomendasikan untuk Anda.

1). Pinjaman atau Kredit Multiguna

Kredit multiguna biasa disebut dengan pinjaman dengan menggunakan jaminan atau istilah lainnya Kredit MultiGuna (KMG). Setelah Anda menyerahkan aset berharga seperti sertifikat tanah, BPKB motor atau mobil, dan lain sebagainya, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman.

Plafond pinjaman yang bisa didapatkan sesuai dengan aset yang dijadikan sebagai agunan. Biasanya sih berkisar hingga 80 persen dari nilai jual aset. Misalnya Anda mengagunkan sertifikat rumah. Sertifikat tersebut memiliki taksiran jika dijual seharga Rp 300 juta. Maka pinjaman simulasi pinjaman yang akan Anda peroleh ialah Rp 300 juta x 80 % = Rp 240 juta. Kesimpulannya, semakin tinggi nilai aset yang diagunkan, maka semakin tinggi nominal plafon pinjaman yang bisa didapat.

Cara mendapatkan pinjaman uang tunai melalui kredit multiguna atau KMG ialah Anda hanya perlu datang ke lokasi penyedia pinjaman. Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa melakukannya melalui online dengan mengunjungi website resmi instansi terkait atau melalui HaloMoney. Persyaratan KMG cukup mudah, yaitu Identitas diri berupa KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Slip gaji, fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir. Jangan lupa dokumen aset yang akan digunakan sebagai jaminan loh ya. Nah, jika mengajukan mau mengajukan secara online, pastikan semua berkas sudah discan terlebih dahulu dalam bentuk digital (.jpg/.pdf) sesuai yang disyaratkan.

2). Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) tidak mengharuskan Anda memberikan jaminan kepada pihak penyedia pinjaman. Oleh karena itulah kredit ini sangat diminati oleh sebagian besar calon nasabah. Selain prosesnya lebih cepat, juga tidak ada prosedur penaksiran aset yang membutuhkan waktu cukup lama. Akan tetapi, proses pencairan tidak semudah KMG karena pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun.

Sifat pinjaman KTA ini bisa digunakan untuk apa saja karena sangat fleksibel. Nah, Jika berminat Anda bisa memilih tempat pinjaman KTA di bawah ini.

Syarat dan cara pengajuan pinjaman KTA tidak jauh berbeda dengan kredit multiguna karena bisa dilakukan secara online maupun offline. Besaran nilai pinjaman uang tunai KTA minimal Rp 5 juta hingga batas maksimal sesuai instansi terkait. Sedangkan jangka waktu hingga pelunasan pinjaman maksimal 60 bulan (5tahun). Hal yag harus Anda ketahui ialah suku bunga KTA jauh lebih tinggi dibandingkan jenis pinjaman lain, alasannya karena tidak adanya agunan/jaminan dalam proses pengajuannya.

3). Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman dana tunai untuk modal usaha bagi pelaku UMKM sering disebut dengan dana KUR. Dana usaha dalam bentuk KUR ini bisa Anda dapatkan di Bank seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA, serta lembaga keuangan lainnya. Melalui pinjaman dana KUR ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian nasional sehingga mampu mengentaskan angka kemiskinan sesuai dengan program pemerintah.

Jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

a. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan pinjaman tanpa jaminan yang diberikan kepada perorangan yang memiliki usaha dan bisa dibilang produktif. Anda bisa menggunakannya untuk modal usaha atau investasi kaena plafond yang bisa dicairkan higga mencapai Rp 25 Juta. Jangka waktu atau tenor yang diberikan dapat disesuaikan dengan jenis kredit yang diajukan. Apabila  nasabah memilih kredit modal kerja (KMK), maksimal tenor yang diberikan selama 3 tahun. Namun jika yang dipilih adalah kredit investasi (KI), maka tenor yang diberikan maksimal selama 5 tahun.

b. KUR Ritel

Tidak jauh berbeda dengan KUR mikro, melalui Ritel Anda bisa memperoleh pinjaman hingga 5 tahun. Perbedaannya ialah terletak pada surat usaha yang dimiliki. Untuk KUR mikro, Anda tidak harus mengeluarkan surat usaha, namun untuk ritel wajib menyertakan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Jumlah pinjaman yang bisa Anda ajukan bisa mencapai lebih dari Rp 25 juta hingga Rp 500 Juta per nasabah. Besaran suku bunga efektif per tahun sebesar 7% atau setara dengan 0.41% flat per bulan.

c. KUR TKI

KUR TKI diperuntukkan untuk calon TKI yang akan melakukan perjalanan kerja ke Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Pinjaman yang ditawarkan mencapai Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah. Suku bunga efektif mencapai 7% per tahun, dan tenor pinjaman maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi artikel kami mengenai Dana KUR di bawah ini:

4) Pinjaman Uang Tunai Online

Seiring kemajuan tekhnologi, sekarang pinjaman online tanpa jaminan banyak tersebar di Indonesia terlebih di kota besar seperti bekasi, jakarta, surabaya,semarang, Yogyakarta dan sebagainya. Melalui pinjaman online, Anda tidak perlu repot lagi dalam proses antrian yang menyita banyak waktu. Salah satu aplikasi pinjam uang online terpercaya ialah dengan kredivo.

Kredivo menawarkan pinjaman secara online hingga mencapai Rp 20 juta dengan suku bunga sebesar 2,95%/bulan. Cara mengajukan pinjaman di kredivo Anda tinggal mengisi form di aplikasi dan memasukkan nomor rekening atas nama pribadi. Setelah itu maka pengajuan pinjaman akan langsung diproses. Jika sudah disetujui, pinjaman akan dicairkan dalam waktu 1 hari langsung cair. Benar-benar kilat karena berdasarkan pengalaman pinjam di kredivo pencairan dana tunai memerlukan waktu 5 menit saja.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan pinjaman uang tunai tanpa jaminan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Persyaratan pengajuan pinjaman lebih mudah
  • Dana pinjaman akan dicairkan lebih cepat
  • Pilihan jumlah pinjaman yang bervariasi
  • Data diri terjaga secara privasi

Kekurangan:

  • Batas jumlah pinjaman terlalu kecil
  • Jangka waktu hutang hingga pelunasan sangat singkat
  • Suku bunga yang cukup tinggi
  • Cicilan perbulan yang mahal
  • Nasabah diwajibkan memiliki kartu kredit
  • Mudah masuk ke dalam daftar BI Checking.

Demikianlah pembahasan mengenai pinjaman uang tunai terpercaya tanpa jaminan cepat cair yang ada di Indonesia. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan kabarkan ke orang di sekitar Anda. Semoga berbagai kebutuhan yang bersifat produktif mupun konsumtif bisa terpenuhi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *