pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Pinjaman Uang Untuk Modal Usaha Tanpa Jaminan

Posted on

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan sangat dibutuhkan bagi mereka yang akan atau sedang menjalankan bisnisnya. Terutama bagi mereka yang memang membuka usaha mulai dari awal yang skalanya masih kecil. Jika langsung mengajukan pinjaman dengan jaminan, tentu bukan sebuah langkah yang tepat karena harus mengorbankan aset. Sebab, yang namanya usaha belum tentu langsung membuahkan hasil yang maksimal.

Modal yang diperoleh dari pinjaman merupakan bentuk modal eksternal atau yang berasal dari luar perusahaan. Modal tersebut biasanya bersifat sementara, artinya harus dikembalikan untuk melunasi hutang sesuai dengan kesepakatan atau perjanjian yang sudah disepakati bersama. Maka dari itu tidak heran jika di Indonesia sudah banyak tempat yang menyediakan modal usaha tanpa jaminan seperti sertifikat rumah ataupun aset berharga lainnya. Hadirnya tempat pinjaman modal tersebut untuk membantu pelaku Usaha Kecil Makro Menengah (UMKM) dalam perkembangan ekonomi Nusantara.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pinjaman modal usaha tanpa jaminan, ada baiknya Kita mengetahui terlebih dahulu jenis pinjaman modal usaha yang banyak diminati oleh pelaku bisnis. Tentunya, yang paling penting adalah tanpa menggunakan jaminan. Nah, secara umum jenis pinjaman modal kerja atau usaha tersebut meliputi:

  • Pinjaman yang bersifat sementara (Jangka Pendek)

Sesuai dengan sebutannya, pinjaman ini digunakan dalam kurun waktu yang tidak bisa lama. Jangka waktu yang diberikan oleh lembaga atau tempat penyedia pinjaman hanya beberapa bulan saja hingga 1 tahun. Umumnya, pinjaman ini diberikan kepada pengusaha dalam bentuk kredit rekening koran, wesel, serta lainnya.

  • Pinjaman dengan jangka waktu Menengah

Jenis Pinjaman modal usaha yang kedua ialah pinjaman dengan jangka waktu menengah. Pinjaman ini diberikan kepada pengusaha dengan tenor yang lebih lama dibandingkan jenis pinjaman sebelumnya. Jangka waktu yang ditawarkan biasanya mulai dari 1 hingga 10 tahun. Meskipun terdengar menarik, namun tidak semua lembaga keuangan baik bank atau non bank memberikan pinjaman ini. Sebab, pada masing-masing tempat penyedia pinjaman memiliki peraturan kebijakan yang berbeda-beda.

  • Pinjaman dengan jangka waktu yang cukup panjang

Jenis pinjaman yang terakhir ialah menggunakan jangka waktu yang panjang. Ada yang menyebutkan pinjaman ini merupakan suatu bentuk investasi. Sebab, tenor yang diberikan kepada pemohon lebih dari 10 tahun. Mengenai sistemnya seperti apa, bisa Anda ketahui pada artikel yang sedang dibahas pada kesempatan kali ini.

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Sebelum mengajukan pinjaman untuk modal usaha, ada baiknya Anda memperhatikan berbagai hal di bawah ini. Tujuannya supaya ketika sudah menerima sejumlah dana tunai, Anda tidak mengalami kendala di kemudian hari. Hal-hal penting yang perlu Anda lakukan diantaranya ialah sebagai berikut:

1). Mengetahui kapasitas usaha yang akan atau sedang dijalankan

Penting bagi Anda sebelum pinjam uang untuk modal usaha untuk mengetahui skala bisnis yang sedang dijalani.Dengan begitu, Anda bisa menentukan kebutuhan modal yang diperlukan. Jika memang usaha yang Anda kerjakan masih sebatas skala rumah tangga, Anda bisa mengajukan pinjaman uang 5 juta hingga 10 juta saja. Berbeda dengan usaha skala besar yang membutuhkan pinjaman hingga 20 juta ke atas bahkan mencapai 100 juta.

2). Menganalisis kebutuhan modal secara terperinci

Setelah mengetahui kapasitas usaha yang akan atau sedang Anda tekuni, selanjutnya tinggal menganalisis kebutuhan modal secara terperinci. Hitunglah kebutuhan modal mulai dari pengadaan bahan baku, biaya produksi, gaji karyawan, hingga kebutuhan lainnya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui berapa banyak modal usaha yang harus dibutuhkan.

Disamping menghitung kebutuhan modal, Anda juga harus menghitung angsuran pinjaman modal usaha tanpa jaminan sudah Anda ajukan. Tujuannya tentu saja agar bisa menentukan target penjualan produk yang diproduksi. Sehingga Anda bisa melunasi hutang sesuai dengan jangka waktu pinjaman yang sudah ditentukan.

3). Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan sebelum mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha tanpa jaminan. Pastikan bahwa semua syarat sudah disiapkan secara matang supaya proses pengajuan berjalan lancar tanpa ditolak. Biasanya, pada masing-masing tempat penyedia pinjaman modal usaha membuat syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Karenanya, Anda harus menentukan terlebih dahulu kemana akan mengajukan sebuah pinjaman dana tunai untuk modal usaha.

Umumnya, pinjaman modal usaha tanpa jaminan membutuhkan beberapa syarat, meliputi:

  • Fotokopi identitas diri berupa KTP
  • NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat keterangan nikah yang dibuktikan dengan fotokopi buku nikah
  • Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir
4). Pahami fitur dan ketentuan yang diberikan oleh penyedia pinjaman modal usaha

Fitur dan ketentuan setiap penyedia pinjaman modal usaha tanpa jaminan tidak sama. Untuk itu, Anda harus menggali informasi kemana Anda akan mengajukan suatu pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha tersebut. Anda bisa membandingkan satu dengan yang lainnya, misalnya Bank BNI, Mandiri, BRI, maupun BCA dan sebagainya. Fitur dan ketentuan yang bisa dijadikan pedoman pembandingan diantaranya:

  • Plafond pinjaman
  • Suku bunga
  • Jangka waktu (Tenor)
  • Jumlah angsuran tiap bulan
  • Denda jika melakukan kelalaian atau terlambat membayar cicilan per bulan
  • Biaya penalti jika membayar lunas lebih awal
  • Biaya administrasi.
5). Ajukan pinjaman pada lembaga keuangan yang terpercaya

Memilih tempat pinjaman tanpa agunan erpercaya sebagai dana modal usaha memang sangatlah penting. Sebab, saat ini banyak terjadi kasus penipuan yang disengaja untuk meraup banyak keuntungan. Cara untuk bisa mengetahui tempat pinjaman tanpa agunan bisa dipercaya atau tidak ialah melalui pengecekan menggunakan google maps. Apabila kantor unit atau cabang terdapat di dalamnya, berarti bukan suatu penipuan. Selain itu, Anda bisa menanyakan kepada saudara, kerabat, atau teman disekitar Anda mengenai reputasi tempat pinjaman yang akan Anda tuju.

Adakah Tempat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan?.

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan di atas bahwa saat ini banyak tempat untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan yang bisa dijadikan sebagai modal usaha. Daftar tempat tersebut sudah Kami rangkum dan kami rekomendasikan khusus Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Lebih jelasnya, Anda bisa simak pada penjelasan di bawah ini:

1). Pinjaman modal usaha dari pemerintah

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang pertama kali ialah bersumber dari pemerintah. Dalam membantu perekonomian nasional melalui perkembangan usaha kecil UMKM, pemerintah memberikan kredit tanpa agunan (KTA). Pinjaman tersebut bisa diperoleh pada lembaga keuangan yang sudah tercatat pada BUMN. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir karena bukan termasuk pinjaman seperti yang diberikan oleh rentenir.

Dari beberapa tempat pinjaman modal usaha dari pemerintah yang bisa kami rekomendasikan adalah lembaga keuangan dalam bentuk perbankan atau Bank. Pilihlah Bank yang memang Anda percaya, misalnya BRI, BNI, Mandiri, Bank Daerah, dansebagainya. Produk pinjaman yang bisa Anda ajukan salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Alasannya, jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya, KUR memberikan pinjaman dengan bunga rendah.

Pengajuan kredit usaha rakyat (KUR) tidak memerlukan jaminan, namun ada juga yang membutuhkannya. Hal ini disebabkan karena pada masing-masing bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Jika Anda mengharapkan pinjaman dana langsung cair tanpa menggunakan jaminan, KUR bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda mengajukan pada Bank yang memang membutuhkan jaminan, biasanya memerlukan surat berharga berupa BPKB motor/mobil atau sertifikat tanah. Jika pengajuan pinjaman jaminan dengan BPKB atau sertifikat tanah, biasanya pinjaman yang Anda ajukan langsung cair dalam kurun waktu 14 hari.

Syarat mengajukan KUR bank sangat sederhana. Sebagai contoh KUR BRI. Anda bisa memperoleh pinjaman tersebut mulai dari 5 Juta, 10 Juta, 25 Juta, 50 Juta, 100 Juta, dan maksimal 500 Juta. Supaya lebih mempersingkat waktu, silahkan Anda baca pada artikel yang berkaitan di bawah ini:

2). Pinjaman modal usaha Syariah

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan bersumber dari syariah tidak jauh berbeda dengan yang diberikan oleh pemerintah. Syariah merupakan usaha perorangan atau sebuah anak cabang yang dibangun oleh badan usaha milik pemerintah. Contoh nyata ialah bank bri syariah, bni syariah, mandiri syariah dan lain sebagainya. Bank syariah milik perorangan contohnya Bank muammalat, Bank danamon, Bank Cimb niaga, dan sebagainya.

Perbedaan anara Bank Syariah milik pemerintah dan perorangan terletak pada suku bunga yang diberikan. Pembiayaan seperti biaya administrasi, suku bunga, tabel cicilan per bulan, dan lain-lain bisa dilihat melalui brosur yang sudah disediakan. Selain itu, Anda bisa menghubungi call centre bank terkait. Membedakan antara syariah perorangan dan syariah pemerintah penting dilakukan supaya tidak menyesal dikemudian hari.

3). Pinjaman modal usaha secara online

Pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha yang terakhir ialah bersumber dari perusahaan fintech lending. Perusahaan ini memberikan pinjaman dengan syarat tertentu tanpa harus menggunakan jaminan, bahkan sebagian ada yang memberikan pinjaman tanpa kartu kredit. Perlu Anda ingat, Fintech Lending merupakan suatu perusahaan finansial yang memberikan pinjaman non bank. Biasanya, pinjaman uang ini 1 jam bisa langsung cair ke dalam rekening yang Anda miliki.

Nah, dimana Anda bisa mendapatkan Pinjaman modal usaha tanpa jaminan melalui perusahaan fintech?. Anda bisa membacanya pada daftar di bawah ini:

Daftar lain yang lebih lengkap bisa Anda baca pada artikel yang sudah Kami siapkan, yaitu 35 Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Pribadi Cepat Cair

Pinjaman Tanpa Jaminan Non bank lainnya ialah dengan meminta bantuan pada kerabat, teman, ataupun saudara. Manfaatkanlah orang yang ada disekitar Anda. Hal yang Kami tekankan disini, jangan sampai pinjam uang pada seorang rentenir karena bisa menyulitkan keuangan Anda sendiri. Agar pinjaman personal ini bisa diberi kepercayaan dan cepat cair, berilah jaminan berupa Hp atau yang menurut Anda memiliki nilai jual tinggi. Dengan begitu, diantara kreditur dan debitur memiliki kepercayan yang terikat.

Demikianlah pembahasan mengenai pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa Kami sampaikan. Semoga bisa memberikan wawasan bagi Anda yang akan membuka usaha dari awal, atau ingin mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Apabila bermanfaat, silahkan kabarkan kepada orang terdekat dengan Anda. Jangan lupa, dukung atau suport kami dengan cara klik iklan yang Ada di dalam artikel ini, dan tinggalkan komentar yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *