pinjaman bank bri
pinjaman bank bri dengan jaminan sertifikat rumah

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Posted on

Pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah menjadi salah satu langkah alternatif untuk mendapatkan dana cepat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan bisa datang kapan saja dan jatuh kepada siapapun tanpa mengenal orangnya. Oleh sebab itu, untuk melengkapi berbagai kebutuhan tersebut memang dibutuhkan dana tunai yang bisa langsung cair. Tentunya, melalui sistem gadai sertifikat tanah, Anda bisa mengembangkan usaha yang sedang berjalan, pembiayaan pendidikan, perbaikan rumah, dan pembelian kendaraan.

Selain KUR BRI, jenis produk pinjaman yang bisa digunakan untuk usaha di sektor pertanian, perdagangan, perindustrian, maupun jasa ialah KUPEDES. Dengan pinjaman kupedes BRI tersebut, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah melalui syarat yang mudah serta bunga yang ringan. Fasilitas lain yang lebih menarik, Anda akan dibebaskan dari biaya provisi, memperoleh asuransi jiwa, dan mendapatkan bonus angsuran.

Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Saran Kami jika ingin menggadai sertifikat rumah sebaiknya dilakukan di Bank. Dan salah satu Bank yang banyak dijumpai di Indonesia serta tersebar hingga ke pelosok desa ialah Bank BRI. Jika mau, Anda bisa memilih produk yang disebut dengan Kupedes BRI sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. Supaya lebih jelas, Anda bisa membaca dan memahami penjelasan yang akan Kami sampaikan di bawah ini. Dan semoga bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum memilih pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah.

Apa itu Kupedes BRI?

KUPEDES merupakan Produk pinjaman/ kredit yang dikeluarkan oleh Bank BRI dengan tingkat suku bunga bersaing dan bersifat umum. Pinjaman ini disegmentasikan untuk semua sektor ekonomi, khususnya ditunjukan untuk individual (badan usah maupun perorangan) yang memenuhi persyaratan. Proses permohonan pengajuan kredit akan dilayani di seluruh BRI Unit maupun Teras BRI.

Syarat Pinjaman Bank BRI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Cara gadai sertifikat rumah tidak jauh berbeda dengan pinjaman lainnya. Hal yang harus diperhatikan untuk pertama kalinya ialah pastikan bahwa jaminan yang digunakan sebagai agunan merupakan hak milik sendiri. Apabila sertifikat atas nama orang lain, maka harus mendapatkan pesetujuan dari pemilik asli. Selanjutnya, Syarat dan ketentuan mengajukan pinjaman bri jaminan sertifikat rumah lewat kupedes BRI, yaitu:

Ketentuan Nasabah
  • Nasabah merupakan Warga Negara Indonesia yang tidak sedang menerima kredit pada lembaga keuangan lainnya.
  • Memiliki bidang usaha yang sudah berjalan minimal selama 1 tahun.
  • Usia nasabah minimal 21 tahun dan maksimal 64 tahun (saat proses pelunasan)
Syarat (Jenis) Dokumen
  • Melampirkan identitas diri berupa E-KTP, KK (Kartu Keluarga) dan/atau SIM yang masih aktif.
  • Surat legalitas usaha (Minimal keterangan usaha dari Kepala Desa/ Lurah/ Pasar).
  • Fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah).
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  • Agunan berupa sertifikat rumah atas nama sendiri, bukan orang lain atau orang tua. Jika memang menggunakan hak milik bukan pribadi, maka diperlukan surat kuasa persetujuan dari pemilik sertifikat.

Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank BRI Jaminan Serifikat Rumah

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Serifikat Rumah bisa dilakukan di kantor unit terdekat yang berada disekitar lokasi Anda berada. Selanjutnya, Anda hanya perlu ke bagian Customer Service (CS) yang sedang bertugas. Jika memang sedang banyak nasabah mengantri, sebaiknya menunggu hingga tiba saatnya Anda dipanggil. Apabila Anda sudah dipanggil dan berada di depan CS yang dimaksud, serahkan semua persyaratan yang sudah dibawa sebelumnya. Kemudian, isi formulir yang diberikan oleh CS yang berada di depan Anda dan serahkan lagi jika memang sudah merasa lengkap.

Proses pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di Bank BRI tidak akan langsung cair. Sebab setelah pengajuan diterima, pihak bank akan melakukan survey rumah yang dijadikan sebagai agunan terlebih dahulu. Biasanya sesaat setelah peninjauan lokasi, pencairan akan dilakukan dalam waktu 3-7 hari kerja. Apabila sudah disetujui, Anda akan diminta datang ke kantor unit untuk proses penandatanganan perjanjian pinjaman. Jika sudah selesai, dana akan dicairkan kurang dari 30 menit.

Tips Agar Proses Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah Diterima

  • Rumah yang dijadikan sebagai agunan memiliki akses transportasi yang baik, minimal bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 seperti mobil. Hal ini disebabkan karena dengan lokasi yang strategis akan mempengaruhi taksiran harga mempermudah survei lokasi.
  • Rumah yang dijaminkan merupakan rumah yang layak dihuni, minimal terawat.
  • Lokasi rumah tidak menghadap ke pertigaan jalan atau yang biasa disebut dengan rumah sutet atau tusuk sate. Pasalnya, rumah yang seperti itu dinilai memiliki banyak hal mistis, misalnya kurang membawa hoki, angker dan sebagainya.
  • Kepemilikan sertifikat rumah atas nama sendiri, bukan orang tua, ataupun orang lain. Jika sertifikat rumah atas nama orang lain, maka harus dengan surat persetujuan sdari semua yang berhak atas rumah tersebut.
  • Rumah tidak dalam keadaan sengketa baik internal maupun eksternal.

Bunga Dan Tabel Angsuran Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Setelah menerima sejumlah dana pinjaman yang diajukan, Anda diwajibkan membayar cicilan setiap bulan sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank BRI. Mengenai hal tersebut banyak yang menanyakan berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan?. Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, ada baiknya Anda melihat tabel angsuran pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah di awah ini.

Tabel Angsuran Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah
Tabel Angsuran Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bank BRI

Berdasarkan tabel angsuran di atas dapat disimpulkan bahwa besaran suku bunga sangat bergantung pada jumlah dana dan jangka waktu (tenor) pinjaman yang diambil. Jika ditampilkan menggunakan simulasi perhitungan angsuran pinjaman, Bank BRI menetapkan suku bunga sebesar 13,5% per tahun. Apabila nasabah terlambat dalam melakukan pembayaran cicilan, akan dikenakan biaya denda sebesar Rp 25.000,- per hari. Sedangkan untuk biaya pelunasan sebelum jatuh tempo, denda yang diberikan kepada debitur sebesar 1% dari sisa pinjaman.

Cara membayar angsuran pinjaman dengan sertifikat rumah bisa dilakukan langsung pada kantor unit atau melalui marketing Bank BRI. Jika sedang tidak banyak waktu, Anda bisa saja nitip ke kerabat yang bekerja pada salah satu cabang BRI. Atau melalui kerabat yang bisa dipercaya dan biasa lewat di depan Bank BRI.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Bank BRI Menggunakan Jaminan Sertifikat Rumah?

Sebagaimana yang Kami sebutkan sebelumnya, bahwa kebutuhan memang datang secara tak terduga. Dalam mengatasi kebutuhan yang datang secara tiba-tiba tersebut, sebaiknya kita harus tetap tenang. Kita tidak boleh ceroboh dalam mengatasinya. Meskipun banyak yang menawarkan hutang mulai dari lembaga atau perorangan yang cepat cair, ada baiknya Anda jangan terburu-buru. Sebab bisa jadi pinjaman tersebut memiliki bunga yang tinggi, sehingga menjadi beban dikemudian hari. Oleh karena itu, Bank BRI menawarkan diri sebgai tempat pijaman dengan sertifikat rumah.

Sebelum pinjam uang di Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Sebab, tidak semua produk pinjaman yang mereka tawarkan sudah sempurna, termasuk pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah yang disebut dengan KUPEDES. Untuk itu, Anda bisa melihatnya pada daftar yang sudah Kami rangkum di bawah ini.

Kelebihan KUPEDES BRI

  • Pinjaman dana kupedes bisa untuk apa saja karena sudah bersifat multiguna. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan, perbaikan rumah, pembelian kendaraan, dan sebagainya.
  • Bisa dijadikan sebagai modal usaha yang bergerak disektor pertanian, perdagangan, perindustrian, maupun jasa lainnya.
  • Tidak harus menggunakan agunan yang bersertifikat. Jadi kalian bisa gadai ajb, emas, girik atau sejenisnya. Meski demikian, pihak BRI akan memprioritaskan agunan yang bersertfikat karena kepemilikannya lebih jelas.
  • Nasabah bisa memilih angsuran sesuai dengan kebutuhan, baik bulanan/ musiman/ tempo lainnya.
  • Suku bunga yang diberikan nasabah bersaing
  • Persyaratan untuk mendapatkan dana cepat.
  • Gratis biaya provisi, sedangkan untuk biaya administrasi cukup murah yaitu sebesar Rp 10.000,-
  • Hebatnya lagi, nasabah akan mendapatkan asuransi jiwa kredit, jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia. Jadi jika nasabah meninggal dunia, pihak keluarga tidak perlu membayar sisa angsuran. Akan tetapi akan dilunasi oleh pihak asuransi.
  • Metode pembayaran dapat dilakukan di semua BRI Unit maupun melalui EDC Collection.
  • Bagi nasabah yang membayar angsuran tepat waktu, akan diberi bonus khusus berupa hadiah mencapai jutaan rupiah.

Kekurangan KUPEDES BRI

  • Jika nasabah terlambat melakukan pembayaran cicilan, akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000,- per hari.
  • Denda pelunasan dipercepat sebesar 1% dari sisa pinjaman yang diajukan.
  • Apabila tidak mampu melunasi sejumlah angsuran, ada kemungkinan agunan yang dijadikan jaminan akan disita oleh pihak Bank.

Demikian penjelasan dari Kami mengenai pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah. Jika Anda merasa tidak cocok dengan produk yang ditawarkan ini, Anda bisa mengajukan KTA Bank BRI yang bisa diajukan tanpa jaminan. Untuk infoemasi lebih jelas, Anda bisa menghubungi call center Bak BRI melalui 14017 / 1500017, atau datang langsung ke kantor unit maupun cabang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *