pinjaman bank bri jaminan bpkb
pinjaman bank bri jaminan bpkb

Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor/Mobil

Posted on

Pinjaman uang dana cepat sebenarnya tidak harus dilakukan dengan cara meminjamnya melalui jalur kredit. Anda bisa meminjam kepada Keluarga seperti saudara, teman, atau kerabat terlebih dahulu. Sebab mereka bisa memberikan pinjaman tanpa jaminan. Namun jika memang terpaksa karena kondisinya sudah mendesak, Anda bisa mengajukan Pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor/mobil.

Sebenarnya pinjaman uang dengan jaminan BPKB tidak harus melalui bank BRI saja. Karena saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang memberikan kemudahan dalam pengadaan dana cepat. Sebagai contoh, Anda bisa gadai BPKB di Bank BNI, Mandiri, serta BCA. Akan tetapi, sebagai debitur Anda harus memiliki kesabaran tinggi. Hal ini disebabkan karena Anda harus mentaati berbagai persyaratan dan ketentuan yang berlaku pada suatu bank tertentu.

Ada layanan pinjaman dana cepat selain bank yang sudah disebutkan di atas, misalnya pinjaman BPKB motor adira. Akan tetapi kekurangan meminjam dana di tempat tersebut, jika proses pengangsuran telat sehari saja Anda bisa didatangi Debt Collector. Meskipun tanpa survey, namun bunga yang didiberikan jauh lebih tinggi. Mengingat hal tersebut, sebaiknya Anda meminjam uang di bank saja.

Syarat dan ketentuan pada masing-masing bank berbeda sesuai dengan peraturan yang berlaku pada Bank yang terkait. Pada kasus ini, tidak sedikit debitur yang sudah mengajukan pinjamannya namun dipersulit oleh birokrasi. Disamping itu, kadang mereka juga memberatkan dengan suku bunga yang diberikan kepada debitur.  Oleh sebab itu, bersiaplah apabila jika Anda tidak bisa mengangsur akan kehilangan agunan yang diajukan.

Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Lembaga keuangan baik milik pemerintah maupun swasta banyak yang memberikan produk pinjaman dana cepat. Diantara banyaknya lembaga keuangan tersebut, yang menjadi pilihan banyak orang salah satunya ialah Bank BRI. Bukan tanpa alasan, hanya saja bank BRI sudah terkenal banyak tersebar hingga pelosok pedesaan. Bagi yangakan mengajukan pinjaman, Anda bisa mendapatkannya dengan atau tanpa jaminan.

Setidaknya ada 4 jenis pinjaman yang Kami ketahui yang disediakan oleh Bank BRI. Ke empat jenis tersebut antara lain pinjaman mikro, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pinjaman tanpa agunan (KTA), dan yang terakhir kredit program. Dari jenis pinjaman tersebut, yang paling banyak menjadi pilihan masyarakat indonesia adalah KUR dan KTA.

Kredit usaha rakyat (KUR) merupakan salah satu bentuk penjaman yang dipasarkan bagi pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). KUR dijadikan sebagai pilihan yang tepat karena bisa membantu mengembangkan usaha maupun memperluas usahanya karna keterbatasan modal. Salah satu bentuk KUR yang banyak diajukan oleh pemilik UMKM adalah dengan mengajukan pinjaman atau Kredit Bank BRI menggunakan jaminan BPKB.

Sedangkan KTA ialah produk pinjaman yang brlaku bagi siapa saja dengan catatan calon debitur memiliki pendapatan sebesar 3 juta perbulan. Penggunaan debitur bisa sebagai biaya produktif ataupun non produktif. Misalnya untuk biaya pendidikan, pengobatan, pembelian kendaraan, ataupun pembangunan rumah.

Jika Anda tidak memiliki kriteria di atas, yaitu bukan pemilik usaha kecil dan tidak memiliki haji di atas 3 juta, Anda bisa memilih pinjaman mikro BRI. Pinjaman tersebut berupa KUPEDES. Kupedes BRI bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang hidup di daerah pedesaan. Disamping berlaku untuk sektor usaha jasa, perindustrian, perdagangan, dan pertanian, juga sangat fleksibel dibandingkan produk pinjaman mikro lainnya.

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Beberapa syarat dokumen yang harus dipersiapkan sebagai jaminan pinjaman bank BRI dengan akad gadai BPKB baik motor maupun mobil, yaitu:

  1. BPKB motor asli yang akan dijadikan sebagai agunan/ jaminan.
  2. Fotocopy KTP Asli suami-istri yang masih berlaku.
  3. Fotocopy Kartu keluarga
  4. Bagi yang belum menikah, harap melampirkan surat keterangan yang menyatakan status lajang.
  5. Slip gaji/ surat keterangan penghasilan.
  6. Tanda tangan surat perjanjian di atas materai 6000 yang berisi syarat dan ketentuan yang berlaku. Isi surat tersebut ialah ketentuan apabila dalam mengangsur cicilan macet, BRI berhak menarik motor tersebut.
  7. Fotocopy NPWP jika Anda seorang pengusaha.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, selanjutnya Anda akan diminta mengisi formulir pinjaman uang jaminan BPKB yang disiapkan oleh Bank BRI. Prosedur pengajuan gadai BPKB motor atau mobil di bank manapun sebenarnya tidak jauh berbeda. Artinya, Anda harus melunasi pajak yang sesuai dengan nomor STNK setiap tahunnya. Cara mengajukan  gadai BPKB motor atau mobil yang tidak ada kendala terkait dengan perpajakan, akan menjadi pertimbangan pihak Bank.

Suku Bunga Dan Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

Berikut informasi tabel pinjaman bank bri dengan jaminan BPKB yang diambil dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

suku bunga dan tabel pinjaman bank bri jaminan bpkb
suku bunga dan tabel pinjaman bank bri jaminan bpkb

Pengambilan dana di atas Rp 60 Juta s/d Rp 100 Juta besar suku bunga yang diterapkan sebesar 1,2 %. Sebagai informasi tambahan bahwa besar angsuran pembayaran kredit dan suku bunga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, Anda harus selalu Update informasi terbaru yang dikeluarkan oleh Bank BRI.

Persentase dana yang dicairkan sebesar 70% dari nilai barang yang dijadikan agunan. Contohnya jika Anda meminjam uang dengan jaminan BPKB senilai Rp 15 juta, maka dana yang keluar sekitar Rp 9 jutaan. Apabila proses peminjaman sudah dicairkan, selanjutnya Anda membayar angsuran setiap bulan sesuai besar suku bunga yang ditetapkan.

Kelebihan dan kekurangan gadai BPKB motor di Bank

Meskipun terlihat cukup praktis, mudah, serta cepat namun bkan berarti tidak terdapat kekurangan di dalamnya. Ada beberapa keunggulan dan kekurangan pinjaman uang dengan sistem gadai BPKB motor ataupun mobil, diantaranya yaitu:

Keunggulan:
  1. Prosesnya memang mudah dan cepat.
  2. Syarat mudah
  3. Nilai pinjaman sangat fleksibel
  4. Tenor yang tersedia sesuai dengan keinginan nasabah, yaitu diantara 1 tahun hingga 5 tahun.
  5. Suku bunga yang diberikan sangat kompetitif.
Kekurangan
  1. Jika debitur tidak bisa mengangsur, agunan yang dijadikan jaminan akan hilang
  2. Proses sedikit agak lama karna melalui survey terlebih dahulu bagi yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa produk pinjaman bank bri jaminan bpkb lebih banyak memberikan kelebihan serta aman, nyaman, dan mudah. Hal tersebut terbukti karena Bank BRI telah memberikan fasilitas dan layanan yang maksimal sebagai bank nasional. Salah satu contoh yang sudah berjalan ialah gadai BPKB motor ataupun mobil sebagai solusi memperoleh pinjaman untuk mengembangkan usaha. Meskipun sudah dipermudah, namun Anda tetap harus melengkapi persyaratan dan mengikuti ketentuan mengajukan kredit Bank BRI. Jika sudah memahami semua syarat dan ketentuan tersebut, maka pencairan dana cepat bisa segera turun ke tangan Anda. Demikianlah penjelasan dari Kami. Semoga bisa memberikan sedikit wawasan dan menjadi manfaat bai Anda yang ingin mencari pinjaman melalui gadai BPKB di Bank BRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *