pinjam uang tanpa bunga

Syarat Pinjam Uang Tanpa Bunga Dan Jaminan

Posted on

Pinjam uang tanpa bunga dan jaminan saat ini sedang menjadi incaran bagi sebagian pelaku UMKM guna menambah modal dalam mengembangkan bisnis atau usaha. Namun yang jadi kendala ialah dari kebanyakan pinjaman mengharuskan adanya jaminan atau agunan. Disamping itu pinjaman yang diberikan oleh pihak penyedia pinjaman menerapkan suku bunga mulai dari kecil hingga besar. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak pinjaman tanpa bunga yang ditawarkan melalui online maupun offline.

Adakah empat pinjaman uang tanpa bunga dan jaminan?. Jawabannya tentu saja Ada, tergantug kepada siapa Anda mengajukannya. Apabila Anda berusaha mencari pinjaman tanpa bunga di Bank mungkin akan sia-sia. Namun jika menggali lebih dalam melalui internet, sebenarnya pinjaman bukan hanya ditawarkan oleh Bank atau lembaga keuangan saja. Oleh karena itulah, Kami akan memberitahu syarat dan cara pinjam uang tanpa bunga dan jaminan sehingga kebutuhan Anda bisa terpenuhi.

Pinjam Uang Tanpa Bunga Dan Jaminan

Sebagaimana yang sudah Kami sebutkan sebelumnya bahwa pinjam uang cepat cair bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pinjam uang tanpa bunga Online

Seiring dengan kemajuan teknologi, pinjaman uang online bisa Anda peroleh tanpa harus mengeluarkan suatu jaminan dan syarat melalui satu jari saja. Artinya hanya dengan menggunakan Handphone atau HP sudah bisa memperoleh puluhan hingga ratusan juta. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 2 juta, 50 juta, 100 juta sampai dengan 300 juta. Namun jika tidak memiliki HP yang mendukung, bisa melalui pc atau komputer. Point yang paling penting disini ialah Anda diharuskan memiliki koneksi ke internet dan mendownload aplikasi pinjaman tanpa bunga terlebih dahulu.

sebelum Anda mendownload dan menginstal app pinjam uang tanpa bunga, tentukan terlebih dahulu kemana Anda akan mengajukan pinjaman. Disini kami rekomendasikan tempat pinjam uang terpercaya guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan dihari yang akan datang. Contohnya adalah Tunaiku, Rupiahplus, Uangteman, Cermati, DBS, dan lain sebagainya. Perhatikan pula legalitas lembaga keuangan terkait apakah sudah tedaftar ke dalam Otoritas Jasa keuangan (OJK) atau belum.

Pinjam uang tanpa bunga di pegadaian

Tempat pinjam uang tanpa bunga yang selanjutnya adalah menggunakan jasa PT Pegadaian. Sebagai perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Pemerintah), Pegadaian bis menjadi alternatif dalam memperoleh pinjaman tanpa bunga.

Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa di Pegadaian memberikan bunga, akan tetapi sistem yang berlaku ialah sewa modal. Di pegadaian, Anda hanya akan dikenakan sejumlah biaya administrasi. Sistem sewa modal yang dimaksud akan dihitung setiap 15 hari sebanyak 1,15%. Nah, apabila Debitur (peminjam dana) membayar hutang kurang dari 15 hari, maka sewa modalnya akan semakin rendah.

Berapakah plafond pinjaman dana yang akan cair kepada debitur?.

Jumlah pinjaman yang akan diterima oleh debitur tergantung pada nilai taksir dari aset yang dijadikan sebagai jaminan kepada pegadaian. Jadi, semakin berharga agunan yang dijadikan sebagai jaminan, maka plafond yang ditawarkan semakin banyak/tinggi. Beberapa contoh barang yang bisa Anda jadikan sebagai jaminan di pegadaian antara lain ialah barang elektronik, perhiasan dan atau emas, surat BPKB motor atau mobil. Nah, barang-barang tersebut nantinya akan ditaksir terlebih dahulu untuk menentukan jumlah pinjaman. Apabila umur barang semakin muda, maka nilai pinjaman semakin tinggi, begitu sebaliknya. Selesai ditaksir, Anda akan mendapatkan pinjaman uang tunai langsung cair.

Baca Juga:

Pinjaman dana tunai Sistem Syariah

Tempat pinjam uang tanpa bunga yang selanjutnya ialah melalui sistem syariah. Pinjaman syariah menggunakan sistem bagi hasil (kemitraan) dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna. Namun jika kegiatan sewa atau gadai disebut dengan Rahn atau Qardul Hasan.

Syariah memiliki gerakan pinjaman tanpa riba. Oleh karenanya cara ini tepat untuk Anda yang sedang mencari pinjaman tanpa bunga untuk melengkapi kebutuhan hidup seperti modal usaha. Meskipun begitu, Anda diharuskan untuk mengetahui berapa cicilan atau angsuran serta periode (tenor) pinjaman syariah. Sebagai tambahan saja bahwa saking banyaknya lembaga keuangan syariah memberikan penawaran dalam bentuk pinjaman KTA Syariah

Syarat Dan Cara Pinjam uang tanpa bunga Dan Jaminan

Dari sekian banyak lembaga keuangan, Kami akan memberikan syarat dan cara memperoleh pinjaman di  pegadaian sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa menyimaknya pada penjelasan di bawah ini.

Syarat pinjam uang tanpa bunga di pegadaian
  • Fotocopy Identitas diri. Bisa menggunakan KTP, Pasport, SIM, atau identitas resmi lainnya
  • Membawa dan menyerahkan barang jaminan, misalnya BPKB dan STNK motor atau mobil Asli
  • Menyetujui dengan cara tanda tangan pada Surat Bukti Kredit (SBK).

Cara pinjam uang di pegadaian

Langkah yang harus Anda lakukan pertama kali tentu saja mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan peraturanyang berlaku di Pegadaian. Apabila sudah lengkap, Anda bisa mengunjungi lokasi kantor cabang pegadaian terdekat dengan domisili Anda berada. Jangan lupa membawa jaminan atau aset berharga yang sudah Kami sebutkan di atas untuk dilakukan penaksiran harga. Sesampainya di lokasi, silahkan mengambil nomor antrian di bagian teller atau Customer Service yang akan memandu proses pinjaman di pegadaian. Cara pinjam uang di pegadaian sebenarnya tidak membutuhkan proses yang ribet dan bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Setelah mendapatkan sejumlah uang pinjaman dari pegadaian, Anda diharuskan membayar cicilan dengan cara datang langsung ke kantor pegadaian dimana Anda melakukan pinjaman. Jika tidak memiliki banyak waktu karena biasanya harus mengantri, bisa dilakukan melalui transfer via ATM.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjam Uang Tanpa Bunga Dan Jaminan

Disamping mengetahui syarat dan cara pinjaman uang tanpa bunga yang memang menggiurkan, Anda juga diharuskan mengerti kelebihan dan kekurangan pinjam uang tanpa bunga. Sebab, resiko ini bisa dihadapi oleh peminjam maupun pemberi pinjaman.

Kelebihan pinjam tanpa bunga dan jaminan

  • Bagi kreditur akan sangat diminati oleh debitur sehingga target bulanan bisa tercapai.
  • debitur tidak terlalu pusing dalam mendapatkan pinjaman
  • Prosesnya mudah meskipun dalam pencairannya sedikit memakan waktu.
  • Pinjaman dana tunai pribadi tanpa syarat apapun

Kekurangan pinjaman tanpa bunga dan jaminan

  • Kreditur akan mengalami kesulitan keuangan jika penerima pinjaman tidak lancar membayar.
  • Pinjaman tanpa bunga berpotensi membuat debitur menjadi sewenang-wenang, misalnya menyepelekan dalam pengembalian dana pinjaman
  • Debitur akan berurusan dengan debt collector jika terhambat dalam proses pelunasan pinjaman
  • Apabila debitur mengalami gagal bayar, maka catatan kredit akan tercatat di BI Checking sebagai peminjam buruk.

Demikianlah pembahasan mengenai pinjam uang tanpa bunga dan jaminan yang dapat Kami sampaikan. Semoga bisa memberi wawasan dalam mencari pinjaman tanpa bunga dan agunan atau jaminan. Sebab dengan begitu debitur akan merasa aman dan tidak merasa dikejar-kejar oleh tanggungan yang berat. Jika merasa bermanfaat, silahkan sampaikan kepada kerabat terdekat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *