mandiri giro rupiah
Tabungan giro mandiri rupiah

Syarat Pembukaan Rekening Tabungan Mandiri Giro Rupiah

Posted on

Mandiri Giro Rupiah merupakan tabungan atau simpanan dana pihak ketiga dalam Rupiah yang dapat ditarik menggunakan cek, bilyet giro, atau sarana perintah pembayaran lainnya. Dengan adanya produk yang dikeluarkan oleh bank mandiri tersebut, Anda bisa bersaing dan mampu menghadapi tantangan bisnis atau usaha. Oleh sebab itu dibutuhkanlah berbagai sarana pendukung yang terpercaya guna mengembangkan perekonomian bangsa.

Mungkin Anda melihat penggunaan cek hanya melalui sinetron di televisi. Khususnya orang desa ketika ada orang mengeluarkan kertas bertuliskan nominal puluhan hingga ratusan juta rupiah akan sangat kagum. Tentu orang tersebut diklaim sebagai orang kaya. Tapi jangan salah sangka karena selain tabungan giro mandiri untuk perorangan, juga bisa dibuka oleh sebuah perusahaan atau instansi yang memenuhi syarat. Nah, oleh karena itu, pahami ulasan mengenai giro rupiah di bank mandiri yang akan kami bahas untuk Anda di bawah ini.

Tabungan Mandiri Giro Rupiah

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Kita mengetahui informasi penting mengenai keuntungan atau manfaat yang diberikan melalui jenis tabungan mandiri tipe giro ini. Sebab pepatah mengatakkan “tidak kenal maka tidak sayang”. Untuk itu, mari kita kenalan dengan melihat apa saja yang akan kita peroleh dari mandiri giro rupiah.

Manfaat tabungan giro mandiri rupiah:

  • Nasabah akan mendapatkan Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif

Melalui sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda akan diberi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang besar. Syaratnya ialah saldo rekening yang Anda miliki harus semakin tinggi.

  • Kemudahan dalam bertransaksi

Dengan adanya fasilitas jaringan Mandiri ATM lebih dari 17.000 unit dan didukung dengan 2.500 kantor cabang Bank Mandiri online membantu Anda lebih leluasa dalam melakukan transaksi perbankan. Dengan begitu transaksi bisnis menggunakan cek dan bilyet giro bank mandiri menjadi lebih mudah. Disamping itu, proses penyetoran dan penarikan dana dapat dilakukan di kantor cabang. Karena sudah menggunakan sistem online, transaksi bisa dilakukan melalui Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri Internet (khusus rekening Mandiri Giro perorangan). Uniknya, Anda bisa membuka rekening tabungan giro mandiri rupiah ini atas nama 2 orang pribadi (joint account).

  • Pindah dana otomatis (Sweep Account khusus Rekening Mandiri Giro Rupiah Perorangan).

Sejumlah dana dari rekening mandiri giro atau mandiri tabungan ke rekening giro rupiah dapat Anda pindahkan (Sweep Account), sehingga kecukupan saldo di rekening Giro Rupiah Anda dapat terjamin.

  • Fasilitas Auto Debit

Bagi Anda yang memiliki tagihan tiap bulan bisa membayarnya dengan sistem autodebit supaya tidak mengalami keterlambatan hingga kelalaian.

Syarat Pembukaan Rekening Tabungan Mandiri Giro Rupiah

Persyaratan membuka rekening tabungan giro mandiri rupiah sebenarnya sangat mudah. Cara yang harus Anda lakukan hanya perlu melengkapi berbagai syarat berikut ini:

  • Menyerahkan Setoran awal sebesar Rp. 1.000.000
  • Saldo minimum giro mandiri rupiah sebesar Rp 1.000.000
  • Nasabah tidak terdaftar ke dalam daftar BI Checking.
  • Dokumen pendukung:
    Perorangan Perusahaan
    Usia nasabah minimal 21 tahun ke atas atau sudah menikah Mengisi dan menandatagani formulir permohonan
    Mengisi dan menandatagani formulir permohonan Melampirkan Fotocopy identitas pejabat yang berwenang, meliputi KTP/SIM/Paspor dan KIMS/KITAS), dan NPWP
    Melampirkan Fotocopy KTP/SIM/Paspor dan KIMS/KITAS), dan NPWP Fotocopy TDP, SIUP, dan Akte pendirian perusahaan
    Pas foto ukuran 4×6

Biaya Administrasi Mandiri Giro Rupiah

Dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, berikut ini adalah beberapa tarif yang ditetapkan berdasarkan jenis layanan masing-masing nasabah.

Layanan Biaya
Biaya Administrasi Bulanan
Pemerintah Bebas
Nasabah Perorangan dan Jenis Badan Lainnya Rp. 25.000,-/ bulan
Biaya Pengganti Buku Cek / Bilyet Giro Rp 1.000,-/ lembar (tanpa Meterai)
Biaya Counter Cheque Rp 2.000,-/ lembar (tanpa Meterai)
Biaya Pembatalan Bilyet Giro Rp. 30.000,- / lembar
Biaya Cek atau Bilyet Giro hilang:
Formulir belum diisi Rp. 30.000,- / warkat
Formulir telah diisi Rp. 30.000,- / laporan
Biaya saldo dibawah ketentuan minimum Rp. 25.000,-/ bulan
Biaya Fungsi Sweep Rp. 10.000,-/ bulan
Biaya administrasi rekening pasif Rp. 250.000,-/ bulan
Biaya Penutupan:
Permintaan nasabah Rp. 25.000,-
Penutupan oleh Bank Rp. 20.000,-
Biaya cetak rekening koran diluar R/K bulanan :
< 3 bulan Rp 2.500,-/ lembar
> 3 s/d 6 bulan Rp 5.000,-/ lembar
> 6 s/d 9 bulan Rp 10.000,-/ lembar
> 9 s/d 12 bulan Rp 15.000,-/ lembar
> 12 bulan Rp 20.000,-/ lembar

Itulah pembahasan mengenai syarat pembukaan rekening tabungan mandiri giro rupiah yang bisa Kami sampaikan. Perbedaan giro rupiah dengan giro valas mandiri tidak terlalu signifikan. Biasanya hanya terletak pada mata uang yang digunakan. Semoga apa yang Kami uraikan di atas bisa menambah wawasan dan dapat menjadi sumber bagi Anda yang ingin membuka rekening giro rupiah di bank mandiri. Apabila kurang jelas Anda bisa datang ke kantor mandiri atau menghubunginya melalui Telp: 14000, +62-21-52997777.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *