KUR Mandiri
Kredit Usaha Rakyat / KUR Mandiri

Syarat, Cara Dan Tabel Angsuran KUR Mandiri

Posted on

KUR Mandiri bisa dijadikan sebagai solusi pinjaman dana modal usaha khusus bagi Anda selaku pelaku UMKM produktif. Selain bisa dijadikan sebagai modal, Pinjaman tersebut  juga bisa dimanfaatkan untuk kredit investasi. Hal tersebut disebabkan karena dana KUR dari Bank Mandiri baik Syariah maupun BUMN mencapai Rp 500 Juta. Dengan begitu Anda dapat mengembangkan usaha melalui KUR yang ditawarkan oleh Bank Mandiri.

Selaku Bank milik Pemerintah maupun dalam bentuk Syariah, Mandiri hadir untuk turut membantu berkembangnya suatu usaha mikro kecil menengah (UMKM). Keterlibatan Bank mandiri ternyata disambut baik oleh sebagian besar wiraswasta yang terkendala dengan modal. Oleh karena itu, Bagi Anda yang ingin mengajukan Pinjaman KUR Mandiri tidak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah ada yang bisa diajukan tanpa jaminan atau agunan tergantung jenis yang dipilih. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak pada penjelasan singkat yang akan Kami sampaikan di bawah ini.

Apa Itu KUR Mandiri?

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri merupakan bentuk kredit yang sebagai pembiayaan yang ditawarkan kepada pelaku UMKM produktif dan layak, namun belum bisa memenuhi syarat perbankan (bankable). Dengan adanya pembiayaan tersebut diharapkan usaha yang sedang berjalan bisa meningkat dan berkembang pesat. Selain itu, pelaku usaha bisa lebih memiliki daya saing UMKM. Sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan serta mengurangi angka kemiskinan .

Sebelum membahas lebih jauh mengenai syarat dan cara mengajukan pinjaman KUR dari Bank Mandiri, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis-jenisnya. Tujuannya supaya Anda tidak mengalami kendala dikemudian hari. Terlebih agar tidak salah paham bahwa tidak semua pinjaman dalam bentuk KUR membutuhkan suatu jaminan. Berikut ini Jenis-jenis KUR yang ada di Bank Mandiri yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis-jenis KUR Mandiri

1). KUR Mikro

Pada jenis Kredit Usaha Mikro yang satu ini, jumlah limit kredit yang diberikan maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur. Untuk tenor atau jangka waktu pelunasan selama 4 tahun (untuk modal kerja), dan 5 tahun (untuk pembiayaan investasi). Anda bisa mendapatkan sejumlah pinjaman KUR bank Mandiri ini tanpa jaminan. Namun ada beberapa hal yang perlu dipahami bahwa syarat dan ketetuan berlaku.

2). KUR Ritel

Bank Mandiri memberikan jenis KUR Ritel dengan jumlah limit kredit di atas Rp 25 juta hingga maksimal Rp 200 juta per debitur. Anda hanya disediakan jangka waktu untuk melakukan proses pelunasan maksimal selama 3 tahun untuk kredit modal kerja, dan 5 tahun untuk kredit investasi. Untuk mendapatkan pinjaman ini, Anda membutuhkan jaminan berupa BPKB kendaraan motor atau mobil, sertifikat tanah atau rumah, serta surat kepemilikan bangunan.

3). KUR Penempatan TKI

KUR TKI Mandiri disediakan pinjaman dengan jumlah limit kredit maksimal mencapai Rp 25 juta per debitur. Sedangkan jangka waktu pelunasan maksimal 3 tahun atau sesuai dengan masa kontrak kerja. Seperti halnya KUR Mikro Mandiri, Anda bisa mengajukan pinjaman ini tanpa jaminan.

4). KUR Khusus

Pinjaman KUR Khusus merupakan kredit yang disediakan oleh Bank Mandiri dengan limit di atas Rp 25 juta – Rp 500 juta. Kredit ini diberikan kepada kelompok dalam bentuk cluster dengan menggunakan sistem Mitra Usaha. Jenis kelompok yang bisa mengajukan pinjaman KUR Khusus ialah usaha yang bergerak dalam komoditas perkebunan, peternakan, serta perikanan. Jangka waktu pelunasan dibedakan berdasarkan kegunaannya. Apabila dana pinjaman digunakan untuk pembiayaan modal kerja, tenor yang diberikan paling lama 4 tahun. Namun jika digunakan sebagai pembiayaan investasi, jangka waktu pinjaman maksimal selama 5 tahun.

Baca Juga : Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman KUR BNI

Apa Saja Syarat Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri?

Sebagai calon debitur, ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi. Syarat mengajukan Pinjaman KUR melalui Bank Mandiri meliputi:

Ketentuan Debitur:

KUR Mikro dan Ritel:

  • Debitur merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pelunasan kredit.
  • Memiliki usaha produktif yang telah berjalan 6 (enam) bulan dan dinyatakan layak oleh pihak Bank Mandiri.
  • Tidak sedang menerima sejumlah kredit pada lembaga keuangan lainnya.
  • Apabila terdapat sejumlah kredit, harus berasal dari penyalur yang sama dengan kolektibilitas lancar.
  • Tidak masuk Daftar BI Checking.

KUR TKI Mandiri:

  • Usia 21 (dua puluh satu) tahun.
  • Tidak memiliki kredit pada perbankan atau lembaga keuangan lainnya baik melalui program pemerintah di daerah ataupun nasional.
  • Tidak masuk ke dalam daftar BI Checking.

Syarat Dokumen:

Jenis Dokumen Jenis KUR Mandiri
Mikro Ritel TKI
Identitas diri berupa E-KTP, Akta kelahiran, atau Kartu Keluarga
Fotokopi Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
Surat keterangan usaha (SIUP, TDP, dll) x
Fotokopi NPWP
Pas Foto 4×6 sebanyak 2 lembar
Fotokopi dokumen yang dijadikan sebagai agunan x x
Bukti pembayaran listrik atau telp (Jika ada)
Surat ijin dari suami/ istri/ orang tua/ wali untuk bekerja di luar negeri x x
Surat perjanjian kerja/ kontrak kerja dengan pengguna yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perseorangan x x

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Banyak pertanyan yang diajukan oleh calon debitur seperti Berapa jumlah cicilan KUR Mandiri?. Untuk menjawab persoalan yang dihadapi tersebut, Anda bisa menyimak pada daftar angsuran melalui tabel berikut ini:

Tabel Angsuran KUR Mandiri
Tabel KUR Mandiri

Melalui tabel angsuran KUR yang ditawarkan oleh Bank Mandiri di atas, Anda bisa lebih mudah menentukan jumlah pinjaman sesuai dengan kegunaan dan kemampuan membayar tiap bulan.

Berapa Tingkat Suku Bunga KUR Mandiri

Simulasi perhitungan cicilan dihitung berdasarkan tingkat suku bunga. Tahun lalu, pemerintah telah berhasil menurunkan bunga KUR dari yang awalnya sebesar 9% menjadi 7%. Jumlah tersebut berlaku pada pinjaman KUR yang ada pada Bank Mandiri. Akan tetapi, pada sejumlah daerah yang ada di Indonesia banyak yang menetapkan suku bunga mulai dari 3%, 4% hingga maksimal mencapai 7%. Hal yang perlu dipahami bahwa semakin tinggi nilai bunga, maka jumlah cicilan kumulatif akan semakin tinggi pula.

Baca Juga : Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri?

Cara mengajukan pinjaman Kredit usaha rakyat bisa dilakukan melalui kantor cabang terdekat yang ada di lokasi Anda berada. Anda hanya perlu datang ke kantor tersebut dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan. Sesampainya di kantor cabang, tanyaka terlebih dahulu kepada penjaga atau sekuriti apakah bisa mengajukan pinjaman KUR Mandiri. Jika bisa, segera;ah ambil antrian yang sudah disediakan di bagian customer service (CS). Apabila sudah dipanggil dan berada di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda sambil menyerahkan persyaratan yang sudah dibawa sbelumnya.

Proses pengajuan pinjaman KUR Bank Mandiri selain bisa melalui online. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol login yang berada pada website resmi Bank Mandiri. Meskipun mudah, namun Anda wajib daang ke kantor cabang guna melakukan verifikasi data dan menyerahkan dokumen jaminan (jika diperlukan). Baik pengajuan secara online atapun offline (konvensional), pinjaman akan diproses selama maksimal 14 hari kerja.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan KUR Mandiri?

Ada baiknya bagi calon debitur memahami secara cermat mengenai produk pinjaman yang diluncurkan oleh Bank Mandiri, salah satunya kredit yang dikhususkan utuk modal usaha atau biaya investasi ini. Sebab, segala produk perbankan tidak ada yang sempurna. Secara umum, berikut kami paparkan berbagai kelebihan dan kekurangan dari Kredit Ussaha Rakyat (KUR) Mandiri.

Kelebihan KUR Mandiri:
  • Proses pengajuan dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • Syarat mendapatkan kredit yang ringan.
  • Agunan untuk mendapatkan kredit berupa objek yang dibiayai.
  • Tingkat suku bunga sebesar 7% efektif per tahun.
  • Bebas agunan untuk KUR Mikro dan KUR Penempatan TKI.
Kekuranan KUR Mandiri:
  • Nilai barang yang dijadikan sebagai agunan minimal 70% dan maksimal < 100% dari nilai limit kredit.
  • Adanya proses survey usaha sebelum pencairan dana KUR.

Demikianlah pembahasan mengenai syarat, cara dan tabel angsuran KUR Mandiri. Anda tertarik?, silahkan datang langsung ke kantor unit maupun cabang terdekat. Anda juga bisa mengajukannya melalui marketing yang bertugas. Jika masih bimbang, silahkan hubungi pihak Bank melalui Mandiri call 14000. Semoga apa yang Kami sampaika bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *