KUR BRI

Syarat Dan Cara Pengajuan KUR BRI, Mudah Dan Cepat

Posted on

KUR BRI adalah pinjaman yang disediakan untuk pembiayaan usaha kecil dan menengah (UMKM) dari pemerintah. Pinjaman tersebut selalu mengeluarkan informasi terbaru setiap tahun seperti yang dilakukan ditahun 2016, 2017, 2018, hingga sekarang. Anda bisa mendapatkan berbagai keunggulan dari pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI, diantaranya adalah bunga yang rendah. Tidak Hanya itu, syarat dan cara pengajuannya pun juga mudah dan cepat. Dengan begitu, solusi untuk mengembangkan bisnis kini semakin terbuka lebar melalui Kredit Modal Kerja dan atau Kredit Investasi ini. Uniknya, Anda bisa mengajukannya hingga mencapai Rp 5, 20, 100, 200, 300, hingga mencapai 500 juta.

Sebagai informasi, saat ini Anda sudah dapat melakukan pengajuan KUR BRI tanpa jaminan, namun Anda harus memahami ketentuan yang berlaku. Nah, semenjak keberadaannya Bank BRI telah berhasil menyalurkan Dana KUR  sebesar Rp 18 triliun hingga akhir Februari 2019. Angka tersebut baru memenuhi 18% dari target sepanjang tahun ini, yaitu Rp 87 T. Sedangkan untuk jumlah debitur yang sudah berhasil mendapatkannya baru mencapai 747.000 nasabah.

KUR BRI (Kredit Usaha Rakyat)

Selaku kreditur atau penyedia pinjaman, Bank BRI telah membagi jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 3 bagian, yaitu KUR Mikro, Ritel, dan TKI. Perbedaan dari ketiga jenis tersebut terletak pada kegunaan dan jumlah pinjaman/plafond yang dapat cairkan kepada pemohon. Nah, lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini.

A. Pinjaman KUR Mikro BANK BRI

KUR Mikro BRI merupakan pinjaman Modal Kerja dan atau Investasi untuk perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak. Kriteria kelayakan ditentukan berdasarkan pendapatan dan tingkat keramaian produktivitas atau penjualan. Plafond yang dapat diajukan mencapai Rp 25 Juta per debitur.

B. Pinjaman KUR Ritel BANK BRI

KUR Ritel BRI merupakan pinjaman Modal Kerja dan atau Investasi untuk perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak. Dibandinkan dengan jenis pinjaman KUR yang pertama, Ritel dibagi menjadi 2, pertama kredit modal kerja (KMK), dan yang kedua kredit investasi (KI). Untuk KMK, nasabah hanya diberi jangka waktu melakukan pelunasan maksimal selama 4 (empat) tahun, sedangkan KI maksimal 5 tahun. Sesuai dengan namanya, untuk mengajukan KUR Ritel, debitur diharuskan memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Anda bisa membawa dana pinjaman KUR Ritel hinggtel sebesar > Rp 25 Juta hingga Rp 500 juta per debitur.

C. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI merupakan pinjaman perseorangan yang diberikan kepada calon TKI untuk pembiayaan keberangkatan ke negara penempatan, meliputi: Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Plafond yang disediakan sama seperti KUR Mikro, yaitu sebesar Rp 25 Juta. Jangka waktu pinjaman selama 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

Syarat KUR BRI

Pengajuan KUR BRI sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mengajukan secara mudah dan cepat dengan cara melengkapi berbagai persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Syarat KUR BRI dibedakan berdasarkan jenis yang sudah disebutkan di atas, antara lain:

A). KUR Mikro
  1. Dikhususkan untuk nasabah perseorangan (individu)
  2. Memiliki usaha produktif dan layak, serta beroperasi secara aktif minimal selama 6 bulan.
  3. Tidak memiliki pinjaman di perbankan, kecuali yang bersifat konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  4. Melengkapi persyaratan administrasi berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha
  5. Jenis pinjaman yang dapat diajukan berupa Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI)
B). KUR Ritel
  1. Pemohon pinjaman memiliki usaha produktif dan layak, serta beroperasi secara aktif minimal selama 6 bulan.
  2. Tidak memiliki pinjaman di perbankan, kecuali yang bersifat konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  3. Menyertakan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.
  4. Jenis pinjaman yang dapat diajukan berupa Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI)
  5. Menyertakan sebuah jaminan atau agunan sesuai dengan ketentuan Bank, misalnya sertifikat rumah, BPKB motor/mobil, dan sebagainya.

Lihat Juga: 

C). KUR TKI
  1. Dikhususkan untuk calon TKI (individu) yang akan berangkat ke negara penempatan.
  2. Tujuan Penempatan di negara Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.
  3. Melengkapi persyaratan administrasi, meliputi: KTP & KK, Surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa, Surat perjanjian penempatan, Passpor, Visa, dan ketentuan lainnya.

Setelah melengkapi berbagai persyaratan sesuai dengan jenis KUR yang diinginkan, cara mengajukan KUR di Bank BRI cukup dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Selanjutnya, Anda mengantri di bagian Customer service (CS) yang bertugas. Apabila sudah dipanggil dan berada di depan CS, sampaikan maksud kedatangan Anda dan serahkan persyaratan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Nantinya Anda akan diberi sebuah form pengajuan KUR BRI, dan jika sudah selesai biasanya akan diberi kartu debit yang bisa digunakan di mesin ATM. Bagi Anda yang ingin mengajukan secara online, Kami tidak memberikan rekomendasi karena Anda tetap harus ke kantor cabang guna melakukan verifikasi data diri.

Tabel KUR BRI

Jumlah angsuran per bulan baik KUR Mikro, Ritel, dan TKI tidak ada perbedaan. Selain melalui online, informasi mengenai cicilan bulanan juga dapat dilihat melalui brosur pinjaman KUR BRI yang ada di kantor cabang. Selain itu, Anda juga bisa meminta kepada petugas marketing yang bekerja di lapangan di setiap desa ataupun kota Anda berada. Untuk mendapatkan informasi terbaru dan resmi, silahkan hubungi layanan BRI terdekat atau melalui call centre di 14017 / 1500017. Namun jika sedang tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa melihat di artikel kami lainnya disini: Tabel angsura KUR BRI

Bunga KUR BRI

Suku bunga pinjaman di Bank BRI biasanya ditentukan berdasarkan besaran plafond dan tenor yang dipilih oleh pemohon. Akan tetapi untuk produk pinjaman KUR berlaku sebesar 7% pada setiap jenis KUR. Nah, sedangkan untuk bunga flat tiap bulan yang berbeda hanya tipe ritel. Ada 2 kemungkinan, pertama karena memang menggunakan jaminan, atau karena bisa berubah sewaktu-waktu. Ulasan ini dibuat dengan cara melihat situs resmi Bank BRI, dan disana pun tidak menyebutkan bunga flat untuk tipe KUR Ritel. Supaya lebih mudah dipahami, Anda bisa melihat besaran suku bunga KUR BRI di bawah ini.

Jenis KUR Suku Bunga Efektif Flat Bunga
Mikro 7 % per tahun 0.41% flat per bulan
Ritel 7 % per tahun
TKI 7 % per tahun 0.41% flat per bulan

Demikianlah pembahasan yang dapat Kami sampaikan. Semoga bisa menjadi dasar referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai syarat dan cara pengajuan KUR BRI. Apabila dibandingkan dengan jenis pinjaman Bank BRI lainnya, produk KUR memberikan berbagai kelebihan yang cukup memuaskan konsumen. Dengan suku bunga yang rendah Anda bisa membagi keuangan bulanan Anda dengan kebutuhan lainnya. Sebab kebutuhan yang pokok harus ada tiap bulan diantaranya biaya sekolah anak. Untuk itulah produk KUR sangat cocok menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *