kupedes bri

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI

Posted on

Kupedes BRI merupakan sebuah pinjaman dengan suku bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi. Pinjaman tersebut dikeluarkan oleh Bank BRI dan diberikan kepada badan usaha maupun perorangan (individu) melalui syarat dan ketentuan yang berlaku. Bagi Anda yang menginginkannya caranya cukup mudah, yaitu dengan menyertakan surat atau aset berharga sebagai jaminan kredit. Misalnya seperti sertifikat rumah, tanah, AJB, BPKB motor ataupun mobil. Kendati demikian bagi Anda yang tidak memiliki surat atau aset berharga bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan. Untuk itu silahkan datang dan konsultasikan langsung ke kantor cabang BRI terdekat terkait dengan pinjaman dana cepat tunai sesuai kebutuhan Anda masing-masing.

Tidak hanya KUPEDES, BRI juga mempunyai berbagai produk pinjaman atau kredit. Anda bisa memilih Kredit Tanpa Agunan (KTA), serta Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kedua jenis kredit tersebut tidak memerlukan syarat yang memberatkan calon nasabah (debitur). Karena itulah pinjaman tersebut sangat cocok bagi Anda yang memang memiliki latar belakang seorang pengusaha kecil, seperti pedagang dan petani. Namun perlu diketahui bahwasannya proses pencairan pinjaman baik KTA maupun KUR biasanya cukup lama. Bagaimana tidak?, pengajuan yang dilakukan terbilang cukup mudah. Cukup dengan memberikan surat keterangan usaha (SKU) yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah pinjaman tunai Bank BRI.

Kupedes BRI

Jika Anda memang membutuhkan pinjaman langsung cair dalam kurun waktu 1 hari atau kurang dari 14 hari, maka yang paling cocok adalah Kupedes. Semakin besar nilai jaminan atau agunan, maka akan semakin cepat pula pencairan pinjaman. Namun bagi nasabah yang tidak memiliki usaha, misalnya seperti karyawan atau PNS bisa mengajukan dengan persyaratan penghasilan perbulan yang dibuktikan slip gaji. Intinya, yang penting Anda memiliki identitas diri asli berupa e-KTP dan punya agunan maka sudah bisa mengajukan pinjaman Kupedes BRI. Dana pinjaman yang Anda peroleh nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik produktif maupun konsumtif. Contohnya seperti untuk modal usaha, investasi, atau pembelian kendaraan motor, mobil, renovasi rumah, pengobatan serta biaya pendidikan anak.

Kelebihan Kredit Atau Pinjaman Kupedes BRI

  1. Dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup yang bersifat produktif maupun konsumtif. Misalnya untuk biaya pendidikan, perbaikan tempat tinggal (rumah), pembelian kendaraan, usaha, investasi, dan lain sebagainya.
  2. Dana pinjaman yang Anda dapatkan dapat dialihfungsikan untuk semua sektor usaha, seperti pertanian, perdagangan, perindustrian, maupun jasa lainnya.
  3. Besar Suku bunga kupedes BRI bersaing, namun tidak berpengaruh terhadap proses pencairan pinjaman karena syaratnya tetap akan dipermudah.
  4. Agunan atau jaminan tidak harus menggunakan sertifikat. Karenanya Anda bisa menggunakan BPKB kendaraan atau aset berharga lainnya.
  5. Pembayaran angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan debitur, baik itu mau dibayar secara bulanan ataupun musiman.
  6. Biaya administrasi terbilang cukup rendah, yaitu sebesar Rp. 10.000,- dan sudah terbebas dari biaya provisi.
  7. Bagi debitur yang membayar angsuran tepat waktu akan mendapatkan hadiah atau bonus sebagai reward yang diberikan oleh pihak Bank BRI.
  8. Debitur berkesempatan mendapatkan asuransi jiwa kredit, jiwa kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia.
  9. Proses pembayaran angsuran dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BRI terdekat dimanapun Anda berada, aau bisa juga melalui EDC Collection.

Suku Bunga Kupedes BRI

Semua pinjaman tentu memiliki suku bunga yang dibebankan kepada debitur, baik itu pinjam dana ke Bank, koperasi, ataupun rentenir. Apabila Anda mencari pinjaman tanpa bunga, Anda bisa mencarinya kepada teman, kerabat, ataupun saudara. Berikut ini adalah tabel suku bunga yang dikenakan oleh pihak Bank BRI kepada debitur melalui kredit kupedes, antara lain:

Plafond Tenor Tingkat Suku Bunga Kupedes BRI
Rp. 21 Juta – Rp. 50 Juta 12 bulan – 60 bulan 1,2% per bulan
Rp. 55 Juta – Rp. 100 Juta 1 % per bulan
Rp. 105 Juta – Rp. 200 Juta 0,9 % per bulan

Perlu diketahui bahwa setiap bank memiliki tingkat suku bunga sendiri-sendiri. Ada yang memberikan dengan kisaran sekitar 0,1% hingga 2% per bulannya. Agar tidak terjadi simpang-siur atau kesalahpahaman yang diakibatkan terlalu banyak sumber tidak jelas, Anda wajib menanyakan langsung atau datang ke kantor cabang BRI terdekat. Sebagai catatan bahwa besar suku bunga pinjaman kupedes BRI dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:

Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Tabel Angsuran Pinjaman Kupedes BRI

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pinjaman Kupedes memiliki suku bunga yang bersaing. Bunga tersebut ditentukan berdasarkan jumlah dana (plafond) yang dipinjam, serta tenor yang diambil oleh debitur. Anda bisa memilih tenor pinjaman kupedes mulai dari 12 bulan – 60 bulan. Bedanya, semakin lama tenor pembayaran angsuran, maka semakin kecil nilai kreditnya. Kendati demikian, jika Anda memilih tenor yang panjang, jumlah keseluruhan atau jumlah kumulatif kredit menjadi sangat besar.

Supaya lebih jelas, silahkan simak pada tabel angsuran Kupedes BRI di bawah ini.

 tabel angsuran Kupedes BRI
tabel angsuran Kupedes BRI

Supaya lebih jelas mengenai tabel angsuran Kupedes BRI terbaru Anda bisa menanyakan kepada puhak marketing Bank BRI atau dengan melihat brosur kupedes yang telah disediakan di kantor cabang BRI terdekat.

Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman Kupedes BRI

Dilansir dari laman resmi bri.co.id ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh nasabah untuk bisa mengajukan kredit Kupedes, diantaranya ialah:

  1. Fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Surat Keterangan Usaha (SKU), Minimal surat keterangan usaha dari Kepala Desa/ Lurah/ Pasar.
  2. Fotocopy identitas diri berupa e-KTP/ SIM.
  3. Melampirkan Agunan atau jaminan berupa aset berharga, seperti sertifikat, akta jual beli (AJB) + PBB tahun terakhir, ataupun BPKB.
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Memiliki usaha produktif minimal 1 tahun.

Cara mengajukan kredit kupedes BRI:

Setelah melengkapi berbagai persyaratan di atas, Anda dipersilahkan untuk datang ke kantor unit kerja BRI terdekat. Seperti biasa pada umumnya, Anda diharuskan mengambil nomor antrian pada bagian Customer service (CS) dan nunggu hingga saatnya dipanggil. Jika sudah berada di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau mengajukan pinjaman kupedes BRI. Nantinya Anda akan disuruh untuk mengisi formulir permohonan. Pada tahap ini jangan lupa serahkan persyaratan yang sudah Anda bawa sebelumnya. Apabila sudah selesai, Anda sudah bisa meninggalkan tempat pengajuan kredit tersebut.

Proses persetujuan pinjaman biasanya membutuhkan waktu selama 7 hari kerja dan maksimal 14 hari kerja (tergantung sedikit atau banyaknya antrian debitur). Jika disetujui, pihak bank akan menghubungi Anda untuk melakukan tandatangan kontrak perjanjian kredit. Setelah itu, dana pinjaman akan langsung cair dalam kurun waktu beberapa jam setelah penandatanganan kontrak tersebut.

Jika dana pinjaman cair, wajib bai Anda untuk membayar angsuran perbulan. Besar angsuran KUPEDES BRI yang harus dibayarkan sesuai dengan tabel angsuran yang berdasarkan kepada jangka waktu (tenor) pinjaman. Anda bisa membayar angsuran tersebut melalui kantor cabang BRI, atau melalui agen BRILink. Jika kredit tidak dibayar akibat kelalaia atau bahkan disengaja, resiko yang akan Anda hadapi ialah jaminan yang dijadikan agunan akan hangus. Tidak hanya disitu, nama Anda juga akan tercatat di daftar BI Checking dan tidak bisa mengajukan pinjaman di lembaga keuangan manapun.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa BI Checking Dan Krtu Kredit

Demikianlah penjelasan mengenai Syarat Dan Cara Pengajuan Pinjaman KUPEDES BRI yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *