KTA Maybank
KTA Maybank

Syarat Mengajukan KTA Maybank, Mudah Dan Cepat Cair

Posted on

KTA Maybank merupakan pinjaman tanpa agunan perorangan yang digunakan sebagai solusi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia. Kebutuhan yang dimaksud ialah semua keperluan yang sifatnya konsumtif, dan tidak diperkenankan untuk tujuan spekulasi dan kegiatan ilegal. Seperti  halnya KTA yang diluncurkan oleh bank lainnya, Maybank juga menawarkan produk berupa Payroll dan juga Non Payroll. Anda bisa pinjam dana tunai langsung cair ini dengan proses yang mudah dan cepat.

Sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa jenis KTA yang dikeluarkan oleh Maybank ada 2 macam, yaitu payrol dan non payroll. Payroll adalah nasabah yang menyalurkan gajinya melalui Maybank. Sedangkan Non Payroll adalah nasabah yang termasuk karyawan kontrak dan tidak menyalurkan gajinya melalui Maybank. Dari kedua Jenis KTA Maybank tersebut terdapat perbedaan pada limit pinjaman dana yang diperoleh. Untuk nasabah payrol sendiri, jumlah pinjaman bisa mencapai Rp 250 Juta dengan tenor hingga 60 bulan. Berbeda dengan nasabah non payroll yang hanya mendapatkan jumlah pinjaman hanya mencapai Rp 150 Juta dengan tenor maksimal 36 Bulan saja.

KTA Maybank

Dana tunai yang disediakan oleh Maybank melalui KTA ini berlaku untuk nasabah yang bekerja sebagai karyawan kontrak (tidak tetap), Wirausaha, dan juga profesional. Apabila Anda belum termasuk ke dalam kategori tersebut, maka belum bisa mengajukan diri. Namun jika Anda termasuk ke dalam kategori tersebut, untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan ini wajib melengkapi berbagai persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda simak pada rincian di bawah ini.

Syarat KTA Maybank

Ada 2 persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon nasabah atau pemohon sebelum mengajukan KTA yang ada di Maybank, antara lain:

# Syarat Nasabah
  1. Pemohon adalah warga negara indonesia (WNI) dan sedang berdomisili di Indonesia.
  2. Umur pemohon paling sedikit 21 tahun, dan paling banyak 55 tahun (saat pelunasan kredit).
  3. Berstatus sebagai karyawan tetap dan dibuktikan dengan surat masa kerja minimal selama 1 tahun. Untuk yang bekerja sebagai wirausaha dan profesional masa kerja minimal 2 tahun.
  4. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 4 Juta/ bulan (gaji kotor).
# Syarat dokumen
No Persyarata Dokumen Jenis Pekerjaan Pemegang Kartu Kredit Bank Lain
Karyawan Wirausaha Profesional
1 Formulir aplikasi Pinjaman Asli Yang Sudah Diisi Dan Ditandatangani
2 Fotokopi Identitas Diri Asli Berupa E-KTP
3 Slip Gaji Asli Selama 2 Bulan Terakhir (Nasabah Non Payroll) x x x
4 Fotokopi NPWP (Jika Pinjaman Rp ≥ 50 Juta)
5 SK Pengangkatan Sebagai Karyawan Tetap (Nasabah Payroll) x x x
6 Fotokopi SIUP/SITU/TDP/TDI (Sudah Berjalan minimal 2 tahun) x x x
7 Melampirkan Fotokopi Rekening Koran Selama 3 Bulan Terakhir x x
8 Fotokopi Surat Ijin Praktek (Sudah Berjalan minimal 2 tahun). x x x
9 Fotokopi Kartu Kredit Dengan Minimal Keanggotaan Selama 2 Tahun Dan Pagu Kartu Kredit Minimal Rp 5 Juta. x x x

Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa pengajuan pinjaman KTA bisa diproses tanpa syarat kartu kredit.

Cara mengajukan pinjaman KTA Maybank langkah-langkahnya cukup sederhana kok. Anda hanya perlu membawa semua persyaratan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Selanjutnya, datanglah ke kantor cabang Maybank dan langsung saja mengambil formulir aplikasi KTA yang sudah disediakan. Setelah Anda mengambil formulir tersebut, isilah selengkap mungkin kemudian antrilah dengan nasabah lainnya pada bagian Customer Service (CS).

Selain dilakukan di kantor cabang, pinjaman dana tunai dari Maybank melalui layanan KTA ini juga bisa diajukan via SMS. Caranya cukup dengan mengirim pesan singkat dengan format “APPLY(spasi)KTA#Nama”. Disamping itu juga bisa melalui website resmi Maybank dengan cara klik “Apply Now”. Dari kedua cara ini Anda bisa melakukannya melalui handphone berbasis android, ios, maupun microsoft.

Berapa lama proses pengajuan KTA Maybank?

Pinjaman KTA dana tunai yang sudah Anda ajukan akan diproses dalam waktu 14 hari sejak dokumen diterima dan dinyatakan lengkap oleh pihak Maybank. Karena ada pengkhususan, bagi nasabah payroll akan diproses selama maksimal 3 hari kerja. Jika status pengajuan aplikasi KTA disetujui/ ditolak, nasabah akan mendapatkan pemberitahuan melalui sms. Bagi yang berhasil disetujui, nasabah akan dikirimkan surat konfirmasi yang isinya berupa informasi mengenai nomor KTA. Selain itu juga tertera tanggal jatuh tempo pembayaran, jumlah cicilan, jangka waktu pinjaman dan jumlah pinjaman yang dicairkan.

Jika sudah berhasil semuanya, pencairan Dana KTA akan ditransfer ke rekening tabungan/ rekening koran nasabah di maybank. Apabila nasabah menginginkan fasilitas transfer otomatis ke rekening Bank lain, jumlah yang diperbolehkan hanya mencapai Rp 50 Juta. Cukup mudah dan cepat, bukan?.

Biaya KTA Maybank

Semua jenis KTA baik itu yang dikeluarkan oleh bank Mandiri ataupun lainnya, ada biaya yang dibebankan kepada Nasabah. Tidak terkecuali produk yang ditawarkan oleh Maybank ini, dan bisa Anda pahami pada rincian berikut:

  • Biaya balas jasa atas pencairan dana (provisi) sebesar 1.5% – 3.5% dari limit pinjaman KTA.
  • Nasabah yang lalai atau terlambat membayar cicilan akan dikenakan Denda keterlambatan sebesar Rp100.000,-
  • Suku bunga yang dibebankan akibat keterlambatan sebesar 5% flat per bulan (dari nominal cicilanyang sudah jatuh tempo dan belum terbayar).
  • Biaya KTA yang dilunasi sebelum jangka waktu (tenor) pinjaman berakhir sebagai berikut:

    BIAYA KTA MAYBANK
    Sumber gambar : KTA Maybank
  • Biaya Administrasi KTA yang sudah tutup dengan kelebihan saldo Rp100.000,- / bulan.

Suku Bunga KTA Maybank

Sejak 1 maret 2018, pihak Maybank mengeluarkan peraturan terbaru mengenai suku bunga yang berlaku pada layanan KTA. Baik nasabah payrol maupun non payroll, semuanya diundang dengan ketentuan dan kriteria yang telah ditetapkan. Berikut ini update yang diberikan oleh Maybank:

SUKU BUNGA KTA MAYBANK
Sumber : Maybank KTA

Perhitungan suku bunga berdasarkan flat anuitas yang dicocokkan dengan cicilan tetap per bulan dimana porsi pokok dan bunga berubah setiap bulan. Perlu diketahui bahwa tingkat suku bunga tidak berlaku untuk nasabah yang akan melakukan Top Up dan Reinstantement. Apabila Anda masih ragu, jangan segan untuk menghubungi pihak Maybank mengenai ketentuan suku bunga. Sebab mereka berhak merubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan bank dan juga sesuai ketentuan POJK. Akan tetapi, Jika Anda malu untuk menghubungi Maybank, tidak perlu khawatir karena Anda akan diberi pemberitahuan sebelumnya. Suku bunga yang berlaku untuk biaya provisi minimal sebesar Rp250.000,- dan akan dipotong langsung dari dana yang ditransfer ke rekening.

Berapa Cicilan Perbulan KTA Maybank?

Besar cicilan per bulan yang harus dibayar oleh setiap nasabah yang meminjam KTA di Maybank dapat dilihat pada tabel cicilan di bawah ini.

Tabel KTA Maybank
Tabel KTA Maybank
Tabel Angsuran KTA Maybank (Sumber : Cermati.com)

Cara menghitung jumlah angsuran setiap bulan bisa dilakukan menggunakan formula atau rumus seperti berikut ini:

Jumlah Cicilan per bulan = [Jumlah Pinjaman yang dicairkan x {1+(suku bunga tiap bulan x Jangka waktu dalam sebulan)}] / tenor per bulan.

Bagaimana Cara membayar cicilan KTA  Maybank?

Pertama, Anda bisa membayar cicilan dengan menyiapkan dana di dalam rekening yang Anda miliki paling lambat H-1 dari tanggal jatuh tempo cicilan. Apabila sudah terdapat saldo di dalam rekening, proses embayaran akan dilakukan secara autodebet sampai tenor pinjaman berakhir. Cara top up KTA di Maybank bisa dilakukan melalui transfer dari bank lain, pemindahbukuan melalui teller ATM, Mobile Banking Serta Internet Banking.

Anda juga bisa membayar cicilan dengan cara menyesuaikan dengan tanggal pembayaran gaji (khusus nasabah payroll). Pembayaran cicilan yang terakhir dilakukan pada hari kerja sebelum libur. Misalnya, jika anda membayar pada tanggal jatuh tempo, namun bukan pada hari kerja. Bagi nasabah yang menginginkan penambahan limit pinjaman KTA yang telah dimiliki, dapat diajukan melalui persetujuan pihak Maybank.

Demikianlah penjelasan mengenai syarat mengajukan pinjaman KTA Maybank yang dapat Kami sampaikan.Jika Anda berminat untuk pinjam dana tunai langsung cair ini, Anda bisa mengajukan diri secara online maupun offline. Jangan ragu untuk mengisi aplikasi permohonan yang ada di kantor cabang terdekat. Jika tidak ada banyak waktu, formulir bisa di dapatkan melalui fasilitas permintaan pick-up. Atau bisa juga didapatkan melalui email ke customercare@maybank.co.id dengan subjek Request Application Pick-Up KTA. Jangan lupa sertakan Identitas diri Anda meliputi nama lengkap, alamat domisili, dan nomor telepon. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak Maybank Customer Care 69 811 serta dapat mengunjungi website www.maybank.co.id/pinjaman. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *