Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Posted on

Kredit tanpa agunan bunga rendah merupakan salah satu produk dari lembaga keuangan baik bank maupun nonbank yang sangat diminati oleh calon debitur. Bagaimana tidak, dengan adanya produk pinjaman KTA ini, pemohon kredit tidak terlalu terbebani dengan suku bunga pinjaman yang menakutkan. Akan tetapi semakin banyaknya Bank di Indonesia membuat debitur merasa kebingungan mau pilih yang mana. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena pinjaman tunai sudah bisa langsung cair dengan proses yang cepat dan mudah.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman dana tunai pribadi yang diberikan dari lembaga keuangan kepada pemohon kredit tanpa adanya jaminan berupa aset atas pinjaman tersebut. Nah, berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa KTA memiliki tenor yang lebih singkat dibandingkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Artinya, jika KTA berlaku tenor maksimal selama 5 tahun dengan plafond mulai dari Rp 5-500 Juta, sedangkan KPR bisa mencapai tenor 15 tahun. Kendati demikian, setiap Bank memiliki peraturan masing-masing dan yang paling penting tidak terlepas dari Undang-undang OJK sehingga pinjaman dijamin aman dan terpercaya.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pinjaman KTA, ada baiknya Kita ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari dana kredit tanpa agunan bunga rendah ini, antara lain:

  • Modal pengembangan bisnis atau usaha
  • Renovasi rumah
  • Biaya pendidikan dan pengobatan
  • Dana liburan
  • Biaya perkawinan, serta
  • Kebutuhan konsumtif lainnya

Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Tidak jauh berbeda dengan pinjaman dana kur yang disediakan oleh BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan Bank lainnya, ada berbagai persyaratan yang harus Anda persiapkan. Syarat Kredit tanpa agunan bunga rendah yang harus dilengkapi oleh debitur antara lain syarat umum dan syarat khusus, yaitu:

Syarat umum:

  • Calon nasabah merupakan asli warga negara Indonesia
  • Batas usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 5 juta/bulan
  • Kartu kredit dengan kepemilikan minimum 1 tahun (jika ada)

Syarat Khusus (Dokumen administrasi):

  • Menyertakan fotokopi KTP/Paspor
  • Fotokopi Rekening Tabungan minimal 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Menyertakan fotokopi Slip Gaji

Syarat kelengkapan menggunakan dokumen-dokumen tersebut di atas harus dipenuhi. Apabila tidak melengkapi salah satu dari persyaratan yang sudah ditetapkan, pihak Bank tidak dapat memproses pengajuan dana pinjaman dengan cepat. Beda halnya jika nasabah melengkapi semua persyaratan yang ditetapkan tentu akan terverifikasi dengan lengkap.

Proses Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Cara mengajukan pinjaman tanpa agunan atau Kredit Tanpa Agunan bunga rendah bisa secara online maupun offline. Tentukan terlebih dahulu metode mana yang paling Anda sukai. Apabila memilih sistem online, Anda harus memiliki komputer, laptop, notebook, atau handphone (Hp) yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Selanjutnya Anda cukup dengan mengunjungi website resmi milik Bank yang Anda percayai. Jika sudah, silahkan upload berkas yang sudah Anda convert (ubah) ke dalam bentuk .jpg/.jpeg. Setelah selesai semuanya, Anda tinggal menunggu proses persetujuan selama 1 jam. Jika lengkap maka pencairan dana kredit tanpa jaminan 1 hari langsung cair.

Metode yang kedua ialah secara offline. Metode ini biasanya dilakukan oleh pelaku usaha rakyat yang didatangi langsung pihak sales atau marketing bank. Mereka menawarkan pinjaman dalam berbagai tenor mulai dari 5 juta hingga 500 juta. Jika Anda menginginkannya, siapkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Namun jika tidak ada pihak sales atau marketing yang datang bisa langsung mengunjungi kantor cabang lembaga keuangan terdekat. Intinya, lembaga keuangan tersebut harus terdaftar ke dalam OJK. Setibanya di lokasi, silahkan mengantri dibagian Customer Service (CS) atau meminta bantuan satpam yang sedang bertugas.

Tabel Simulasi Angsuran (Cicilan) Kredit Tanpa Agunan

Ada 3 hal pokok yang digunakan untuk menghitung cicilan pinjaman KTA online maupun offline, yaitu:

  1. Plafon
  2. Bunga
  3. Tenor

Contoh soal:

Ibu Siska mengajukan pinjaman KTA sebesar Rp 100 Juta. Bunga yang diberikan bank adalah 15.6%/tahun. Meskipun pihak Bank menyediakan tenor selama 60 bulan, tetapi Ibu Siska lebih memilih tenor selama 36 bulan dan metode perhitungan bunga yang Beliau gunakan yaitu Flat. Maka angsuran KTA perbulan yang harus Ibu Siska bayar adalah……

Baca Juga :

Penyelesaian:

Pokok pinjaman Rp. 100 juta
Jangka Waktu Pinjaman 36 bulan
Suku Bunga/tahun 15,60%
Total Suku bunga (3 tahun) 46,80%
Mencari suku bunga perbulan:
= Suku Bunga/tahun x 3 tahun
= 15,6% x 3 tahun
= 1,30%
Mencari Cicilan Pokok perbulan:
= Suku bunga pertahun x 12 bulan
= 15,6% x 12 bulanan
= Rp. 2.777.777/bulan
Mencari Bunga Pinjaman Pokok:
= Pinjaman Pokok x Tenor pinjaman
= Rp 100 juta x 36 bulan
= Rp. 1.300.000/bulan
Menghitung Total Cicilan:
= Suku bunga/bulan x pinjaman pokok
= 1,3% x Rp 100 Juta
= Rp. 4.077.778/bulan
Menghitung total pembayaran:
= Cicilan pokok x Bunga pinjaman/bulan
= Rp. 2.777.777 x Rp. 1.300.000
= Rp. 146.800.000

Metode pembayaran kredit tanpa agunan bunga rendah dapat dilakukan melalui transver antar bank via ATM, setor langsung ke Teller, via mobile internet banking, ataupun auto debet dari rekening debitur. Disamping kemudahan yang ditawarkan tersebut, pihak Bank memiliki opsi untuk nasabah dalam membayar sejumlah tagihan. Misalnya ialah tagihan bisa dibayar dalam cicilan tetap menggunakan bunga flat, ataupun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kelebihan Dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Semua produk bank tidak ada yang sempurna. Apabila Anda memperhatikan salah satu produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali kredit tanpa agunan dengan bunga rendah. Dibawah ini Kami sudah merangkum beberapa kelebihan atau keistimewaan dari KTA bunga rendah, antara lain:

  • Seperti dengan namanya, Anda akan mendapat bantuan finansial melalui produk KTA ini tanpa jaminan apapun yang memberatkan bagi calon debitur.
  • Proses pencairan pinjaman dana KTA bunga rendah bisa dilakukan secara cepat dan mudah.
  • Pencairan dana memerlukan waktu selama 1-14 hari kerja. Meskipun tidak semua Bank, sebab masing-masing lembaga keuangan memiliki batas waktu yang berbeda dalam memproses aplikasi pengajuan kredit tanpa agunan.
  • Pencairan dana kredit tanpa agunan diberikan secara tunai ataupun transfer ke rekening pemohon kredit yang disetujui.
  • Suku bunga ringan (flat dan efektif) serta bunga yang diberikan sangat kompetitif.
  • Proses pembayaran kredit tanpa agunan dapat dilakukan di ATM, Transfer antar Bank, dan Auto Debet.
  • Plafond yang diberikan mencapai Rp 300 Juta.
  • Sebagian Bank memberlakukan atau memberikan suatu Asuransi untuk memberikan perlindungan pembayaran pada nasabah.

Kekurangan KTA bunga rendah ialah:

  • Waktu atau tenor dalam melakukan pemnayaran sangat singkat (maksimal 5 ahun)
  • Nasabah diharuskan memiliki NPWP sebagai pengganti kartu kredit
  • Seleksi form pengajuan pinjaman yang ketat menjadikan sebagian pemohon banyak yang ditolak.

Demikianlah pembahasan mengenai kredit tanpa agunan bunga rendah yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu Anda dan bisa dijadikan literatur. Jika merasa puas, sampaikan kepada orang terdekat Anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *