Deposito Rupiah Mandiri

Syarat, Cara, Dan Bunga Deposito Rupiah Mandiri

Posted on

Deposito Rupiah Mandiri adalah produk simpanan untuk investasi yang aman, terpercaya sekaligus menguntungkan dengan imbal suku bunga yang kompetitif. Anda dapat melakukan sebuah investasi dengan cara menabung sesuai pilihan jangka waktu yang diinginkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan. Untuk jumlah minimal penempatan deposito sebesar Rp. 1.000.000 s.d Rp. 10.000.000,-.

Perbedaan deposito rupiah dan valas di bank mandiri terletak pada jenis mata uang yang digunakan. Pada mandiri deposito rupiah, Anda hanya bisa melakukan deposit dengan mata uang rupiah. Sedangkan untuk tipe valas, Anda bisa mendeposit dengan mata uang asing maupun mata uang rupiah. Disamping itu, Anda juga akan diberi sebuah simbol bonafiditas pribadi dari Bank mandiri yang merupakan wujud kepercayaan karena sudah tersebar secara luas.

Nasabah yang sudah memiliki rekening tabungan deposito rupiah di bank mandiri akan diberi berbagai fasilitas yang menarik. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Pada saat jatuh tempo, deposito akan diperpanjang secara otomatis melalui sistem Automatic Roll Over (ARO).
  • Proses pembukaan dan penutupan deposito, serta layanan informasi dan pembatalan perpanjangan deposito otomatis/ ARO dapat dilakukan melalui layanan e-banking: Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.
  • Nasabah bisa mengajukan pinjaman atau kredit dengan agunan deposito. Dengan demikian, apapun jenis kebutuhan Anda dapat terpenuhi secara cepat dan mudah.

Meskipun Anda mengajukan suatu pinjaman mandiri kedit agunan deposito, namun Anda akan tetap memperoleh bunga tabungan deposito rupiah yang Anda investasikan.

Deposito Rupiah Mandiri

Sebelum membahas lebih jauh, di bawah ini ada 2 hal penting yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan keuntungan doeposito rupiah.

  1. Tingkat suku bunga yang kompetitif, sehingga investasi Anda akan lebih cepat berkembang. Nah, suku bunga yang diberikan akan dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya, yaitu 1 tahun dihitung 365 hari.
  2. Tersedia berbagai pilihan yang fleksibel mulai dari:
    – Jangka waktu deposito rupaiah,
    – Perpanjangan massa deposito,
    – Bisa melakukan investasi kembali bunga deposito ke pokok deposito,
    – Bunga deposito bisa ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.

Dari berbagai keuntungan tersebut di atas, uniknya besaran suku bunga dapat diterima di muka loh. Oleh sebab itu Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah penempatan deposito mandiri rupiah. Apabila Anda kurang memiliki keberanian atau kurang percaya diri, deposito rupiah mandiri juga bisa dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account).

Syarat, Cara, Dan Bunga Deposito Rupiah Mandiri

Jika Anda akan berinvestasi melalui jenis tabungan mandiri tipe deposito rupiah ini, Anda harus memahami dan memperhatikan berbagai hal penting di bawah ini. Mulai dari syarat, cara membuka, dan besaran suku bunga yang ditawarkan oleh Mandiri.

Syarat Membuka Tabungan Deposito Rupiah Mandiri.

Mandiri deposito rupiah selain bisa dibuka oleh perorangan ataupun joint acount, juga bisa dibuka oleh sebuah perusahaan serta instansi yang membutuhkannya. Adapun beberapa persyaratan untuk dapat memiliki rekening tabungan deposito rupiah di bank Mandiri adalah:

  • Nasabah wajib mempunyai rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  • Menyerahkan penempatan deposito dengan jumlah minimum:
    – Rp. 10.000.000,- (Untuk pembukaan yang dilakukan melalui kantor cabang)
    – Rp. 1.000.000.- (Untuk pembukaan yang dilakukan melalui Layanan e-Banking (Mandiri Online, atau Mandiri Call)
  • Syarat dokumen:
    Perorangan: Identitas diri berupa KTP/Paspor/KIMS/KITAS/KITAP (Kartu Ijin Menetap Sementara / Kartu Ijin Tinggal Sementara) dan NPWP.
    Perusahaan: KTP pejabat yang berwenang, SIUP, NPWP, akte pendirian perusahaan dan perubahan.
  • Biaya administrasi untuk mengganti meterai pada saat pembukaan dan pencairan deposito, sebesar Rp 6.000.
  • Biaya bunga pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Membuka Deposito Rupiah Mandiri

Untuk langkah-langkah membuka tabungan mandiri deposito rupiah sebenarnya sangat mudah. Proses yang paling utama tentu Anda harus mempersiapkan semua persyaratan yang harus dibutuhkan. Selanjutnya, Anda diharuskan datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat atau bisa melalui layanan e-banking.

Proses pembukaan rekening deposito rupiah melalui kantor cabang mandiri, setelah sampai di lokasi Anda bisa langsung mengambil nomor antrian di bagian Customer Service (CS). Apabila sudah dipanggil dan berada di depan CS yang bertugas, Anda akan dijelaskan bberapa hal mengenai tabungan deposito rupiah mandiri. Serahkan berbagai syarat yang sudah Anda bawa sebelumnya. Kemudian Anda akan disuruh mengisi formulir pembukaan rekening. Jika sudah selesai, Anda akan diminta menyerahkan setoran awal penempatan deposito minimal sebesar Rp 10.000.000,-

Mekanisme pembukaan rekening melalui layanan e-banking lebih sederhana dibandingkan dengan pembukaan di kantor cabang. Untuk lebih mempermudah, Anda hanya perlu menyediakan  laptop/PC serta jaringan internet. Apabila sudah siap, Anda bisa mengunjungi website resmi bank mandiri. Namun sebelumnya Anda harus menscan dokumen pendukung guna mengantisipasi harus upload berkas. Apabila sudah masuk ke laman mandiri, isilah formulir sesuai dengan kolom yang tersedia. Anda bisa langsung mengaktifkan Mandiri SMS dan Mandiri Internet. Jika masih belum paham, silahkan hubungi kontak bank mandiri di Mandiri Call 14000, +62-21-52997777.

Suku Bunga Deposito Rupiah Mandiri

Baik itu deposito rupiah di mandiri syariah maupun BUMN tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Karena bank mandiri syariah merupakan anak cabang dari bank milik BUMN yang diawasi langsung pemerintah dan dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, di bawah ini adalah simulasi bunga deposito rupiah yang ditetapkan oleh Bank Mandiri.

Jangka Waktu Deposito Jumlah Penempatan Deposito Suku Bunga
1 bulan Rp 10 Juta – Rp 99,9 Juta 4,25%
1 bulan Rp 100 Juta – Rp 1,99 Milyar 4,25%
1 bulan Rp 2 Milyar – Tidak terbatas 4,50%
3 bulan Rp 10 Juta – Rp 99,99 Juta 5,50%
3 bulan Rp 100 Juta – Rp 1,99 Milyar 5,50%
3 bulan Rp 2 Milyar – Tidak terbatas 5,50%
6 bulan Rp 10 Juta – Rp 99,99 Juta 4,75%
6 bulan Rp 100 Juta – Rp 1,99 Milyar 5,25%
6 bulan Rp 2 Milyar – Tidak terbatas 5,25%
12 bulan Rp 10 Juta – Rp 99,99 Juta 4,25%
12 bulan Rp 100 Juta – Rp 1,99 Milyar 4,25%
12 bulan Rp 2 Milyar – Tidak terbatas 4,75%
24 bulan Rp 10 Juta – Rp 99,99 Juta 4,50%
24 bulan Rp 100 Juta – Rp 1,99 Milyar 4,50%
24 bulan Rp 2 Milyar – Tidak terbatas 4,75%

Tabel di atas hanya sebuah simulasi suku bunga Deposito Rupiah di Bank Mandiri. Tingkat suku bunga dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada peberitahuan terlebih dahulu. Oleh sebab itu Kami sarankan untuk selalu update mengenai informasi terkait di kantor cabang Mandiri. Jika tersedia, Anda juga bisa meminta brosur deposiro rupiah Mandiri. Nah, Jika ingin mengetahui berapa besar suku bunga sesuai dengan jangka waktu yang Anda ambil, Anda bisa menghitungnya melalui contoh yang sudah Kami ulas pada artikel lainnya tentang Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Cepat Dan Tepat.

Kesimpulan

Bank Mandiri menyediakan produk tabungan tipe deposito rupiah yang bisa dijadikan sebagai tempat melakukan investasi. Akan tetapi hal yang perlu Anda gaisbawahi adalah jika deposito yang Anda ajukan diambil pada saat sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan sanksi. Ada eberapa biaya yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk sanksi tersebut. Mengenai jumlah dan bagaimana pembayarannya, biasanya akan dijelaskan oleh CS yang bertugas di Bank Mandiri.

Demikianlah pembahasan mengenai Syarat, Cara, Dan Bunga Deposito Rupiah Mandiri. Semoga bisa menambah pengetahuan dan dapat membantu Anda yang berniat akan melakukan sebuah investasi berjangka dalam bentuk tabungan. Apabila masih ragu, Anda bisa mengunjungi atau menghubungi Bank Mandiri terdekat. Jika informasi Kami bermanfaat, silahkan sampaikan ke orang disekitar Anda. Jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *