KTA BNI
Pinjam Uang Di Bank Melalui KTA BNI

Cara Pinjam Uang Di Bank Melalui KTA BNI Untuk Modal Usaha

Posted on

Pinjam uang di bank menjadi salah satu keharusan bagi sebagian orang untuk melengkapi kebutuhan yang sifatnya mendesak. Bagi kami, sebenarnya tidak direkomendasikan. Karena masih ada keluarga yang bisa memberikan pinjaman uang tanpa agunan. Tapi jangan khawatir, meskipun peminjaman dilakukan di Bank, bukan berarti Anda harus menyertakan jaminan. Sebab saat ini sudah hadir produk pinjaman yang disebut dengan KTA BNI.

KTA (Kredit Tanpa Agunan) BNI merupakan pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang memiliki pekerjaan serta mempunyai penghasilan tetap (fixed income). Bentuk pinjaman dana segar tersebut disediakan bagi nasabah untuk keperluan konsumtif. Tentunya, bagi mereka yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku. Sebelum meminjam uang melalui layanan kredit tanpa agunan Bank BNI, ada 3 jenis KTA BNI yang harus pahami, yaitu BNI Fleksi, Fleksi Payroll, dan cerdas.

KTA BNI Fleksi

Anda yang mau pinjam uang di bank melalui KTA BNI jenis fleksi ini tidak usah khawatir karena Anda akan diberi berbagai fasilitas, diataranya yaitu:

  1. Pilihan pinjaman mencapai Rp 100 juta
  2. Tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman hingga 60 bulan
  3. Pencairan pinjaman berlangsung cepat yaitu sekitar kurang lebih 14 hari
Variasi Suku Bunga BNI Fleksi
  1. Suku Bunga 0,88% disediakan jumlah pinjaman (kredit) sebesar Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta. Jangka waktu pelunasan kredit yang diberikan yaitu selama 1 tahun.
  2. Suku Bunga 0,92% besar pinjaman yang ditawarkan senilai Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta dengan jangka waktu pelunasan selama 15 bulan – 24 bulan.
  3. Jika Suku Bunga 0,96% dengan pinjaman Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta diberi tenor untuk pelunasan selama 27 bulan – 36 bulan.
  4. Suku Bunga 1% dan jumlah pinjaman yang diambil sebesar Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta diberi tenor kredit selama 39 bulan – 48 bulan.
  5. Suku Bunga 1,04% dengan pengambilan pinjaman Rp 5 juta sampai Rp 100 diberikan tenor pelunasan kredit selama 51 bulan – 60 bulan.
Tabel Simulasi Pinjaman uang di Bank melalui KTA BNI Fleksi
Tabel simulasi pinjaman KTA BNI Fleksi
Tabel simulasi pinjaman KTA BNI Fleksi

Setiap bank tentu menerapkan biaya administrasi sebagai jaminan keamanan pelayanan. Nah, dengan ini, beberapa bentuk pembiayaan yang dikeluarkan untuk layanan BNI Fleksi ada yang gratis, namun ada juga yang tidak. Biaya BNI Fleksi yang pertama yaitu Biaya Provisi. Besar biaya yang dibebankan untuk naabah sebesar 1% dari jumlah pinjaman yang disetujui. Selanjutnya ada biaya administrasi bulanan sebesar Rp 100.000,- dan biaya pelunasan lepas pinjaman sebesar 0,5% dari sisa pokok pinjaman.

Adapun biaya-biaya yang digratisan dalam BNI Fleksi diantaranya ada Biaya Asuransi diri, biaya karena terlambat dalam mengangsur kredit, dan biaya materai. Sedangkan biaya lain-lain tergantung kebijakan bank yang terkait, dalam hal ini ialah bank BNI.

Persyaratan Pinjam Uang Di Bank Melalui BNI Fleksi

BNI Fleksi memberikan berbagai keunggulan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pinjaman dana melalui KTA BNI berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Misalnya untuk modal usaha yang ingin berkembang bisnisnya, sebagai biaya sekolah, biaya pernikahan, dan juga bisa sebagai dana liburan. Apabila Anda ingin pinjaman dana segar melalui BNI Fleksi, Anda bisa mengajukan diri dengan cara melengkapi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Ketentuan BNI Fleksi
  1. Calon nasabah berusia minimal 21 tahun sampai usia pensiun yaitu sekitar 55 tahun.
  2. Memiliki pendapatan minimal 3 juta per bulan dan masa kerja minimal 2 tahun.
  3. Nasabah wajib memiliki kartu kredit yang masih berlaku dan limit kredit minimal Rp 5 Juta.
  4. Bagi yang sudah memiliki kartu, diharuskan masa keanggotaan minimal 1 tahun.
  5. Mengisi formulir pengajuan dan melengkapi syarat dokumen yang dibutuhkan.
Syarat Pengajuan BNI Fleksi

Syarat dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon nasabah ialah:

Jenis Dokumen Pegawai Pengusaha Profesi
Fotokopi identitas diri asli berupa KTP/KITAS  ✓  ✓  ✓
Melampirkan surat keterangan Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)  ✓  –  ✓
Membawa Fotokopi Kartu Kredit  ✓  ✓  ✓
Melampirkan Fotokopi Tabungan (3 bln terakhir)  –  ✓  –
Melampirkan Fotokopi Surat Izin Profesi  –  –  ✓
Menyertakan NPWP Asli yang sudah di Fotokopi  ✓  ✓  ✓
Fotokopi Akta Pendirian Usaha/SIUP/TDP  –  ✓  –

KTA BNI Fleksi Payroll

Seperti halnya laayanan yang diberikan oleh BNI Fleksi, jenis payrol juga mmberikan fasilitas plafond pinjaman hingga sebesar Rp 100 juta. Pinjaman tersebut bisa cair dalam waktu 2 minggu, sedangkan tenor pelunasan selama 60 bulan (5 tahun).

Tabel simulasi pinjaman KTA BNI Fleksi Payroll bisa dilihat di bawah ini:

KTA BNI Payroll
Pinjaman uang dari KTA BNI Payroll

Suku Bunga KTA BNI Fleksi Payroll

Perbedaan suku bunga yang diberikan dibandingkan jenis KTA di atas ialah tidak tersedia suku bunga 0,88%. Adapun suku bunga yang ditetapkan untuk nasabah dalam BNI Fleksi Payroll ini ialah sebagai berikut.

  1. Suku Bunga 0,92% besar pinjaman yang ditawarkan senilai Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta dengan jangka waktu pelunasan selama 15 bulan – 24 bulan.
  2. Jika Suku Bunga 0,96% dengan pinjaman Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta diberi tenor untuk pelunasan selama 27 bulan – 36 bulan.
  3. Suku Bunga 1% dan jumlah pinjaman yang diambil sebesar Rp 5 juta sampai Rp 100 Juta diberi tenor kredit selama 39 bulan – 48 bulan.
  4. Suku Bunga 1,04% dengan pengambilan pinjaman Rp 5 juta sampai Rp 100 diberikan tenor pelunasan kredit selama 51 bulan – 60 bulan.

Biaya administrasi yang berlaku pun tidak ada bedanya dengan BNI Fleksi. Begitupun dengan syarat dan ketentuan pengajuan menjadi nasabah BNI Payroll sama dengan BNI Fleksi.

KTA BNI Cerdas

Jenis KTA BNI yang terakhir ialah tipe Cerdas. Pada tipe ini, Anda bisa mengajukan kredit pinjaman hingga Rp 200 Juta. Tenor yang diberikan lebih sedikit dibandingkan jenis KTA sebelumnya yaitu selama 36 bulan, dean waktu pencairan pinjaman memakan waktu selama 14 hari.

Cicilan KTA BNI Cerdas bisa Anda lihat pada tabel simulasi kredit pinjaman di bawah ini.

KTA BNI Cerdas
Pinjam Uang di bank melalui KTA BNI Cerdas

Untuk syarat dan ketentuan, biaya administrasi, serta suku bunga sama dengan jenis KTA yang sudah kami jeaskan di atas. Bedanya, disini Anda hanya bisa memilih suku bunga yang besarnya 0,96%, 1%, dan 1,04% saja.

Pinjam Uang Di Bank Melalui KTA BNI

Nah, jika sudah memahami beberapa jenis KTA BNI di atas, apakah Anda masih berminat pinjam uang di bank melalui KTA BNI?.

Ya, kita tahu bawa pinjaman melalui lembaga keuangan memang terkadang cukup sulit dan prosesnya lama. Namun jangan khawatir karena saat ini sudah ada pinjaman bni yang dilakukan dengan cara online. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pinjaman BNI tersebut secara instan.

Beberapa pertimbangan yang kami sarankan adalah Anda harus bisa menentukan lembaga keuangan Bank BNI tersebut. Sebab sudah diketahui secara umum bahwa pinjaman tanpa agunan atau KTA tersedia juga di Bank BNI Syariah maupun milik pemerintah.

Selanjutnya, setelah memilih KTA BNI Syariah atau Milik pemerintah, ada baiknya memahami berbagai kelebihan dan kekurangan KTA BNI. Tujuannya agar tidak ada penyesalan sesaat setelah mengajukan diri menjadi nasabah BNI. Beberapa kelebihan dan kekurangan KTA BNI adalah sebagai berikut:

Kelebihan pinjam uang di bank memalui KTA BNI

  • Nasabah bebas menggunakan dana pinjaman sesuai dengan kebutuhannya.
  • Nasabah tidak perlu membawa jaminan saat mengajukan diri untuk pinjam uang di bank BNI karena pinjaman ini termasuk kedalam pinjaman uang tanpa agunan.
  • Pencairan dana cepat,yaitu bisa dilakukan dalam 2 minggu atau 14 hari langsung cair.
  • Nilai kredit pinjaman yang tinggi. Bagi pelanggan yang tidak payroll mealui BNI tersedia pinjaman mulai dari 5 juta rupiah hingga mencapai 50 juta rupiah. Sedangkan Bagi nasabah yang sudah melakukan payroll melalui BNI bisa menentukan jumlah pinjamannya mulai 5 juta rupiah sampai 100 juta rupiah.
  • Bebas menggunakan dana pinjaman KTA BNI
  • Jangka waktu membayar angsuran fleksible sesuai dengan kemampuan nasabah. Akan tetapi waktu pembayaran kredit di Bank BNI Maksimal 5 tahun (60 bulan).
  • Nasabah diberi biaya provisi ringan, yakni sebesar 1 %
  • Biaya administrasi per bulan yang ringan yaitu senilai Rp. 100.000

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, Kelebihan lain saat pinjam uang di bank ialah

  1. Banyak variasi produk yang ditawarkan. Sebagai contoh Anda akan ditawarkan produk berupa BNI FLeksi, Payroll, dan juga tipe Cerdas.
  2. Proses Pinjaman lebih aman dan terjamin, karena sudah diatur oleh OJK (Otoritas jasa keuangan), serta Bank Indonesia. Oleh sebbab itu, jika ingin mengajukan pinjaman Anda harus terbebas dari BI Checking.
  3. Tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa mengajukan pinjaman uang KTA BNI yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Jika tidak ada di daerah Anda, bisa mengajukan melalui KTA BRI, KTA Mandiri, KTA BCA, serta bank lainnya.
  4. Perhitungan suku bunga yang jelas dan transparan.

Kekurangan pinjam uang di bank memalui KTA BNI

Sering kali meminjam di lembaga keuangan baik itu BNI, Mandiri, BCA, dan Bank Syariah lainnya membuat calon nasabah naik darah. Kasus inilah yang membuat mereka enggan untuk meminjam uang di Bank, meskipun masih ada juga yang melakukannya. Dengan begitu, ada beberapa alasan yang menjadi kekurangan pinjam uang di bank melalui KTA BNI, yaitu:

  1. Terlalu banyak persyaratan dan ketentuan yang (menurut calon nasabah) dianggap tidak perlu.
  2. Prosesnya rumit. Ya, rumit bagi calon nasaah yang tidak bisa mengajukan pinjaman BNI Onlie. Dan rumit bagi yang bisa namun harus datang ke kator cabang untuk melakukan verifikasi data.
  3. Jika nasabah tidak bisa membayar angsuran pinjaman, ada kemungkinan ia akan kehilangan aset yang dimilikinya.
  4. Nasabah yang membayar angsurannya lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan, ia akan dikenakan denda.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Di Bank Melalui KTA BNI

Cara pinjam uang di bank melalui KTA BNI mekanismenya tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan pada bank lain yang ada di Indonesia. Misalnya Anda ingin mengajukan di Bank Muammalat atau bank syariah lainnya cukup membawa syarat yang dibutuhkan. Namun sebelumnya Anda harus sudah melengkapi ketentuan yang berlaku pada bank yang Anda tuju.

Sesampainya di kantor cabang misalnya bank BRI, Anda langsung masuk saja kemudian mengambil nomor antrian yang ada di bagian customer service. Apabila dipanggil, selanjutnya Anda menyerahkan syarat yang sudah Anda bawa sebelumnya. Di depan CS yang bertugas, sampaikan maksud kedatangan Anda bahwa mau pinjam uang di bank melalui KTA BNI. Tak lama kemudian maka CS akan memberikan formulir pendaftaran. Jika selesai di proses, maka Anda akan pulang dengan membawa sejumlah uang yang anda pinjam.

Demikianlah penjelasan singkat dari kami mengenai Cara pinjam uang di bank melalui KTA BNI. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadi bahan pertimbangan apabila ingin mengajukan pinjaman uang. Jika bermanfaat, silahkan ceritakan kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat yang ada disekitar Anda. Sekian dari Kami, dan gunakanlah dana yang sudah langsung cair di tangan Anda sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *