cara mengetahui KTA disetujui

Cara Mengetahui Pinjaman KTA Disetujui Atau Tidak

Posted on

Cara mengetahui KTA disetujui atau tidak adalah dengan cara menunggu kepastian langsung dari kreditur. Akan tetapi bagi sebagian debitur atau nasabah merasa resah karena sudah tidak sabar ingin menggunakan sejumlah dana tunai yang dipinjamkan. Apalagi jika dana tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan mendesak ataupun yang memiliki batas waktu tertentu. Kendati demikian Anda tetap harus mengikuti prosedur pengajuan KTA yang harus dipatuhi, diantaranya proses verifikasi berkas dan antrian pengajuan. Oleh sebab itu sebaiknya Anda tetap bersabar karena tidak tahu bagaimana dan berapa lama proses pencairan KTA meskipun pihak Bank atau lembaga keuanan sudah memberikan kisaran jangka waktu. Selain bersabar, alangkah baiknya Anda mengetahui seperti apa KTA yang diterima atau ditolak beserta ciri-cirinya.

Pentingnya mengetahui kapan KTA disetujui atau tidak dikarenakan tidak semua lembaga keuangan memberikan pemberitahuan kepada nasabahnya. Jika lembaga keuangan seperti perbankan memberikan fasilitas pemberiahuan, tentu akan masuk melalui email atau pesan singkat langsung di handphone Anda. Apabila tidak ada fasilitas seperti itu, maka KTA yang diajukan oleh debitur tidak ada kejelasan yang dapat membuat bingung sepihak. Otomatis jika seperti itu debitur akan ragu-ragu untuk mengajukan pinjaman KTA di bank lain. Kalau memang ditolak tidak apa-apa, tapi kalau disetujui semuanya kan menjadi beban angsuran bulanan.

Cara Mengetahui KTA disetujui

Ciri-ciri atau tanda pinjaman KTA disetujui tidak lain adalah ada dana masuk ke dalam rekening nasabah atas nama Bank yang diajukan. Kalau memang tidak ada sama sekali dalam jangka 1 (satu) bulan berarti memang sudah ditolak. Alternatif yang dapat diambil oleh nasabah jika memang pengajuan sudah lama namun tidak segera cair, maka sebaiknya mencari pinjaman lain dengan pesyaratan yang lebih mudah. Penyebab KTA ditolak biasanya tidak jauh dari syarat dan ketentuan yang kurang terpenuhi.

Syarat mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

  • Fotokopi e-KTP dan KK.
  • Fotokopi Akta nikah / cerai / kematian / perjanjian pra nikah.
  • Melampirkan fotokpi NPWP / SPT
  • Fotokopi Rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Surat Keterangan Penghasilan atau slip gaji karyawan.

Walaupun daftar persyaratan tersebut terbilang cukup mudah, bukan berarti proses pencairan KTA cepat. Justru itu pemikian yang dapat menjadi sebuah bumerang bagi setiap nasabah. Untuk itu pahamilah bagaimana cara mendapatkan pinjaman KTA atau yang biasa disebut dengan pinjaman tanpa jaminan secara cepat dan mudah.

Bagaimana Cara Mengetahui KTA Disetujui Atau Tidak?

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa cara mengetaui KTA disetujui atau tidak adalah dengan melihat riwayat transaksi uang masuk ke dalam rekening yang Anda miliki. Jika sudah pasti ditolak, apakah bisa mengajukan KTA ke tempat lain?. Tentu saja, karna kalau sekedar mengajukan kepada siapa saja bisa dilakukan. Hanya saja pencairannya tetap mengikuti ketentuan yang berlaku. Baik itu disetujui ataupun ditolah semuanya sudah menjadi keputusan Bank atau lembaga keuangan yang Anda ajukan.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, banyak tempat pinjaman KTA tersebar di seluruh Indonesia. Namun yang paling banyak dicari oleh masyarakat ialah KTA BRI, BNI, Mandiri, Permata, BCA, Panin, DBS, Cimb Niaga, serta masih banyak yang lainnya. Perhatikan syarat KTA agar cepat disetujui supaya Anda tidak membuang-buang waktu dari bank satu ke bank lainnya. Kalau bisa diusahakan ketika hendak mengajukan KTA Anda sudah memiliki kartu kredit dan terbebas dari daftar BI Checking.

Cara Agar Pinjaman KTA Cepat Dan Mudah Disetujui

Daripada Anda fokus memikirkan bagaimana cara mengetahui KTA disetujui atau tidak, lebih baik Anda perhatikan kriteria dan syarat mengajukan pinjaman KTA. Sebab tanda- tanda KTA disetujui ditolak akan menyesuaikan dengan usaha Anda ketika melakukan pengajuan permohonan KTA. Nah, cara agar pengajuan KTA online maupun offline di bank langsung bisa diterima dengan cepat dan mudah adalah sebagai berikut:

1). Memilih bank atau lembaga keuangan yang tepat.

Meskipun Anda cocok dengan salah satu Bank atau lembaga keuangan tertentu, tapi Anda tetap harus melakukan perbandingan dari tempat satu dengan tempat lainnya. Pilih Bank yang sesuai, dan memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi Anda. Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman KTA, dapatkan informasi yang lengkap.

2). Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Setiap perbankan atau lembaga keuangan yang memiliki produk baik itu tabungan hingga pinjaman seperti KTA dan yang lainnya pasti akan memberlakukan sebuah persyaratan. Umumnya, syarat mengajukan pinjaman KTA di Bank atau lembaga keuangan seperti yang sudah disebutkan di atas, mulai dari KTP hingga slip gaji. Usahakan kelengkapan dokumen tidak ada yang tertinggal dan dilampirkan dalam bentuk fotokopi. Sedangkan khusus untuk berkas slip gaji atau surat keterangan penghasilan dilampirkan yang asli beserta dengan fotokopi.

3) Langsung datang ke tempat pengajuan

Maksud dari langsung datang ke tempat pengajuan, misalnya Bank adalah bisa melalui secara Online maupun offline sebagaimana pada umumnya. Ketika akan membuka KTA Online, disarankan masuk ke dalam situs resmi yang sudah disediakan oleh pihak Bank. Sebab saat ini banyak kasus penipuan mengatasnamakan lembaga keuangan atau bank terpercaya, padahal belum terdaftar ke dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengajuan KTA secara online memang menghemat banyak waktu dan biaya, karena Anda bisa melakukan pengajuan dari rumah pada jam dan waktu yang diinginkan tanpa harus mendatangi bank.

4). Verifikasi dokumen dan Survey

Setelah pengajuan KTA dilakukan, pihak bank akan melakukan verifikasi dan survey mengenai dokumen dan data-data yang Anda cantumkan ketika mengisi aplikasi pengajuan. Saat ditanya oleh surveyor, pastikan jawaban Anda sesuai dengan aplikasi pengajuan. Sampaikan kepada keluarga dan pihak Bank bahwa Anda sedang berhadapan dengan surveyor terkait dengan proses pengajuan KTA. Ketika sedang interview bersama surveyor, tanyakan pula cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak supaya Anda tidak merasa di PHP.

5). Proses pencairan pinjaman KTA

Pencairan akan diproses, dan Anda diharuskan menunggu antrian pengajuan selama 3-7 hari kerja. Selama menunggu keputusan Bank dalam memberikan pinjaman KTA, sebaiknya Anda mencari informasi di tempat lain melalui internet ataupun brosur pinjaman KTA yang sudah tersebar di setiap kantor cabang lembaga keuangan.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan kredit tanpa agunan (KTA). Jika sudah mengajukan sesuai dengan kriteria dan syarat, tidak ada salahnya Anda mengecek kembali. Karena jika ada yang tertingal Anda bisa memberikannya langsung sebelum mendengar keputusan disetujui atau ditolak. Anda hanya tinggal menunggu aliran dana pinjaman masuk ke dalam rekening tanpa harus tahu cara mengetahui KTA disetujui atau tidak. Ingat, pencairan KTA membutuhkan waktu, karenanya bisa dibilang bukan pinjaman dana instan cepat langsung cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *