Cara Mengambil Uang Di ATM BNI

Cara Mengambil Uang Di ATM BNI Beserta Gambarnya!

Posted on

Cara Mengambil uang di ATM BNI – Anda masih ingat saat membuka rekening tabungan?. Sebagai nasabah khususnya yang memiliki tabungan tentu akan diberi sebuah kartu ATM. Kalau Anda membuka di Bank BRI, maka Anda akan diberi kartu ATM BRI. Namun jika Anda membuka tabungan di Bank BNI maka Anda akan mendapat kartu ATM Bank BNI. Meskipun jenis tabungannya berbeda, akan tetapi semua bentuk kartu yang diberikan kepada nasabah sama. Perbedaannya adalah pada motifnya saja.

Fasilitas kartu ATM yang diberikan kepada Anda tersebut fungsinya adalah untuk melakukan sebuah transaksi baik tarik dana tunai, maupun transfer uang ke rekening melalui mesin ATM. Anda dapat melakukan transfer dana antar bank ataupun ke bank lain. Hal tersebut memang tidak dapat dihindari meskipun tujuan utama membuka tabungan adalah untuk menyimpan uang. Sebagai contoh ketika Anda butuh dana untuk berobat, biaya pendidikan, renovasi rumah, beli kendaraan, dan sebagainya. Nah, mau tidak mau tentu Anda akan menggunakan sebagian tabungan Anda untuk keperluan yang sifatnya mendadak. Oleh karena itu, Kami akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara ambil uang di ATM BNI dengan cepat dan mudah disertai dengan gambarnya.

Cara Mengambil uang di ATM BNI

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa kartu ATM BNI tidak hanya digunakan untuk tarik tunai saja, sebab kartu ini multifungsi. Anda  bisa menggunakannya untuk setor tunai (menabung lewat ATM tanpa haru ke bank) di mesin ATM, serta transfer uang dan kartu debit (belanja dengan cara pembayaran di mesin EDC). Namun sebagai pemiliki tabungan khususnya pemula banyak yang belum tahu apa saja fungsi kartu ATM.

Cara ambil uang di ATM BNI beserta gambarnya adalah sebagai berikut:

1). Masukan Kartu Ke Dalam Mesin ATM

Yang harus Anda lakukan pertama kali tentunya datang ke mesin ATM BNI. Ingat, bukan ATM Bersama atau mesin ATM Bank lainnya. Jika Anda melakukan sebuah transaksi di ATM lain, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 6.500 per transaksi.

 cara memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM

2). Memilih Bahasa Yang Diinginkan

Sesaat setelah Anda memasukkan kartu ATM, tampilan layar mesin ATM di depan Anda akan menampilkan opsi bahasa. Pilihan bahasa yang ditawarkan ialah Bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

pilihan bahasa mesin ATM

3). Memasukkan PIN ATM Anda

Masukan PIN ATM sebanyak 6 Digit. Pastikan PIN yang Anda masukkan tertekan dengan benar. Jika Anda memasukkan kesalahan sebanyak tiga kali, maka ATM Anda akan diblokir. Nah apabila sudah terblokir, Anda diharuskan ke kantor cabang unit BNI untuk proses pembuatan kartu ATM baru.

Masukkan PIN ATM

4). Memilih Jumlah Nominal Penarikan

Cara mengambil uang di ATM BNI yang selanjutnya Anda akan diberikan berbagai pilihan nominal, yaitu Rp 250 ribu sampai dengan Rp 1.250.000,-. Namun jika tidak tersedia jumlah yang ingin Anda ambil, Anda bisa menekan tombol “Penarikan Jumlah Lain.

Penarikan jumlah lain

5). Memasukkan Jumlah Nominal Yang Ditarik

Setelah Anda menekan tombol penarikan jumlah lainnya, Anda disuruh memasukkan jumlah nominal yang akan ditarik. Nah, Jika sudah benar dan yakin, Anda bisa melanjutkannya dengan menekan tombol BENAR.

6). Memilih dana simpanan

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke dalam 2 pilihan sumber dana yang ditarik. Perlu diingat ketika Anda membuka rekening dulu tujuannya untuk apa. Nah kebanyakan nasabah yang memiliki ATM dan melakukan transaksi di mesin ATM biasanya memilih sumber dana dari Tabungan. Untuk itu silahkan Anda pilih dari rekening tabungan.

Pilih dari rekening tabungan

7). Cetak Resi / Bukti Transaksi

Saat Anda tarik tunai melalui Teller BNI biasanya tidak diberi bukti transaksi, karena akan di print langsung ke dalam buku tabungan. Tapi berbeda saat tarik tunai di mesin ATM yang memberikan pilihan mau cetak resi atau tidak. Nah, cara mengambil uang di ATM BNI lebih diminati oleh nasabah karena lebih mudah dan cepat, sebab mereka tanpa harus mengantri dan dilakukan tanpa syarat apapun.

Perlu diketahui bahwasanya untuk membantu penghijauan bumi, Kami rekomendasikan untuk TIDAK mencetak resi. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena Bank BNI sudah memberikan service tersistem, sehingga cara ambil uang di teller dan di Mesin ATM sama saja. Tapi jika Anda ingin mencetaknya sebagai bukti kepada orang tua, saudara, teman, atau pacar maka silahkan tekan YA.

8). Proses Penarikan Dana Tunai Di Mesin ATM BNI.

Segera mungkin uang yang Anda tarik akan keluar sesuai dengan jumlah yang sudah Anda pilih. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama, sekitar <1 menit (tergantung jumlah yang diambil).

9). Mengambil Uang Dan Struk Penarikan

Jika sudah keluar, silahkan ambil uang Anda. Tidak usah dihitung karena dijamin sudah pas. Kalau Anda menarik jumlah yang lumayan banyak lalu dihitung kembali, kasihan nasabah lain yang mengantri di belakang Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi uang yang Anda dapatkan. Artinya, Anda harus mengecek apakah uang tersebut asli atau palsu. Cara mengecek uang asli atau palsu dengan teknik 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

10). Ganti PIN Secara Berkala

Ketika uang Anda sudah dipegang, jangan tergesa-gesa meninggalkan ruangan mesin ATM. Ada yang masih harus Anda lakukan, yaitu mengeluarkan kartu mesin ATM. Caranya ketika Anda sudah tidak ada lagi transaksi, kemudian tekan tidak atau cancel. Namun sebelum itu Anda akan diberi kesempatan apakah mau mengganti PIN ATM atau tidak. Sebaiknya PIN diganti secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pembobolan PIN ATM dan sebagainya.

11). Mengambil Kartu ATM

Apabila sudah selesai, Anda sudah bisa mengambil kartu ATM dan diperbolehkan meninggalkan cabang mesin ATM.

Tips Mengambil Uang Di Mesin ATM BNI

Tindak kejahatan terjadi bukan karena niat pelaku, tapi karena ada kesempatan (kata Bang Napi). Nah untuk menghindari kejahatan Anda perlu meningkatkan kewaspadaan diri. Hal ini penting karena terkadang mesin ATM memang berada diluar jangkauan pengamanan. Meskipun sudah tersedia CCTV, bukan berarti uang yang ada di ATM Anda btidak bisa dijebol alian kena hack. Oleh karena itu, tariklah dana tunai atau cara mengambil uang di ATM BNI di tempat dan waktu aman. Untuk lebih berhati-hati, carilah mesin ATM minimal yang ada security yang jaga saat pengambilan uang. Jika terjadi kendala, jangan sesekali memberikan PIN Anda kepada orang lain, sekalipun itu security yang sedang bertugas.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengambil uang di ATM BNI disertai dengan gambarnya. Mudah-mudahan informasi yang Kami sampaikan bisa membantu Anda khususnya nasabah pemula. Jika merasa tidak yakin, Anda bisa tarik dana tunai melalui teller, sebab Anda bisa melakukannya tanpa syarat apapun. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *