Cara Membuat Rekening Tabunganku BNI dan BNI Syariah 2018

Posted on
Sebagai salah satu bank terkemuka di negara Indonesia, BNI berusaha memberikan pelayanan maksimal melalui berbagai produk simpanan yang sesuai dengan kondisi masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah dengan meluncurkan produk simpanan bernama Tabunganku BNI.

Tidak seperti jenis tabungan BNI lainnya seperti BNI Taplus, Taplus Bisnis atau Taplus muda, tabunganku berusaha memfasilitasi warga Indonesia dengan persyaratan yang lebih mudah dan setoran awal yang sangat kecil. Tujuannya memang untuk menumbuhkan kebiasaan menabung di masyarakat.

Namun, dengan fasilitas yang diberikan serta biaya yang murah, sering para pembaca  bertanya, apakah BNI Tabunagnku ada atmnya? Berapa bunga tabunganku BNI? apakah bisa transfer? simak penjelasan lengkap tentang jenis simpanan ini lengkap di bawah ini

Apa itu Tabunganku BNI?

BNI Tabunganku
Jenis tabungan BNI tabunganku merupakan salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan minat menabung di masyarakat. Program ini di luncurkan dengan tema ” Gerakan Indonesia Menabung” sekaligus resmi dibuka jenis tabungan bebas biaya administrasi bulanan yang diselenggarakan oleh banyak bank di Indonesia seperti BNI, BRI, BCA, Mandiri, Permata, BII, Meda Bank, Panin Bank, Cimb Niaga dan lainnya.
Karena program tersebut ditetapkan oleh pemerintah, yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh lembaga perbankan, maka ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh bank pelaksana khususnya fitur standar. Fitur standar merupakan jenis fasilitas yang harus diterapkan dalam program tabunganku baik tabunganku Mandiri, BNI, atau bank lainnya. Contoh fasilitas yang harus dilaksanakan adalah bank di Indonesia yang menjadi pelaksana, harus membebaskan biaya administrasi bulanan dan bunga tabunganku.
Selain adanya fitur standar, terdapat pula fitur customized yang merupakan kewenangan dari bank di Indonesia yang menjadi pelaksana program tabunganku. Fitur tersebut seperti ada atau tidaknya kartu ATM Tabunganku, Limit Transfer Tabunganku. Karenanya, tidak semua Bank mengeluarkan fasiltias kartu ATM untuk nasabahnya.

Syarat Membuka Rekening Tabunganku BNI

Syarat Membuka Tabunganku BNI

Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan minat menabung masyarakat, syarat program tabunganku tidak serumit ketika membuat jenis tabungan lainnya. Jika tabungan lain saldo atau setoran awal taplus minimal 250.000 sementara BNI Syariah IB Hasanah mensyaratkan Rp 100.000 untuk setoran awal pembukaan rekening.

Adapun syarat membuat rekening BNI jenis tabunganku adalah :

  1. Kartu tanda Penduduk ( KTP ) 
    Jenis KTP yang digunakan adalah E-KTP, jika kamu belum memiliki E-KTP, segera proses pengajuan KTP elektronik karena manfaatnya sangat besar. Persyaratan ini, juga diterapkan di dalam Tabunganku Syariah BNI. Anda bisa menggunakan KTP atau Pasport.
  2. Saldo Minimal Rp 20.000
    Setoran awal hanya Rp 20.000, jadi anda boleh menabung dengan setoran awal lebih dari Rp 20.000. Saldo awal sebesar Rp 20.000 juga diterapkan sebagai syarat untuk membuka rekening tabunganku BNI Syariah.

Syaratnya mudah bukan? 

dengan persyaratan yang sangat mudah tersebut, tentu saja fasiltas yang diberikan tidak selengkap seperti tabungan BNI lainnya. Maka, jenis simpanan BNI ini cocok untuk perorangan yang berorientasi menyimpan uang dengan aman tanpa biaya administrasi bulanan BNI.

Keunggulan Tabunganku BNI Konvensional dan BNI Syariah

Kelebihan BNI Tabunganku

Seperti yang sudah penulis jelaskan, Jenis tabungan BNI ini cocok bagi perorangan yang hanya ingin menabung di bank secara aman. Mengapa? Karena fasilitasnya tidak selengkap simpanan BNI lainnya.

Namun, ada keunggulan BNI Tabunganku yang tidak dimiliki tabungan lain di antaranya :

  1. Bebas biaya administrasi bulanan
    Pernah merasakan saldo terpotong di rekening bank? jika iya, berarti kamu memiliki tabungan yang tidak diisi sementara saldo tabungan tidak cukup menghasilkan bunga   yang ada tidak cukup untuk membayar biaya administrasi bank.Misalnya, anda memiliki tabungan BNI Taplus dengan saldo Rp 1.000.000,-. Sesuai dengan data yang ada di situs bni.co.id. Jenis tabungan BNI Taplus menerapkan bunga tabungan sebesar 0,70%. Maka, bunga yang kamu dapatkan tiap bulan adalah sekitar Rp 7.000.

    Sementara biaya administrasi bulanan anda adalah Rp 11.000. Jadi anda masih kurang sekitar Rp 4.000 dan untuk menutupi kekurangan tersebut, bank akan memotong secara otomatis rekening tabungan anda.

    Jadi, jangan heran jika tabungan anda terpotong saldonya. Bukan berarti dicuri, tapi karena adanya biaya administrasi bank yang harus dibayar. Anda mungkin tidak sadar bahwa setiap bulan anda seharusnya membayar biaya bulanan bank.

    Tabunganku BNI tidak menerapkan biaya administrasi bank. Uang anda akan tetap utuh meskipun tabungan anda memiliki saldo yang kecil. Nah, keunggulan ini juga berlaku di Tabunganku Syariah.

  2. Mendapat Buku Rekening Kepemilikan tanpa biaya
  3. Gratis penggantian Buku
    Pada jenis tabungan seperti Taplus BNI, untuk penggantian buku dikenai Rp 1.500. Untuk tabunganku gratis.
  4. Syarat cuma KTP
  5. Biaya setoran awal cuma 20.000 sudah mendapatkan buku rekening

Kekurangan Tabunganku BNI

Selain kelebihan, tentu saja ada kekuarang khususnya terkait dengan layanan yang ada. Berikut ini adalah kekurangan tabunganku BNI.

  1. Hanya bisa melakukan transaki penarikan maksimal 2 kali dalam sebulan, selebihnya akan dikenai biaya Rp 1.000
  2. Tidak mendapatkan layanan e-banking

Apakah Tabunganku ada Kartu ATMnya?

BNI Konvensional 
Untuk BNI konvensional, per oktober 2015, kartu ATM ditiadakan.

Tabunganku BNI Syariah
BNI Syariah masih memberikan layanan kartu debet IB Hasanah.

Berapa biaya membuka rekening Tabunganku BNI?

Karena saldo awal pembukaan rekening termasuk dalam fitur standar, maka biaya setoran awal minimal hanya dikenai Rp 20.000. Selain biaya setoran minimal, tidak ada biaya bank yang diterapkan kepada nasabah. Adapun biaya lainnya seperti materai ditanggung oleh nasabah.

Bunga Tabunganku BNI konvensinal dan BNI Syariah

Bunga BNI tabunganku termasuk juga dalam fitur standar, sehingga ditetapkan sesuai aturan dari pemerintah yaitu

  1. Bank BNI Konvensional
    Saldo 0-500.000 Bunga 0%
    Saldo 500.000 – Rp 1.000.000 bunga 0.25% /tahun
    Saldo di atas Rp 1.000.000 bunga 1% tahun
  2. Bank BNI Syariah
    Dalam bank syariah tidak terdapat bunga namun yang ada adalah wadiah atau bagi hasil.
    Saldo 0-500.000 Bonus 1%
    Saldo 500.000 – Rp 1.000.000 BPR 4% /tahun
    Saldo di atas Rp 1.000.000 BPR 4% tahun

Cara Membuka Rekening Tabunganku

Cara Membuka Rekening Tabunganku BNI

Untuk membuat rekening BNI Tabunganku, hanya dapat dilakukan di kantor cabang, atau anak cabang sementara untuk BNI Syariah, anda dapat mendaftar secara online di situs BNI syariah.

Cara Membuat Rekening di Kantor 

  1. Siapkan kartu identitas anda seperti KTP atau Paspor
  2. Membawa setoran minimal Rp 20.000
  3. Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak bank BNI

Cara membuat rekening secara Online
Rekening tabunganku BNI Syariah dapat didaftarkan melalui online. Berikut ini langkah langkahnya

  • Buka link https://www.bnisyariah.co.id/id-id/
  • Setelah dibuka, akan mendapatkan tampilan menu seperti gambar di bawah ini
     

    Cara membuat tabunganku BNI
    Cara membuat tabunganku BNI

    Klik menu Personal. Lalu Pilih BNI Syariah Tabungan

    BNI Syariah

  • Setelah muncul menu tabungan berisi beberpa jenis tabungan BNI Syariah
    BNI Syariah Tabunganku
    BNI Syariah Tabunganku

    Klik “BNI Tabunganku IB Hasanah”

  • Setelah muncur menu baru, klik dibagian bawah yang bertuliskan “Klik Di sini”
    Membuat rekening BNI Syariah Online
    Akan muncul gambar seperti di bawah
    https://bro.bnisyariah.co.id/Klik “BNI Tabunganku IB”

    BRI Syariah Online

    Centang perjanjian yang bertuliskan ” Saya telah membaca, mengerti … dst” dan Klik “Setuju” lalu akan muncul formulir online yang harus anda isi.

  • Bunga Tabunganku

Mendaftar secara online, tetap harus datang ke kantor cabang setempat. Silahkan mendatangi kantor cabang BNI Syariah terdekat kemudian membawa dokumen yang dipersyaratkan oleh BNI.

Baca juga : Tabunganku Mandiri

Mau Buka Rekening Tabunganku BNI?

Silahkan membuka rekening BNI Tabunganku karena tidak ada biaya administrasi bulanan serta setoran awalnya kecil. Jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak menabung. Kalau dirumah, bisa jadi hilang atau hal hal lain. Menabung di bank BNI melalui proram tabunganku, akan menjadikan tabunganmu aman dan kamu memiliki dana persiapan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *